Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Nurrohman

Author : Admin Adventure

Article Date : 01/07/2022

Article Category : News

Di zaman yang serba digital ini, tentu banyak banget peluang bisnis yang bisa lo manfaatkan, Superfriends. Contohnya kayak Nurrohman, pemuda 33 tahun asal Kulon Progo, Yogyakarta yang mengelola server puluhan perusahaan berbagai negara hanya dari rumah.

Dilansir laman Niagahoster, server merupakan sistem komputer yang menyediakan sumber daya untuk pusat penyimpanan data dan layanan khusus. Penyimpanan data pada server biasanya dipakai untuk menyimpan dokumen dan informasi.

Kemudian, data tersebut akan digunakan untuk melakukan berbagai layanan. Misalnya menampilkan website, menerima/mengirim email, dan lainnya, Superfriends.

Kisah warga Kelurahan Banyuroto, Kapanewon Nanggulan, Kulon Progo ini tentu mengejutkan banyak pihak, terutama para tetangga yang mengiranya pengangguran lantaran jarang keluar rumah.

Yuk, simak cerita singkat tentang Nurrohman, pemuda pengelola server puluhan perusahaan berbagai negara dari rumah berikut ini, Superfriends!

Perjuangan Awal Nurrohman Merintis

Image source: Courtesy of 20Detik

Awalnya, Nurrohman berjuang di ranah ini sebagai freelance, Superfriends. Setiap proyeknya, ia mengaku menerima imbalan sekitar SGD 100 atau kurang lebih 1juta rupiah.

Baca juga : Kopi Kenangan, Unicorn F&B yang Sukses Lewati Gempuran Pandemi

Kala itu, Nurrohman harus bersusah payah mendapatkan proyek ini, karena ia harus berjuang dengan orang-orang India yang punya skill lebih. Seenggaknya, itulah yang ia rasakan karena belajar secara otodidak.

Bahkan, terkadang Nurrohman bisa benar-benar minim pekerjaan dua sampai tiga bulan karena nggak masuk proyek kayak gini lho, Superfriends.

Mulai Bekerja Sama dengan Perusahaan Singapura

Image source: KOMPAS.COM/DANI JULIUS

Beruntung, Nurrohman mendapat kontrak dengan perusahaan di Singapura sejak 2018, Superfriends. Nilai kontraknya pun mencapai 350 SGD, lho. Mendapat penghasilan yang lumayan, Nurrohman tentu merasa sangat bersyukur.

Pasalnya, ia sudah punya pendapatan rutin daripada saat bekerja sebagai freelance. Nurrohman mengaku bertanggungjawab mengelola sekitar 50-70 server yang berada di luar negeri. Pekerjaannya pun bisa dia lakukan di rumah, Superfriends.

Nurrohman menerangkan, bekerja sama dengan perusahaan asing nggak terbelenggu persyaratan bertele-tele. Perusahaan asing melihat skill atau kemampuan karyawan. Nah, di sini keahlian punya nilai tinggi, Superfriends.

Perusahaan di mana ia bekerja memiliki sekitar 20-30 karyawan, beberapa di antaranya tersebar di berbagai negara. Klien perusahaannya juga dari berbagai negara, namun yang terbanyak tetap di Singapura, termasuk apartemen sampai kafe di negara singa ini.

Layanan mereka kompleks sesuai keinginan pelanggannya. Proyek berbasis internet (IoT) yang begitu banyak, tentu memerlukan penyimpanan data yang besar dan stabil. Nurrohman bekerja menjaga keandalan semua server sebagai tempat menyimpan data itu, Superfriends.

Perusahaan menyewa server yang berada di beberapa data center atau pusat data dari beberapa negara, khususnya Singapura. Nurrohman mengontrol server itu dari desa pinggiran Kulon Progo. Ia mengendalikan semua hal tersebut dari dalam kamarnya, Superfriends.

Nurrohman Dikira Pengangguran

Image source: Eko Haryanto/IDZ Creators

Pekerjaan yang mayoritas dilakukan di depan layar monitor 15 inci dalam kamar 3x3 meter, tentu membuat Nurrohman jarang keluar rumah dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Bahkan, ia seringkali dikira pengangguran gegara hal ini lho, Superfriends.

Baca juga : Manfaat Menjanjikan dari Website Bagi Bisnis Coffee Shop

Lebih lanjut, Nurrohman mengaku lulusan SMK di Kulon Progo. Karena itu pula, ia memilih pekerjaan yang ia tekuni sekarang. Menurut ia, ijazah SMK nggak terlalu dipermasalahkan oleh perusahaan luar negeri, karena pada dasarnya yang dibutuhkan adalah kemampuan setiap individu, Superfriends

So, itulah cerita singkat tentang Nurrohman. Semoga cerita tersebut bisa menginspirasi agar lebih peka menangkap peluang yang ada ya, Superfriends. Salam IDare!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Trending #Urban Action #Beginner

Source:https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20220622200324-192-812376/viral-pemuda-kulon-progo-lulusan-smk-kelola-server-luar-negeri

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
News

Deretan Skill Penting yang Harus Lo Kuasai saat Lakukan Bushcraft

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Staycation ala Sultan saat Libur Lebaran, Ini Rekomendasi Hotel Mewah di Malioboro

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Dari yang Berempah hingga Manis, Ini Ragam Kuliner Khas Maluku Utara yang Lezat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Rekomendasi Water Bladder, Kantong Air Minum Khusus untuk Pendaki

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Waspada! Ini Deretan Jenis Jebakan Turis yang Bisa Terjadi di Tempat Wisata

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Alasan Lo Harus Explore Indonesia Timur, Lebih dari Sekadar Seru!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Serba-serbi Bushcraft, Seni Bertahan Hidup di Alam Liar yang Menantang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Wajib Tau! Ini Perbedaan Pempek Palembang, Jambi, dan Bangka

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Manfaat Water Bladder, Botol Minum Khusus Pendaki yang Lebih Praktis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
News

Tanda Destinasi Wisata Nggak Worth It buat Dikunjungi, Pikir-pikir Lagi Deh!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /