Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

10 Album Indonesia Terbaik

Author :

Article Date : 08/09/2019

Article Category : Super Buzz

Sejak menjadi bagian dari kehidupan manusia, musik terus mengalami perkembangan. Kini, musik bahkan terdiri dari berbagai jenis genre yang masing-masing memiliki penikmatnya. Album-album musik pun terus diproduksi di seluruh dunia, tidak terhitung banyaknya jumlah penyanyi atau penulis lagu yang menciptakan karya. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali musisi andalan dengan album-album terbaik yang bisa dibanggakan. Berikut ini adalah daftar sepuluh album musik terbaik Indonesia, rekomendasi dari SUPERMUSIC:

1. Guruh Gipsy - Guruh Gipsy (1976)

“Cukup satu album, setelah itu abadi” adalah sebuah judul yang ditulis oleh salah satu media ternama di Indonesia tentang Guruh Gipsy. Album yang pertama kali rilis pada tahun 1976 ini diprakarsai oleh Guruh Soekarnoputra, Keenan Nasution, Odink Nasution, Abadi Soesman, Roni Harahap, dan Chrisye. Di tahun tersebut, blantika musik Indonesia bisa dibilang cenderung kiblat ke arah negara-negara Barat. Di sinilah Guruh bersama teman-temannya muncul dengan album Guruh Gipsy yang memadukan unsur modern dan tradisional Indonesia. Di album ini, tradisi musik Bali pun dipilih sebagai fondasi untuk karya musik yang berbeda dari biasanya.

2. OST Badai Pasti Berlalu (1977)

Sesuai dengan judulnya, album ini merupakan soundtrack dari film Indonesia yang berjudul sama, terdiri dari kompilasi beberapa lagu yang diciptakan oleh Eros Djarot bersama Chisye, Yockie Suryoprayogo, Berlian Hutauruk, Fariz R.M, Keenan, dan Debby Nasution. Dari total 13 lagu yang tercipta, lagu berjudul “Badai Pasti Berlalu” menjadi yang terpopuler dan dikenal bahkan sampai sekarang. Meskipun proses penggarapan dan pemasaran album sempat mengalami kendala, album ini pun pada akhirnya berhasil mendobrak pasar musik populer dan masuk ke dalam daftar 150 album musik Indonesia terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia pada tahun 2007.

3. God Bless – Cermin (1980)

Pada tahun 1980, God Bless merilis album keduanya yang bertajuk Cermin. Album ini disebut-sebut sebagai salah satu album legendaris Indonesia—terutama yang di ranah musik rock. Album ini adalah sebuah gebrakan musik rock di masa berjayanya genre pop. “Cermin” diisi oleh lagu-lagu yang mengusung tema sosial, moral, hingga kritik terhadap pembangunan. Hasil kerja keras lima orang personel yang terdiri dari Achmad Albar, Ian Antono, Donny Fattah, Teddy Sujaya, dan Abadi Soesman ini pun penuh dengan pembuktian kreativitas masing-masing musisi.

4. Fariz RM – Sakura (1980)

Fariz Riztam Munaf atau yang lebih dikenal dengan Fariz MN adalah salah satu musisi Indonesia dengan begitu banyak karya. Salah satunya yang paling terkenal adalah album Sakura. Album debutnya ini lahir pada tahun 1980, ketika Fariz RM masih berusia 19 tahun. Pada umur yang terhitung masih sangat belia itu, kesuksesan album ini adalah sebuah pencapaian yang menuai decak kagum. Album ini terdiri dari sembilan judul lagu yaitu: “Sakura,” “Selangkah Ke Seberang,” “(Belenggu) Perjalanan,” “Semusim,” “Nada Cinta,” “Mega Bhuana,” “Suasana (Yang Ada),” “Cermin Noda,” dan “Malam Kesembilan.”

5. Slank – Kampungan (1991)

Siapa yang tidak kenal Slank? Band rock kebanggaan Indonesia yang terdiri dari lima orang personel (Bimbim, Pay, Bongky ‘Bonk, Kaka, Indra) ini lagu-lagunya bisa dibilang merupakan andalan lagu lokal yang dikenal sampai sekarang, termasuk di antaranya adalah lagu-lagu mereka di album ini seperti “Terlalu Manis” dan “Mawar Merah”. Tidak tanggung-tanggung, album ini juga mendapatkan penghargaan BASF Awards untuk kategori album pop rock terbaik.

6. Pure Saturday – Pure Saturday (1996)

Selain Slank, generasi 90-an juga mempunyai Pure Saturday sebagai salah satu grup musik yang menghadirkan karya-karya terbaik. Sebagai salah satu pelopor indie di Indonesia, album pertama mereka yang rilis pada tahun 1996 langsung berhasil terjual sebanyak 5000 kopi dengan single “Kosong” yang menjadi andalan mereka.

7. Dewa 19 – Pandawa Lima (1997)

Tidak bisa diragukan lagi jika Dewa 19 menjadi salah satu grup musik terpopuler pada masanya. Album kelima mereka yang bertajuk “Pandawa Lima” adalah salah satu bukti kesuksesan mereka. Bersama label rekaman Aquarius Musikindo, Pandawa Lima berhasil melejit dengan single-single andalan seperti “Kamulah Satu-Satunya,” “Aku Di Sini Untukmu,” dan “Kirana.” Meskipun album ini menjadi batas akhir kebersamaan Ari Lasso dengan Dewa 19, Pandawa Lima tetap menjadi sebuah maha karya yang tidak bisa diabaikan di industri musik Indonesia.

8. Sore – Centralismo (2005)

Centralismo menjadi salah satu album musik indie pertama yang mendapatkan predikat Five Asian Album Worth Buying dari Time Magazine Asia. Selain itu, posisi 32 dari daftar 150 Album Musik Indonesia Terbaik dari majalah Rolling Stone Indonesia juga berhasil disabetnya. Sebuah album yang menampilkan musik "Indonesiana" ala Sore.

9. Burgerkill – Beyond Coma and Despair (2006)

Sebuah grup musik beraliran metal berhasil melahirkan album ketiganya pada tahun 2006. Selain rilis di Indonesia, album yang terdiri dari 12 lagu ini juga rilis di Australia pada tahun 2008. Kesan ugal-ugalan yang khas pada musik metalnya berhasil dikemas dengan apik, ditambah aksi terakhir sang vokalis Ivan Scumbag yang maksimum jadi warisan terbaiknya sebelum meninggal dunia.

10. Homicide – Tha Nekrophone Dayz (2006)

The Nekrophone Days adalah hasil kreasi terbaik grup musik yang terbentuk pada tahun 2006, Homicide. Grup musik yang mengusung genre hip-hop ini bisa dibilang merupakan salah satu yang terbaik di ranahnya.

Demikianlah daftar 10 album musik terbaik yang menorehkan sejarah manis di kancah musik Indonesia. 10 daftar ini hanya mewakili sedikit dari sekian banyak album-album terbaik yang bisa dibahas kali ini. Pantau terus artikel-artikel SUPERMUSIC untuk update berita maupun informasi seputar musik yang menarik lainnya.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#10 album indonesia terbaik #Guruh Gipsy #eros djarot #God Bless #fariz rm #Slank #Pure Saturday #Dewa 19 #sore #Burgerkill #Homicide #berita musik indonesia #musik lokal terbaik #album musik musisi lokal #album terbaik

0 Comments

Comment
Other Related Article
Mr. Jarwo Lepas Single Kedua Rama dan Shinta untuk Album Solo

Mr. Jarwo Lepas Single Kedua Rama . . . .

22 October 2021

Super Buzz

Lagu Semangat dari Ranah Musik Rock untuk Playlist Harian

Lagu Semangat dari Ranah Musik Rock . . . .

22 October 2021

Super Buzz

One Ok Rock Rilis Film Dokumenter di Netflix ‘Flip a Coin’

One Ok Rock Rilis Film Dokumenter . . . .

22 October 2021

Super Buzz

Holy City Rollers Rilis Ulang Album Debut ‘First Chapter of Allordia’

Holy City Rollers Rilis Ulang Album . . . .

22 October 2021

Super Buzz

James Blake dan Tiga Rangkaian Penuh Makna

James Blake dan Tiga Rangkaian Penuh Makna

21 October 2021

Super Buzz

Cradle Of Filth Kembali Sebar Teror Lewat Single Baru

Cradle Of Filth Kembali Sebar Teror . . . .

21 October 2021

Super Buzz

Travis Scott Ungkap Pentingnya Komunikasi Lewat Album Baru

Travis Scott Ungkap Pentingnya Komunikasi Lewat . . . .

21 October 2021

Super Buzz

Band Bali, Milledenials, Merilis Debut EP '5 Stages of Doomed Romance'

Band Bali, Milledenials, Merilis Debut EP . . . .

20 October 2021

Super Buzz

Sambut Album Kesembilan, Biffy Clyro Rilis Lagu 'A Hunger In Your Hunt'

Sambut Album Kesembilan, Biffy Clyro Rilis . . . .

20 October 2021

Super Buzz

Kanye West Kenang Mendiang Ibunya di Video Klip 'Donda Chant'

Kanye West Kenang Mendiang Ibunya di . . . .

20 October 2021

Super Buzz

1 /