Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Mendaki Puncak Mandala, Puncak Tertinggi Kedua di Indonesia

Author :

Article Date : 24/05/2018

Article Category : Wilderness

Bro, pasti udah bukan menjadi sesuatu yang aneh lagi di kuping kita mengenai keindahan dataran tinggi yang berada di Papua yaa. Pulau yang pernuh dengan keindahan alam itu selalu menjadi bahan pembicaraan banyak orang yaa bro. Dari hal yang positif hingga hal yang negatif.

Namun tentu dong kita enggak mau membahas mengenai sesuatu yang negatif dari pulau ini bro, buat apa juga. Lebih baik membicarakan sesuatu yang baik dan bahagia. Selain juga dapat mendatangkan sebuah pengetahuan yang baik untuk dicerna, keindahan alam di Papua ini pasti akan menjadi sebuah kebanggaan bagi setiap kita orang Indonesia.

[readalso url=17626]

Untuk di dalam artikel hari ini kita akan membahas mengenai Puncak Mandala. Sebuah puncak yang berada di Papua ini ternyata merupakan puncak tertinggi kedua di Indonesia. Persis setelah Puncak Jaya yang sama- sama berada di Papua.

Dengan memiliki ketinggian 4.760 mdpl, Puncak Mandala ini memiliki trek pendakian yang sudah untuk taklukan bro. Dan hal itu diakui oleh banyak  pendaki-pendaki baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Tidak heran kalau misalkan lo akan mendaki puncak ini harus memiliki pemahaman rute dan teknik yang tinggi.

Jangan main asal naik saja ke puncak ini bro, secara dia adalah gunung tertinggi nomor 2  yang ada di Indonesia. Lalu puncak ini memilki julukan yang terbilang unik loh bro. Julianna merupakan julukan tersebut. Julukan itu datang dari orang-orang Belanda jaman dahulu.

Karena masih masuk ke dalam area gunung Jayawijaya, oleh sebab itu puncaknya masih diselimuti oleh gletser salju yang tebal bro. Namun akhir-akhir ini volume dari saljunya itu sendiri terus berkurang, mungkin karena faktor pemanasan global.

Biarpun kondisi saljunya yang sudah mulai berkurang, namun tetap kondisi suhu yang ada di Puncak Mandala ini tetap saja dingin bro. Jadi kalau lo berniat untuk mandaki gunung ini harus memperhatikan beberapa aspek penting untuk menunjang keselamatan nyawa lo.

Tips Untuk Mendaki Di Puncak Mandala

Tips Untuk Mendaki Di Puncak Mandala

Ilustrasi Puncak Mandala. Credit: http://www.pendakigunung.top/

Dengan status sebagai gunung tertinggi ke dua di Indonesia, harusnya sebagai pendaki sudah harus sadar akan kesulitan yang akan di hadapi nantinya. Ternyata bukan hanya kemampuan dan teknik lo saja yang diperlukan. Kesulitan birokrasi juga masih menjadi kesulitan utama yang harus lo alami.

Karena dari jalannya yang masih terbatas, oleh sebab lo harus siap untuk mengeluarkan dana yang cukup besar bro. Tentu kalo berbicara mengenai cuacanya, pasti ekstrim bro. Terbukti dengan hanya sedikit pendaki yang berhasil menaklukan puncak ini.

Untuk alat mendakinya tentunya harus memenuhi standard keselamatan yang sangat tinggi dong bro, selain itu ada nih beberapa tips yang harus lo lengkapi demi keselamatan nyawa lo sendiri bro.

  • Persiapan fisik yang memumpuni, karena dari faktor medannya yang berat
  • Rencanakan perjalanan dan bertanyalah kepada petugas di tempat
  • Pelajari rute yang diberikan oleh petugas di tempat
  • Siapkan perlengkapan yang memadai untuk pendakian di Puncak Mandala Papua
  • Atur logistik sebaik mungkin karena tidak ada warung di sana
  • Dapatkan izin dan lapor sebelum melakukan pendakian
  • Bawa baju yang bisa menghangatkan tubuh lo, karena kondisi cuaca yang sangat dingin
  • Sisanya rencanakan pengeluaran biayanya

Sang Penakluk

Sang Penakluk

Ilustrasi Pendaki Puncak Mandala. Credit: http://www.kricom.id/

Dengan memiliki ketinggian yang sangat tinggi jadi membuat para pendaki sangat susah untuk mencapai ke puncak dari gunung ini. Oleh sebab itu hanya beberapa orang saja yang sudah berhasil menaklukan puncak ini bro.

Didukung dengan kondisi trek yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi juga membuat hanya segelintir orang yang bisa mendaki puncak ini bro. Seperti pada sekitar tahun 1996, ada pendaki dari Australia yang tidak mampu menyelesaikan pendakian walaupun sebenarnya hanya tingggal sedikit saja.

Dan untuk mencapai ke titik puncak dari gunung ini bro, lo harus melewati beberapa rute yang biasa dilewati para pendaki yang sudah berhasil sampai di puncaknya bro. Rute yang harus lo lewati awalnya lewat dari Desa Dime. Setelah itu dilanjutkan ke menuju sisi utara Gunung Jayawijaya.

Lalu, untuk pendaki pertama yang berhasil sampai ke titik puncak dari puncak ini adalah beberapa orang berkebangsaan Belanda yang bernama Herman Verstappen, Arthur Escher, Max Tissing, Jan de Wjin dan Piet ter Laag. Dan mereka berhasil melakukan pendakian tersebut pada tanggal 9 September 1959 bro.

Kemudian pada tahun 1990, ada lagi nih bro yang melakukan pendakian bro. Waktu itu dilakukan oleh dua orang yang memiliki keberanian tinggi. Orang-orang itu adalah Bruce Parry dan Mark Anstice. Kedua pendaki itu berhasil melakukan pendakian di Puncak Mandala bro. Namun rute yang mereka lewati adalah melalui rute selatan dari gunung itu bro.

Sang Penakluk Fotografer

Ilustrasi Alam Di Papua. Credit: https://www.kompasiana.com/

Sejauh ini hanya orang-orang itu saja yang sudah berhasil melakukan pendakian di Puncak Mandala ini bro. Dari situ kebayang enggak sih bro gimana sulitnya supaya dapat mendaki di Puncak ini.

Nah, dari informasi-informasi yang ada di atas, apakah lo sudah berani untuk melakukan pendakian di Puncak Mandala bro? Namun perlu diingat yaa untuk selalu memikirkan keselamatan lo dulu. Pokoknya selalu mengutamakan keselamatan lo ketimbang dengan pamor lo.

Karena kalau lo hanya mengejar pamor lo dan tidak mementingkan keselamatan lo, ujung-ujungnya malah lo enggak jadi apa-apa bro. Malah hanya sisa angin saja yang menghebus nama lo. Dan mental yang kuat juga diperlukan sebelum lo bisa menaklukan puncak ini bro.

[readalso url=17595]

Sampai sini dulu bro beberapa informasi yang bisa lo terima mengenai Puncak Mandala ini. Semoga dari informasi yang ada, dapat membuat lo semakin tahu sebenarnya apa itu Puncak Mandala.

Jadi teruskanlah untuk berpetualang bro, jangan pernah takut untuk mencoba namun jangan terlalu bodoh dalam bertindak yaa. Selamat mencoba dan semoga berhasil bro!

 

                                                                                       

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-backpacker #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /