Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Miwi Pro Design

Author : Admin Adventure

Article Date : 08/12/2021

Article Category : Urban Action

Ternyata stiker bisa jadi peluang usaha lho, Superfriends. Yup, hal ini sudah dibuktikan langsung oleh sjanahaj yang bisa dibilang sudah lumayan sukses. Kayak gimana sih sajahsha awal merintis bisnis stiker sampai sekarang? Berikut ulasan selengkapnya

Pernah beli stiker buat menghias kendaraan nggak, Superfriends? Atau, lo punya hobi mengoleksi stiker tertentu? Tahu nggak sih, ternyata hal tersebut bisa jadi peluang bisnis yang lumayan menjanjikan, lho.

Miwi Pro Design tentu bisa menjadi salah satu acuannya. Mengawali langkah bisnis dengan modal yang nggak besar. Helmi, founder dari Miwi Pro Design, sudah menekuni bisnis ini sejak 2011 dan sudah seringkali bekerja sama dengan para pebalap profesional sampai saat ini, Superfriends.

Beberapa pebalap top yang sudah berlaga di ajang balapan bergengsi Eropa dan Asia seperti Galang Hendra, Gerry Salim sampai Dimas Ekky tercatat pernah merasakan sentuhan artistik dari stiker produksi Helmi tersebut.

Biar makin terisnpirasi, mending simak lengkap ulasan tentang Miwi Pro Design, inspirasi bisnis stiker dengan modal minimalis berikut ini, Superfriends!

Terinspirasi dari Paman yang Punya Bisnis Stiker Motor

Image source: naikmotor.com

Helmi menceritakan bahwa awal ketertarikannya terhadap stiker berasal dari pamannya yang memiliki usaha stiker motor. Kala itu Helmi sedang belajar di salah satu Sekolah Menengah Industri Pariwisata (SMIP) sekitar 14 tahun lalu.

Nggak memiliki pengalaman apapun soal stiker, Helmi membantu pekerjaan pamannya dengan alasan menambah uang saku. "Dibandingkan cuma makan, tidur aja, apa yang bisa gue kerjain, akhirnya bantu-bantu dia, jualan stiker," ujar Helmi.

Hidup di lingkungan stiker motor kian menumbuhkan ketertarikan Helmi terhadap dua hal itu. Yang awalnya bekerja sebagai tukang pasang stiker, Helmi perlahan menjadi tukang cetak di usaha pamannya. "Kalau desain, gue belajar otodidak, karena gue lulusan perhotelan jadi gak ada basic sama sekali," katanya.

Sering Kerja Sama dengan Brand Ternama

Image source: instagram.com/hputra969_racingteam

Miwi Pro Design memang terkenal sering diandalkan oleh brand-brand ternama, Superfriends. Salah satunya, mereka juga turut mengerjakan stiker untuk mobil H Putra 969 Racing Team, tim adu balap roda dua di Tanah Air.

Bukan kali ini saja Helmi menangani proyek dengan nama besar. Ia pernah menangani nama-nama besar seperti Gerry Salim, Galang Hendra, Dimas Ekky, Bintang Racing Team, sampai perusahaan besar seperti 3M AutoFilm yang sudah berjalan sekitar 9 tahun.

Ia mengatakan sering kebanjiran pemesanan stiker setiap awal tahun, di mana banyak tim yang berganti sponsor. Untuk sekali ganti branding, satu tim bisa harus merogoh kocek sebesar Rp70 juta, Superfriends!

Harga yang Variatif

Image source: instagram.com/miwiprodesigns

Helmi mengatakan untuk harga stiker yang jual bervariasi. Misalnya untuk decal full body motor berkisar antara Rp700 ribu-Rp2 juta. Stiker jenis vinyl Rp135 ribu per meter, stiker hologram Rp175 ribu per meter, stiker reflektif Rp70-Rp100 per cm per warna.

"Motor 250 cc dan lainya Rp1,5 juta sampau Rp2,5 juta tergantung bahan," katanya. Adapun untuk mobil branding berkisar harganya berkisar Rp5 juta hingga Rp1 juta. "Kalau desainnya belum ada dan minta dibuatkan, ada tambahan biaya Rp100 sampai Rp500 ribu," ucap Helmi.

Meski demikian, bisnis stiker otomotif milik Helmi nggak selalu berjalan mulus. Terlebih di masa pandemik Covid-19 ini. Omzet penjualan stiker motor racing turun 30 persen. "Karena event balap nasional semua tertunda," ujarnya.

Strategi Khusus Menghadapi Pandemi

Image source: instagram.com/miwiprodesigns

Akhirnya, Helmi harus pasang strategi khusus untuk menyiasati turunnya permintaan order itu. Dibantu enam orang karyawannya, kini Helmi juga menerima permintaan stiker untuk UMKM, khususnya kuliner.

"Rata-rata banyak yang alih profesi dan banyak jual makanan dan mereka butuh stiker. Meski main di racing tapi gak tutup kemungkinan orderan mana aja bisa kita kerjakan," katanya.

Kini rata-rata ia mengantongi omzet Rp15 juta per bulannya. Kini mereka terus menggencarkan promo dan penerimaan order pemasangan stiker di Miwi Pro Design melalui akun Instagram mereka, @miwiprodesigns, Superfriends!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Extreme #Urban Action #Trending

Source:https://www.idntimes.com/business/economy/helmi/kisah-sukses-bisnis-stiker-motor-racing-berawal-dari-modal-rp1-juta/5/full

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Urban Action

Staycation Sambil Menyusuri Keindahan Labuan Bajo di Atas Kapal Phinisi, Seru!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Action

5 Hal Penting yang Wajib Lo Tahu Jika Ingin Trekking ke Ranu Kumbolo

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Action

6 Alasan Jangan Bekerja Saat Liburan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Action

Musisi Lokal yang Lagunya Enak Dinikmati Selama Perjalanan Traveling

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Action

Perbedaan Freediving dan Scuba Diving, Sudah Tahu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Action

Kebiasaan Orang Indonesia yang Dilarang di Negara Lain, Catat!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Action

Rekomendasi Aktivitas untuk Short Getaway

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Action

Gepreki, Bisnis Kuliner dengan Cita Rasa dan Inovasi Unik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Action

5 Manfaat Parkour Bagi Tubuh dan Mental, Bisa Tingkatkan Konsentrasi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Action

Kebiasaan Orang Jepang yang Unik dan Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /