Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Mendaki gunung

Author : Admin Adventure

Article Date : 12/05/2022

Article Category : Tips

Mendaki gunung kini menjadi hobi yang digemari cukup banyak kalangan. Dengan nuansa alam terbuka, kegiatan mendaki gunung pun dilakukan bukan hanya sebatas hiburan belaka, melainkan juga melatih fisik dan mental.

Meski begitu, mendaki gunung tentu memiliki kode etik tersendiri yang wajib lo patuhi. Banyak peraturan, anjuran, serta larangan gak tertulis yang harus diikuti agar gak merugikan orang lain ataupun alam yang tengah lo daki.

Maka dari itu, sebelum mendaki gunung perhatikan dulu lima hal yang sebaiknya lo hindari atau gak lakukan. Simak baik-baik, ya!

Mengabaikan peraturan tentang api unggun

Image source: unsplash.com/@clarkjenk

Mendaki gunung gak bisa dilakukan sehari semalam layaknya berjalan di jalan setapak untuk menuju satu destinasi tertentu. Oleh karenanya, para pendaki umumnya akan menetap atau camping sebagai bentuk peristirahatan untuk mengisi energi.

Nah, ketika membangun tenda gak sedikit orang yang biasa membuat api unggun guna membantu menghangatkan tubuh. Namun, Superfriends yang baru pertama kali membuat api unggun harus lebih hati-hati.

Pertama, buatlah api unggun di lahan terbuka dan jauh dari rerumputan dan pohon yang mudah terbakar. Kedua, matikan api unggun setelah semuanya bersiap untuk masuk ke tenda untuk tidur. 

Membiarkan api menyala semalaman memang bisa mengusir binatang buas, tetapi sebagian serangga dan hewan malah senang mendekati cahaya, lho. Lagipula membiarkan api tetap menyala tanpa pengawasan akan meningkatkan risiko terjadinya kebakaran.

Membuang sampah sembarangan

Image source: pexels.com/@karolina-grabowska

Membuang sampah sembarangan pada saat camping adalah salah satu hal penting yang wajib lo hindari. Untuk itu, biasakan membawa kantong plastik untuk mengumpulkan semua sampah yang dihasilkan selama dalam perjalanan. 

Bawa kantong plastik berisi sampah tersebut sampai Superfriends benar-benar menemukan tempat sampah khusus. Biasanya, lo bisa menemukan tempat sampah di pos-pos pendakian.

Membangun tenda pada waktu dan tempat yang salah

Image source: pexels.com/@vladbagacian

Banyak pendaki yang gak memperkirakan waktu dengan tepat sehingga sampai di kawasan camping ketika langit sudah gelap. Padahal, membangun tenda pada malam hari bisa sangat merepotkan karena minimnya cahaya.

Selain itu, tempat wisata alam terbuka biasanya sudah punya lahan khusus yang disediakan untuk berkemah. Sayangnya, gak jarang para pendaki mengabaikan anjuran tersebut dan membangun tenda di tempat sembarangan.

Oleh sebab itu, penting untuk merencanakan dengan matang durasi perjalanan dan lokasi perkemahan. Sesuaikan dengan peraturan lokal dan sediakan waktu luang untuk hal yang gak terduga. Dengan membangun tenda pada waktu dan lokasi yang tepat, camping bisa lebih aman dan terkendali.

Meninggalkan Jejak

Image source: unsplash.com/@lydiavenjohn

Selain sampah, banyak hal lain yang dianggap meninggalkan jejak pada saat camping. Sisa api unggun, memasak, dan lahan tenda sebaiknya dirapikan ketika selesai. Sisa makanan pun sebaiknya dibuang di tempat yang benar. 

Ini untuk menghindari sisa makanan tersebut dimakan oleh binatang liar yang ada di kawasan perkemahan. Selain itu, jangan membawa pulang atau merusak apa pun yang Superfriends temukan di alam bebas. Hal tersebut bisa dianggap meninggalkan bekas dan merusak alam, lho!

Membawa Terlalu Banyak Barang

Ketika bersiap-siap untuk camping, barang-barang yang harus dibawa haruslah praktis dan fungsional. Memang, beberapa barang seperti makanan mungkin akan berkurang bobotnya pada saat pulang.

Akan tetapi, Superfriends gak mau kan kelelahan saat berangkat karena bawaan terlalu berat? Maka dari itu, rencanakan barang bawaan dengan matang dan perkirakan jumlah makanan yang harus dipersiapkan sesuai dengan lama perjalanan. 

Untuk menghindari rasa lelah, sebaiknya gunakan tas carrier yang bisa menyimpan banyak barang namun tetap nyaman untuk dibawa. Intinya, rencanakan kegiatan camping dengan baik dan hindari hal-hal berbahaya agar menjadi pencinta alam yang sesungguhnya.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Urban Action #Beginner #Hiking #Extreme

Source:https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-tips/5-hal-yang-harus-dihindari-saat-camping

0 Comments

Comment
Other Related Article
kompor kayu

Cara Memilih Kompor Kayu untuk Kegiatan Outdoor

29 June 2022

Tips

hostel

Tips Memilih Hostel Murah dan Nyaman

28 June 2022

Tips

snorkeling

Perhatikan Ini Saat Pertama Kali Snorkelin, . . . .

27 June 2022

Tips

hewan liar

5 Tips Menghindari Gangguan Hewan Liar . . . .

26 June 2022

Tips

bisnis open trip

Tips Sukses Buat Superfriends yang Mau . . . .

26 June 2022

Tips

kereta api

5 Tips Bepergian dengan Kereta Api . . . .

26 June 2022

Tips

highlining

Tips Aman Melakukan Aksi Highlining, Dijamin . . . .

25 June 2022

Tips

alat mendaki

Tips Supaya Peralatan Mendaki Tetap Awet, . . . .

25 June 2022

Tips

Tips berkemah

5 Tips Berkemah di Alam Terbuka . . . .

24 June 2022

Tips

menggunakan kompas

Tips Menggunakan Kompas untuk Keperluan Navigasi . . . .

24 June 2022

Tips

1 /