Superfriends, pernah nggak sih lo merasa puas ketika sebuah brand bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan lo, dan lo merasa sangat dihargai oleh mereka? Strategi yang digunakan oleh brand pilihan lo ini disebut dengan Interactive Marketing. Dalam hal ini, Interactive Marketing bisa membantu memfasilitasi hubungan dua arah antara brand dan konsumen, dan hubungan ini bisa terus berlangsung menjadi hubungan baik. Mau mempertahankan konsumen dengan teknik marketing ini? Yuk, pelajari dulu caranya!
Apa Itu Interactive Marketing?
Image source: elements.envato.com/Raul_Mellado
Interactive Marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang memiliki fokus pada interaksi satu lawan satu dengan konsumen, juga memiliki orientasi pada konsumen atau consumer oriented. Dalam hal ini, respons yang diberikan oleh brand bergantung banget sama tindakan yang dilakukan oleh konsumen. Acuan untuk menentukan respons yang akan digunakan oleh perusahaan adalah data, preferensi dan kebiasaan dari konsumen.
Tujuan dari strategi marketing ini adalah untuk menciptakan interaksi personal yang menarik antara brand dan konsumen. Tolak ukur keberhasilan dari Interactive Marketing sendiri memerlukan analisis data yang menyeluruh untuk memahami dan memprediksi perilaku konsumen.
Jenis Interactive Marketing
Image source: shutterstock.com/anawat+sudchanham
Beberapa jenis Interactive Marketing berikut bisa banget lo coba untuk menentukan mana jenis strategi yang cocok dengan audiens lo.
-
Video Interactive: jenis Interactive Marketing ini adalah yang paling populer dan memungkinkan untuk membuat audiens terlibat dalam percakapan dengan brand lo melalui CTA yang ada dalam video. Selain itu, lo juga bisa memberikan pilihan untuk audiens lo menentukan sendiri pengalaman mereka dalam video.
-
Kuis, survey dan polling: ketiga jenis Interactive Marketing ini memungkinkan audiens lo untuk berinteraksi dengan brand lo. Melalui kuis dan survei, lo bisa mengajarkan konsumen tentang diri mereka sendiri dan mendorong mereka untuk membagikannya di media sosial. Sementara itu, polling bisa membantu lo untuk mendapatkan feedback atau umpan balik dan opini dari konsumen secara cepat.
-
Konten yang dipersonalisasi: jenis Interactive Marketing ini bisa menarik perhatian audiens lo karena memberi kesan bahwa lo berkomunikasi langsung ke mereka. Lo bisa ganti sebutan “anda” dengan nama mereka, dan lo juga bisa lebih mudah membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
-
Storytelling: dengan konten ini, lo bisa bikin konten yang menarik dan lebih engaging. Lo bisa menggunakan infografis, video singkat, grafis dan visual lain yang nggak terlalu panjang.
-
User Generated Content (UGC): last but not least, jenis konten Interactive Marketing yang simpel tapi dinilai paling efektif. Dengan jenis marketing ini, lo bisa mengajak audiens lo untuk berkontribusi dengan membagikan konten mereka sendiri.
Manfaat Interactive Marketing
Image source: elements.envato.com/GaudiLab
Ada banyak banget manfaat yang bisa lo dapatkan dari menerapkan Interactive Marketing ini Superfriends, seperti bisa mengantisipasi kebutuhan konsumen dan meningkatkan kepuasan konsumen. Lo juga bisa meningkatkan conversion rate dan leads karena menjangkau konsumen yang tepat, juga bisa memasarkan produk dan layanan lo sesuai dengan keinginan dan perilaku konsumen.
Selanjutnya, dengan Interactive Marketing, lo bisa mengurangi resiko karena udah melakukan riset sebelumnya, dan lo juga bisa menciptakan konsumen yang loyal terhadap bisnis lo.
PERSONAL ARTICLE
ARTICLE TERKINI
Source:https://glints.com/id/lowongan/interactive-marketing-adalah/#.ZGGDCHZBy5d
Please choose one of our links :