Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Lima Instrumen Penting yang Ada di Panel Depan Motor Reli Dakar

Author :

Article Date : 15/05/2020

Article Category : Gear

Reli Dakar atau yang dulu populer dengan nama Paris-Dakar merupakan ajang balap bergengsi tahunan yang diikuti oleh kalangan pembalap profesional maupun amatiran. Pada awal kemunculannya, Reli Dakar digelar dengan rute Paris-Dakar dengan panjang sekitar lebih dari 5.000 kilometer, bro. Balapan extreme ini dibagi dalam tiga jenis kendaraan, mobil, motor dan truk.

Kelas balap roda dua menjadi kelas balap Reli Dakar yang terbilang extreme. Bayangkan, balapan motor diselenggarakan dengan jarak tempuh ribuan kilometer, bro. Nggak heran kalau motor pada balapan Reli Dakar dilengkapi berbagai macam peralatan khusus untuk menunjang performa dan keselamatan pembalapnya.

Salah satu yang terlihat paling mencolok yaitu panel besar pada kepala motor. Jika dibandingkan dengan motor biasa, panel instrumen pada motor Reli Dakar  memanglah terlihat jauh lebih besar. Apa saja sebenarnya isi dari panel tersebut? Berikut ini lima instrumen penting yang ada pada panel depan motor Reli Dakar.

[readalso url=21606]

Roadbook

Instrumen satu ini menjadi bagian paling penting di motor Reli Dakar. Biasanya, Roadbook  terletak di bagian tengah dan paling besar tampilannya. Instrumen ini sebenarnya terbuat dari lembaran kertas panjang yang berisi penunjuk arah yang spesifik pada trek Reli Dakar.

Roadbook  biasanya ditempatkan di tengah dengan penyangga berupa aluminium. Terdapat motor elektrik untuk menggulung Roadbook  ke depan dan kebelakang jika dibutuhkan. Tanpa instrumen yang satu ini, kecil kemungkinan pengendara bisa menyelesaikan Balap motor Reli Dakar.

Tripmeter dan Kompas

Image source: zonabikers.com

Dua instrumen kembar ini bentuknya terlihat sangat mungil. Letaknya persis berada di atas Roadbook . Sebelah kiri adalah tripmeter dan sebelah kanan adalah kompas. Tripmeter dan kompas pada panel motor Reli Dakar terkoneksi dengan pelacak GPS yang disediakan oleh panitia. Tujuannya tentu saja untuk meminimalisir kemungkinan pembalap tersesat.

Tripmeter fungsinya untuk memberi pengukuran jarak yang akurat dalam satuan kilometer. Seperti biasa, kompas berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin secara akurat dengan nomor dan derajat mata angin.

[readalso url=21588]

Tripmeter Cadangan

Bergeser ke arah bawah, tepatnya dibawah Roadbook  ada tripmeter cadangan. Meskipun disertai dengan nama 'cadangan', trip meter yang satu ini tidak menggantikan fungsi utama tripmeter di samping kompas lho, bro. Jika tripmeter utama bagian atas terkoneksi dengan GPS. Maka, tripmeter cadangan di bawah Roadbook  ini terkoneksi dengan sensor di ban depan untuk mengukur jarak yang ditempuh.

Biasanya pembalap motor Reli Dakar menggunakan tripmeter bagian atas sebagai acuan utama, bro. Pasalnya, tripmeter utama ini terkoneksi dengan GPS dan dinilai sangat akurat untuk menentukan jarak. Nggak heran, kalau tripmeter bagian bawah hanya berfungsi sebagai cadangan.

GPS

Jika biasanya GPS berfungsi untuk menentukan navigasi, dalam balap motor Reli Dakar panel instrumen yang satu ini hanya berfungsi untuk menentukan waypoint. Sebab, fungsi navigasi sudah dijalankan penuh oleh Roadbook . Titik waypoint dalam GPS pun sudah di setting penuh oleh pihak penyelenggara, jadi pereli hanya mengikuti arahan yang sudah ada.

Waypoint merupakan checkpoint di tiap stage. Ketika pereli mendekati waypoint, mereka mendapat arahan berupa anak panah pada tampilan GPS. Nah, arahan anak panah ini menunjukkan arah yang sesungguhnya dari waypoint.

Terdapat dua jenis waypoint di Reli Dakar, yaitu waypoint mask atau WPM dan waypoint safety atau WPS. Di WPM, GPS mulai menunjukkan arah saat kendaraan pereli memasuki wilayah 800 meter dari titik waypoint dan pereli dianggap sukses jika memasuki wilayah 200 meter dari titik itu.

Sementara di WPS, pereli akan melihat titik waypoint dari jarak 3 km namun pereli harus berada 90 meter dari titik untuk dianggap melewati waypoint tersebut. Ada juga checkpoint khusus, pereli harus berhenti dan mendapatkan stempel dari panitia penyelenggara di timecard mereka.

Peralatan Keselamatan

Panel instrumen ini wajib ada pada setiap motor Reli Dakar untuk menunjang keamanan dan keselamatan para pereli. Panel peralatan keselamatan ini berupa iritrack safety tracker atau pelacak yang bisa melacak posisi kendaraan para pereli.

Ketika tombol merah atau tombol darurat ditekan, maka motor pereli akan mengirimkan sinyal darurat pada penyelenggara. Biasanya pereli akan di kontak terlebih dahulu untuk menanyakan keadaan terkini. Jika tidak ada respon selama sekitar tiga menit, maka tim penyelamat akan segera datang ke tempat sinyal darurat dikirimkan.

 

Referensi : www.gridoto.com

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Extreme #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Gear

Ini Waktu yang Tepat Buat Ganti Sepatu Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Kenalin Teknologi Helm Sepeda Terbaik, Udah Punya?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Cara Cek Suspensi Mobil Buat Perjalanan Jauh

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Jangan Asal Pilih Wireless Earbuds Buat Olahraga, Ini Caranya!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Celana Kargo, Bawahan Paling Simple Buat Traveling dan Mendaki

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Rekomendasi Style Anti Monoton Buat Para Pendaki Tangguh!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Ciri-ciri Tas Gunung Murah Tapi Kualitasnya Sempurna

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Cara Merawat Gear Diving Biar Awet dan Terjaga Kualitasnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Kenali Teknik Penggunaan Equalizing dan Anchor Pada Panjat Tebing

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Gear

Cara Memilih Jaket Windbreaker Buat yang Suka Sepedaan

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /