Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

museum kebencanaan

Author : Admin Adventure

Article Date : 24/09/2022

Article Category : PLACES & GEARS

Indonesia merupakan negara rawan bencana, karena berada dalam Sirkum Pasifik atau lebih dikenal dengan Ring of Fire. Kalau kita bicara tentang bencana, maka kita juga harus tau tentang mitigasi, karena memikirkan mitigasi adalah cara kita supaya terhindar dari bencana.

Supaya lebih mudah memahami tentang bencana yang pernah terjadi, maka dibangunlah museum kebencanaan di beberapa daerah yang pernah dilanda bencana yang cukup parah. Di mana saja lokasinya?

Museum Tsunami, Aceh

Image source: instagram.com/itsarfmnandr05

Untuk mengingat dahsyatnya tsunami yang menerjang Aceh pada bulan Desember tahun 2004 lalu, akhirnya Museum Tsunami ini didirikan pada tahun 2008 dan diresmikan setahun setelahnya. Jika datang ke sini, emosi lo akan teraduk-aduk karena setiap sisi bangunan mengingatkan kita pada dahsyatnya tsunami yang menerjang Aceh pada waktu itu.

Museum yang memiliki empat lantai ini berada di Jl. Sultan Iskandar Muda, dan berdekatan dengan Masjid Baiturrahman, yang juga menjadi saksi bisu kekuatan tsunami kala itu. Selain menjadi museum, tempat ini juga dirancang untuk menjadi area evakuasi, yaitu di bagian rooftop museum, jika suatu saat terjadi tsunami kembali.

Museum Gunung Merapi, Yogyakarta