Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ketahui Pengertian, Unsur-unsur, Cara Membaca Partitur

Author : Admin Music

Article Date : 16/05/2022

Article Category : Super Buzz

Partitur adalah sebutan untuk sebuah naskah di dalam lagu. Naskah lagu ini sangat penting untuk memainkan sebuah lagu, karena itu, partitur biasanya akan diberikan oleh pelatih instrumen musik kepada orang yang baru belajar hingga para musisi atau komposer. 

Partitur umumnya djadikan wadah untuk menulis nada, sesuai dengan alat musiknya. Partitur sendiri lebih dikenal sebagai music sheet dalam bahasa Inggris. Sebab, partitur memang berbentuk lembaran kertas yang fungsinya adalah panduan dalam bermain musik. Sedangkan partitur dalam bahasa Jerman disebut partition.

Partitur adalah naskah atau tulisan musik yang memiliki fungsi sebagai sarana, atau catatan panduan untuk bermain musik. Dalam sebuah partitur, tercatat notasi standar berupa notasi balok yang didasarkan pada paranada dengan simbol untuk setiap nada menunjukkan ketinggian nada dan durasi nada tersebut. Tinggi-rendahnya nada digambarkan secara vertikal, sedangkan waktu (ritme) digambarkan secara horizontal. Durasi nada ditunjukkan dalam ketukan.

Unsur-unsur dalam Partitur

Dalam partitur, sistem paranada bergaris lima digunakan sebagai dasar. Bersama dengan keterangan mengenai tempo, ketukan, dinamika, dan instrumentasi yang digunakan, not ditempatkan pada paranada dan dibaca dari kiri ke kanan. Durasi nada dilambangkan dengan nilai not yang berbeda-beda, sedangkan tinggi nada dilambangkan dalam posisi not secara vertikal pada paranada. 

Interval dua not yang dipisahkan satu garis paranada (yaitu berada pada dua spasi yang bersebelahan) misalnya interval terts. Sedangkan interval antara not pada spasi dengan not pada garis adalah interval sekunde. 

Tanda kunci pada awal paranada menunjukkan tinggi nada yang diwakili oleh garis dan spasi pada paranada tersebut. Pada gambar di atas, kunci-G digunakan, menandakan bahwa garis kedua dari bawah melambangkan nada g¹. Dengan demikian, interval terts pada gambar di samping adalah pasangan nada a1–c2, sedangkan interval sekunde merupakan pasangan nada a1–b1. Not-not yang melambangkan tinggi nada di luar jangkauan kelima garis paranada dapat digambarkan dengan menggunakan garis bantu yang diletakkan di atas atau di bawah paranada.

Cara Membaca Partitur

Seperti diketahui, partitur adalah sebutan lain untuk music sheet. Bentuknya lembaran dan layaknya sebuah catatan yang akan memandu seorang pemain musik untuk membawakan sebuah lagu. Namun, gimana sih cara membaca partitur? Buat kalian yang belum tahu, ini dia cara mudah membaca partitur untuk sebuah lagu.

1. Pahami garis dan ruang dalam partitur

Dalam sebuah partitur, terdapat garis dan kolom yang disebut “great staff” atau paranada yang menjadi tempat diletakkannya nada-nada yang biasanya digambarkan dengan not.

Pada notasi musik, great staff terdiri dari lima garis yang diberi jarak ruang di tiap garisnya. Staff yang terletak di atas disebut trebble cleff, sedangkan bagian bawah disebut bass cleff.

2. Ketahui kunci-kunci dasar musik

Kunci-kunci dasar pada notasi musik biasanya digunakan sebagai patokan untuk menentukan tinggi-rendah nada. Berikut beberapa tanda kunci dasar pada notasi musik, yakni:

  • Tanda kunci G biasanya digunakan untuk menuliskan nada-nada tinggi.
  • Tanda kunci F biasanya digunakan untuk menuliskan nada-nada rendah.
  • Tanda kunci C ini pada awalnya merupakan tanda kunci yang digunakan untuk suara manusia (paduan suara), sehingga ada beberapa jenis sesuai dengan pembagian suara manusia.

3. Pahami tanda birama

Birama adalah alat yang digunakan untuk menentukan tempo dari suatu karya musik. Tanda birama merupakan sebuah tanda yang terdapat di awal suatu karya musik atau tulisan musik.

Tanda birama berfungsi untuk menunjukkan satuan ketukan dan jumlah ketukan dalam tiap birama. Birama sendiri terdiri dari birama 2/4, birama 3/4, dan birama 4/4.

4. Ketahui bentuk not dan tanda istirahat

Pemahaman mengenai bentuk not dan tanda istirahat dibutuhkan agar seseorang dapat memiliki kemampuan dalam membaca partitur lagu.

Pada suatu notasi musik, biasanya terdapat beberapa bentuk not yang diiringi dengan tanda istirahat, yaitu not penuh, not setengah, not seperempat, dan not seperdelapan.

Itulah sekilas tentang partitur, unsur-unsurnya, hingga cara membaca partitur yang mudah dan bisa langsung kalian praktikkan. Untuk menulis partitur, kalian membutuhkan sedikit latihan dan kepekaan nada juga agar bisa segera menguasai cara menulisnya dan bisa bikin lagu sendiri, deh.

 

Image source: Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Partitur #Notasi Balok #Music Sheet #lagu

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /