Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

solo hiking

Author : Admin Adventure

Article Date : 16/05/2022

Article Category : Action +

Mendaki gunung sendirian atau yang kini akrab dengan sebutan solo hiking memang terdengar agak berisiko kalau lo belum pernah mencobanya. Tapi, kalau lo udah dibekali dengan wawasan mountaineering dan memahami 5 hal yang wajib diperhatikan sebelum berangkat solo hiking ini pasti bakal aman kok, Superfriends!

Solo hiking memang menawarkan kemewahan yang nggak didapat ketika mendaki secara berkelompok, seperti kebebasan menyusun rencana perjalanan, waktu lebih fleksibel dan bisa menikmati alam secara lebih intim karena tergolong sepi dan tenang.

Akan tetapi, hal ini juga punya risiko yang tinggi karena kita harus menanggung semua kebutuhan secara mandiri termasuk keselamatan diri sendiri, Superfriends. Biar lebih prepare, simak lengkap dan siapkan 5 hal yang wajib diperhatikan sebelum berangkat solo hiking berikut ini, ya!

Riset Lengkap Gunung yang Bakal Dijelajahi

Image source: unsplash.com/@cikstefan

Persiapan pertama yang harus lo lakukan adalah melakukan riset atau survei tentang lokasi atau gunung yang aka lo daki. Pastikan gunung yang lo pilih memperbolehkan pendakian secara mandiri, karena ada beberapa gunung yang melarang solo hiking karena alasan keamanan dan keselamatan.

Pengetahuan yang mendalam tentang lokasi yang dituju tentu akan memudahkan lo ketika hiking. Lo bisa tahu pos mana saja yang bisa digunakan untuk membangun tenda, mana area berbahaya, atau di mana sumber air berada.

Siapkan Perlengkapan Mendaki dan Fisik yang Prima

Image source: shutterstock.com/chanwitwhanset

Berikutnya yang tak kalah penting adalah mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa. Karena lo mendaki secara mandiri pastikan barang yang lo bawa jangan terlalu banyak, seperlunya saja. Barang terlalu berat tentu akan membuat lo cepat lelah ketika mendaki. Sebisa mungkin bawa perlengkapan yang ultralight atau berbobot ringan yang nggak memakan banyak ruang.

Selain itu, persiapan fisik juga jangan sampai terlewatkan. Mendaki merupakan aktivitas yang membutuhkan kinerja fisik yang tinggi, maka dari itu perlu persiapan yang matang. Lakukan jogging, fitness atau workout maksimal satu minggu sebelum pendakian.

Beri Tahu Keluarga atau Teman Sebelum Solo Hiking

Image source: shutterstock.com/baikal360

Karena mendaki sendirian dan ditambah ketika berada di gunung biasanya sangat susah mendapatkan sinyal. Penting bagi lo untuk memberikan kabar kepada keluarga atau teman lo bahwa lo akan mendaki secara mandiri.

Hal itu penting apabila terjadi hal yang nggak diinginkan, keluarga atau teman lo bisa melakukan tindakan secara tepat dan cepat. Perhatikan hal yang satu ini ya, Bro!

Siapkan Wawasan Survival

Image source: unsplash.com/@iankeefe

Solo hiking sangat nggak dianjurkan untuk seorang pemula pendaki gunung. Karena, aktivitas ini membutuhkan pengetahuan tentang survival atau cara bertahan hidup di alam yang baik.

Nah apabila lo penasaran dan amat sangat ingin mencoba lo bisa megikuti training atau pelatihan survival terlebih dahulu. Agar lo punya bekal yang cukup ketika solo hiking atau berada di hutan sendiran. Jangan malas belajar, ya!

Pahami Batas Kemampuan dan Jangan Memaksakan Diri

Mengerti akan kemampuan tubuh juga penting disiapkan sebelum solo hiking. Karena tak jarang banyak kasus pendaki yang meninggal atau mengalami cedera disebabkan karena mereka nggak paham betul dengan kondisi tubuhnya. 

Lo harus tahu alergi apa saja yang lo punya, punya riwayat penyakit apa saja bahkan sampai waktu yang tepat untuk makan. Hal itu dilakukan agar lo tetap aman dan selamat saat melakukan solo hiking.

Terakhir, jangan terlalu memaksa tubuh lo, bila lelah istirahatlah. Jangan sampai tujuan untuk menikmati alam malah menjadi petaka bagi diri lo sendiri, Superfriends!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Hiking #Wilderness #Beginner #Extreme

Source:https://www.idntimes.com/men/attitude/candra-septian/persiapan-yang-perlu-dilakukan-sebelum-solo-hiking-c1c2/5

0 Comments

Comment
Other Related Article
instagram shopping service

Tips Optimalkan Fitur Instagram Shopping Service . . . .

25 February 2022

Action +

itinerary

Manfaat Penting Membuat Itinerary Sebelum Liburan

11 December 2021

Action +

wisata lombok

Destinasi Wisata Lombok Serta Mitos yang Melekat

24 November 2021

Action +

sandal gunung

Bagian-bagian yang Wajib Diperhatikan Saat Memilih . . . .

15 November 2021

Action +

loyal customer

Tips Mempertahankan Loyal Customer dalam Berbisnis! . . . .

18 October 2021

Action +

Wakeboarding vs Wakeskating

Wakeboarding vs Wakeskating, Apa Aja Perbedaannya?

11 October 2021

Action +

Bandara Ekstrem

Bandara Ini Punya Jalur Pendaratan Paling . . . .

25 September 2021

Action +

Olahraga esktrem

Menjajal Olahraga Ekstrem di Hong Kong . . . .

07 August 2021

Action +

1 /