Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Kopi Kenangan

Author : Admin Adventure

Article Date : 27/06/2022

Article Category : News

Dinobatkannya Kopi Kenangan sebagai unicorn tentu menggemparkan banyak kalangan, terutama dari para pebisnis. Pasalnya, ini menjadi yang pertama dalam industri F&B di wilayah Asia Tenggara, Superfriends!

For your information, unicorn ini adalah sebutan pada dunia venture capital terhadap perusahaan startup yang berhasil meraih valuasi di atas 1 miliar USD. Jadi, jangan heran kalau keberhasilan Kopi Kenangan dalam meraih status perusahaan startup unicorn patut diapresiasi dan menjadi bukti bahwa bisnis F&B ternyata juga bisa meraih kesuksesan, Superfriends.

Sejarah Bisnis Kopi Kenangan

Image source: instagram.com/kopikenangan.id

Kopi Kenangan sudah ada sejak tahun 2017 dan didirikan oleh Edward Tirtanata yang saat ini menjadi CEO, serta Cynthia Chaerunnisa dan James Prananto sebagai co-founder. Sebelum memulai bisnis minuman kopi kekinian ini, Edward bekerja di sebuah kantor konsultan di area Jakarta.

Suatu saat, ia dibuat kagum dengan adanya antrean panjang dari orang-orang yang ingin membeli produk minuman. Dari situlah awal mula ide Edward untuk ikut memanfaatkan peluang bisnis tersebut dan segera mengeksekusinya, Superfriends.

Bersama kedua rekannya, yaitu Cynthia dan James, Edward membuka gerai pertama Kopi Kenangan di lokasi Menara Standard Chartered. Nggak tanggung-tanggung, modal pertama yang dikucurkan sebagai langkah awal perjalanan bisnis Kopi Kenangan ini mencapai nominal 150 juta Rupiah, lho.

Meski begitu, keberanian untuk memasang modal bisnis yang cukup besar tersebut langsung berbuah manis dan memberi peruntungan yang memuaskan pula. Karena berlokasi di wilayah perkantoran, dengan berbagai promo yang coba dicanangkan, gerai pertama brand kopi kekinian ini mampu membalikkan modalnya hanya dalam waktu 3 bulan saja, Superfriends!

Tanpa pikir panjang, hasil dari balik modal tersebut langsung diputar kembali untuk membuka gerai kopi yang kedua. Walaupun nggak secepat yang pertama, kedai Kopi Kenangan yang kedua tersebut berhasil mengembalikan modal dalam kurun waktu kurang lebih 4 bulan.

Jadi, berdasarkan hasil tersebut, Edward bersama rekannya menganggap bahwa respons pasar terhadap bisnis yang mereka rintis sangat positif dan menjanjikan.

Menghadapi Tantangan Besar Dampak Pandemi

Image source: instagram.com/kopikenangan.id

Di tahun 2018, bisnis Kopi Kenangan ini pertama kali mendapatkan suntikan modal dari investor yang terbilang cukup masif, yaitu mencapai 1 juta dolar. Kemudian, satu tahun berselang, brand kopi ini kembali diterpa suntikan modal yang nggak bisa dianggap remeh.

Bahkan, beberapa perusahaan ventura ternama juga turut menanamkan modal pada bisnis ini, termasuk perusahaan venture milik rapper ternama, Jay-Z, dan atlet tenis, Serena Williams.

Baru mengembangkan bisnisnya selama kurang dari 3 tahun, Kopi Kenangan harus menghadapi tantangan besar akibat pandemi. Di tahun 2020, pihak Kopi Kenangan sempat merasa pesimis dan mengatakan bahwa potensi bisnisnya mengalami kerugian sangatlah tinggi selayaknya bisnis F&B lainnya.

Akan tetapi, siapa yang sangka bahwa geliat bisnis di tahun yang sulit tersebut ternyata nggak melandai. Bahkan, perkembangan bisnis kopi kekinian ini bisa dibilang semakin stabil karena mampu menuangkan sekitar 30 juta produk kopi ke pasaran.

Survive di Masa Pandemi

Image source: instagram.com/kopikenangan.id

Situasi di masa pandemi tentu wajib direspon cepat, agar bisnis tetap sehat dan mampu bertahan. Kerennya, brand lokal ini mampu mengambil langkah cepat untuk menyesuaikan bisnisnya dengan kondisi yang ada, Superfriends.

Bukan cuma “menginvasi” area publik atau pusat perbelanjaan, Kopi Kenangan juga gencar membuka gerai baru di wilayah pemukiman dan dekat dengan tempat tinggal penduduk. Selain itu, franchise Kopi Kenangan juga turut memaksimalkan operasional dan layanan bisnisnya.

Caranya, dengan menghadirkan layanan pembelian secara online melalui berbagai platform yang tersedia. Dengan langkah tersebutlah merek kopi ini mampu bertahan di tengah terpaan badai pandemi, bahkan mampu terus mengembangkan bisnisnya dengan lebih pesat lagi, Superfriends.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Urban Action #Trending

Source:https://www.cermati.com/artikel/kopi-kenangan

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Deretan Jenis Buff yang Wajib Lo Ketahui, Jangan Sampai Salah Pilih!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bali Masuk dalam Jajaran Destinasi Wisata Paling Murah Meriah di Dunia 2024

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Mau Naik Gunung Lewat Open Trip? Simak Tips Ini Dulu, Superfriends!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Road Trip Lewat Jalur Selatan? Ini 5 Wisata Alam Wajib Lo Kunjungi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Misteri Goa Pindul: Jejak-Jejak Gaib di Balik Keindahan Alam

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Memahami Grading Arus Rafting: Seberapa Sulitnya Perjalanan Lo?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Lawang Sewu: Eksplorasi Mitos Bangunan Bersejarah Semarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Bahaya dan Tindakan Darurat Saat Hiking yang Wajib Lo Ketahui

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Pemula Wajib Tau! Ini Serba-serbi Rappelling, Olahraga Turun Tebing yang Menantang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Selain Makanan Kekinian, Ini Oleh-oleh Tradisional Khas Jakarta yang Nggak Kalah Enak

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /