Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

aturan bagasi

Author : Admin Adventure

Article Date : 13/06/2022

Article Category : News

Saat memilih pesawat terbang sebagai moda transportasi liburan, lo harus selalu memperhatikan aturan bagasi dari setiap maskapai. Tujuannya biar lo bisa menentukan akan membawa barang apa saja.

Umumnya, setiap maskapai memberikan kuota bagasi gratis buat penumpangnya. Kalau barang yang lo bawa ternyata melebihi kuota gratis ini, maka lo harus membayar kelebihan bagasi.

Jadi, lo harus hitung sejak sebelum berangkat apakah berat barang bawaan lo melebihi kuota gratis atau nggak. Biar lebih mudah, berikut ini aturan bagasi pesawat terbaru yang bisa lo jadikan acuan.

Garuda Indonesia

Image source: unsplash.com/@callemac

Maskapai Garuda Indonesia memberikan kuota bagasi gratis buat penumpang rute domestik dan internasional. Hanya saja, kuotanya berbeda-beda tergantung kelas kabin, tipe penumpang, dan rute yang dipilih.

Rute domestik

Buat penumpang dewasa, anak-anak, dan bayi dengan kursi di kabin kelas satu, mendapatkan kuota 40 kilogram. Sementara kelas bisnis kuotanya 30 kilogram, dan kelas ekonomi sekitar 20 kilogram.

Buat lo yang punya bayi, maskapai ini juga menyediakan bagasi gratis buat penumpang bayi tanpa kursi sebesar 20 kilogram khusus kelas satu. Sementara kelas bisnis dan ekonomi, kuotanya sekitar 10 kilogram.

Rute internasional

Buat rute internasional, kuota gratis yang diberikan pada penumpang dewasa, anak-anak, serta bayi dengan kuris di kabin kelas satu adalah 50 kilogram. Sedangkan kelas bisnis mendapatkan kuota 40 kilogram, dan kelas ekonomi sebesar 30 kilogram. Untuk bayi tanpa kursi di kelas bisnis dan ekonomi, kuota bagasinya sekitar 10 kilogram.

Bagasi kabin

Bagasi kabin adalah satu barang atau benda yang bisa lo bawa ke kabin. Garuda Indonesia mengizinkan penumpangnya membawa barang dengan panjang 56 centimeter, lebar 36 centimeter, atau tebal 23 centimeter. Berat barang tersebut nggak boleh lebih dari 7 kilogram.

Citilink Indonesia

Image source: shutterstock.com/tylerolson

Setiap penumpang yang menggunakan maskapai Citilink Indonesia akan mendapatkan kuota bagasi gratis sebesar 20 kilogram untuk penerbangan domestik. Sementara buat rute internasional dan pesawat ATR72-600, mendapatkan kuota 10 kilogram.

Selain itu, penumpang juga boleh membawa bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kilogram. Namun khusus buat armada airbus A320, barangnya harus berukuran maksimal 56 cm x 36 cm x 23 cm. Dan armada ATR72-600, ukuran maksimlanya 41 cm x 36 cm x 23 cm.

Lion Air

Image source: shutterstock.com/bilderbox 

Sama seperti Citilink Indonesia, Lion Air juga memberikan kuota bagasi gratis sebesar 20 kilogram untuk penerbangan domestik. Sementara khusus bagasi kabinnya, berat maksimal barang yang bisa dibawa adalah 7 kilogram.

Nah, khusus bagasi kabin ini ada ukurannya berbeda-beda tergantung dari jenis armada pesawat yang lo gunakan. Kalau lo menggunakan boeing (Lion Air dan Batik Air), dimensi bagasi kabinnya sebesar 40 cm x 30 cm x 20 cm. Sementara buat ATR (Wings Air) dimensinya sekitar 35 cm x 30 cm x 20 cm.

Batik Air

Image source: shutterstock.com/apid

Untuk maskapai Batik Air, kuota bagasi gratis nya ditentukan oleh kelas penerbangan serta syarat dan ketentuan tiket. Khusus kelas bisnis, kuota bagasi gratisnya sekitar 30 kilogram. Sementara kelas ekonomi mendapatkan kuota sebesar 20 kilogram.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, berat maksimal bagasi kabin Batir Air adalah 7 kilogram dengan dimensi maksimal 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Sriwijaya Air

Buat lo yang memilih Sriwijaya Air, pastikan semua bagasi yang lo bawa sudah terdaftar paling lambat 60 menit sebelum berangkat untuk rute domestik. Sedangkan untuk rute internasional, harus dilakukan paling lambat dua jam sebelum berangkat.

Lalu untuk kuota bagasi gratis, setiap penumpang kelas ekonomi mendapatkan kuota sebesar 20 kilogram. Namun khusus pesawat ATR, kuotanya hanya 10 kilogram saja. Dan juga, Sriwijaya Air nggak memberikan bagasi gratis buat penumpang bayi.

Untuk bagasi kabin, setiap penumpang bisa membawa tas laptop atau tas tangan. Sementara untuk barang lainnya, berat maksimal yang diberikan adalah 7 kilogram dengan dimensi 56 cm x 33 cm x 23 cm.

AirAsia

Maskapai AirAsia memberikan kuota bagasi gratis sebesar 20 kilogram untuk rute domestik. Kalau lebih dari itu, semua bagasi terdaftar bakal dikenakan biaya tambahan yang besarannya bervariasi tergantung berat barang yang dibawa.

Sementara untuk bagasi kabin, setiap penumpang boleh membawa dua buah benda dengan berat nggak lebih dari 7 kilogram.

Super Air Jet

Maskapai baru Super Air Jet memberikan kuota bagasi gratis sebesar 20 kilogram untuk setiap penumpangnya. Lebih dari itu, akan dikenakan biaya tambahan sesuai aturan yang berlaku.

Disamping itu, penumpang juga diperbolehkan membawa bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kilogram dan berdimensi nggak lebih dari 40 cm x 30 cm x 20 cm.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Urban Action #Beginner #Solo Travelling #Tips

Source:https://travel.kompas.com/read/2022/02/09/070000727/aturan-bagasi-pesawat-terbaru-dari-7-maskapai-indonesia?page=all#:~:text=Maksimal%20bagasi%20kabin%20yang%20diperbolehkan,dengan%20berat%20maksimal%207%20kg

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Manfaat Stargazing untuk Kesehatan Mental, Bisa Bikin Lebih Bahagia!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Apa Bedanya Lontong, Ketupat, dan Buras? Ini Jawabannya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Nggak Sekadar Jadi Penutup Wajah, Ini Fungsi Lain Buff saat Naik Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Setelah 4 Tahun Tutup, Jalur Pendakian Gunung Everest via China Dibuka Lagi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Alasan Kenapa Lo Harus Pakai Jasa Agen Travel, Bikin Liburan Jadi Anti Ribet

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Biar Pengalaman Lo Lebih Seru, Ini Tips Stargazing yang Wajib Lo Ikuti

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Ragam Makanan dari Olahan Beras, Ada Ketupat hingga Buras Khas Makassar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Topi untuk Naik Gunung, Bikin Lo Tetap Stylish di Ketinggian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

UNESCO Umumkan 18 Geopark Baru di Dunia, Ada Apa Aja Ya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bosen Traveling ke Museum? Ikuti Cara Ini biar Perjalanan Lo Lebih Seru

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /