Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

koper

Author : Admin Adventure

Article Date : 14/05/2022

Article Category : Tips

Meski bisa dilakukan dengan cara sederhana, seperti menggunakan backpack, namun ada beberapa orang yang nyatanya lebih menyukai pergi traveling menggunakan koper. Ini karena koper memiliki kapasitas penampungan barang yang lebih besar ketimbang tas biasa pada umumnya.

Namun, koper sendiri memiliki banyak jenis dan fitur yang bisa lo pilih sesuai dengan kebutuhan. Nah, biar gak keliru mari simak beberapa tips memilih koper yang benar berikut ini.

1. Sesuaikan dengan kapasitas bawaan

Image source: unsplash.com/@sunlingyan

Terdapat berbagai macam ukuran koper di pasaran, namun umumnya dibagi menjadi 3 jenis, yaitu ukuran kabin atau small, medium, dan large atau besar. Aturan bagasi kabin maskapai penerbangan nasional sendiri berukuran maksimal tinggi 40 cm x lebar 30 cm x panjang 10 cm. 

Untuk itu, sesuaikan ukuran koper yang mau lo beli dengan barang yang mau diangkut. Kalau barangnya cuma sedikit, beli saja yang kecil biar koper lo muat masuk kabin. Sementara, kalau bepergian dengan orang lain seperti keluarga, tentunya lo butuh koper yang lebih besar.

Selain itu, pertimbangkan juga ruang untuk memasukkan oleh-oleh jika berencana membelinya. Tentukan juga destinasi yang kamu tuju karena ada beberapa daerah yang hanya dapat dijangkau dengan pesawat kecil sehingga berat barang bawaan juga dibatasi.

2. Koper hardcase atau softcase?

Image source: unsplash.com/@lifeofrobbie

Ada dua pilihan bahan koper yaitu hardcase dan softcase. Kelebihan hardcase bisa memberikan perlindungan optimal terhadap barang bawaan, namun bahan ini juga rentan retak ketika proses pengangkutan di bandara.

Oleh karenanya, lo bisa memilih koper berbahan polycarbonate yang cukup ringan dan gak gampang retak. Tapi, jika pilihan lo jatuh pada koper softcase, bahan ballistic nylon bisa juga dipertimbangkan sebab bahan ini terkenal cukup awet dan gak mudah sobek.

3. Pilih fitur koper yang sesuai

Image source: unsplash.com/@convertkit

Pastikan Gagang (handle), resleting, dan roda koper sudah sesuai dengan kondisi perjalanan yang mau lo tempuh. Untuk gagang koper, lo dapat memilih yang terdiri atas dua bar daripada satu bar. Perhatikan juga apakah keberadaan gagang mempengaruhi kapasitas penyimpanan di koper atau gak.

Selain itu, lo bisa memilih koper dengan resleting dari bahan logam yang gak mudah rusak ketika diseret atau terbanting saat proses pengangkutan di bandara. Nah, untuk roda koper, ada dua jenis yaitu dengan dua roda (upright) dan empat roda (spinner).

Koper jenis upright akan lebih mudah ditarik di atas permukaan yang gak rata dan mudah bermanuver di antara keramaian. Sementara koper jenis spinner bakal memudahkan penggunanya bergerak tanpa terpengaruh berat beban di koper dan tepat digunakan di permukaan jalan yang halus.  

4. Pilih koper yang memberikan keamanan

Bahan yang tepat dan resleting yang gak gampang sobek adalah faktor utama dalam hal keamanan. Selain itu, tambahan berupa gembok atau kunci bisa jadi jaminan tambahan agar koper lo aman dari tangan jahil.

Ada pula koper dengan standar keamanan internasional di pasaran yang sudah dilengkapi dengan kunci standar TSA (Travel Sentry Approved). Dengan adanya kunci ini, petugas bandara gak perlu merusak kunci untuk membuka koper ketika ingin memeriksanya.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Solo Travelling #Urban Action #Beginner

Source:https://inibaru.id/adventurial/5-tips-cerdas-memilih-koper-jangan-asal-beli-ya

0 Comments

Comment
Other Related Article
kompor kayu

Cara Memilih Kompor Kayu untuk Kegiatan Outdoor

29 June 2022

Tips

hostel

Tips Memilih Hostel Murah dan Nyaman

28 June 2022

Tips

snorkeling

Perhatikan Ini Saat Pertama Kali Snorkelin, . . . .

27 June 2022

Tips

hewan liar

5 Tips Menghindari Gangguan Hewan Liar . . . .

26 June 2022

Tips

bisnis open trip

Tips Sukses Buat Superfriends yang Mau . . . .

26 June 2022

Tips

kereta api

5 Tips Bepergian dengan Kereta Api . . . .

26 June 2022

Tips

highlining

Tips Aman Melakukan Aksi Highlining, Dijamin . . . .

25 June 2022

Tips

alat mendaki

Tips Supaya Peralatan Mendaki Tetap Awet, . . . .

25 June 2022

Tips

Tips berkemah

5 Tips Berkemah di Alam Terbuka . . . .

24 June 2022

Tips

menggunakan kompas

Tips Menggunakan Kompas untuk Keperluan Navigasi . . . .

24 June 2022

Tips

1 /