Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Reset Password

Please choose one of our links :

10 Lagu Bahagia Ini Disebut Bisa Jadi Moodbooster

Author :

Article Date : 11/01/2021

Article Category : Super Buzz

Lagu tak sekadar bisa dinikmati ketika suasana hati sedang sendu, tapi juga bisa didengarkan ketika senang atau berbahagia. Mood yang sedang baik yang diiringi dengan lagu menyenangkan bisa membikin semangat.

Lagu bahagia tentu saja punya unsur kebahagiaan atau dimaksudkan agar para pendengarnya bisa merasakan sebuah kesenangan. Ilmuwan dari University of Groningen, Dr. Jacob Jolij, sudah membuktikan bahwa lagu bahagia bisa menjadi moodbooster ketika didengarkan.

Dilansir dari The Telegraph, Jolij diminta oleh perusahaan elektronik asal Inggris bernama Alba untuk menemukan formula yang menjadikan sebuah lagu bisa meningkatkan mood pendengarnya.

Sebelumnya, perusahaan Alba telah melakukan survei terhadap pelanggannya di mana pelanggan diminta memberi tahu lagu yang bisa meningkatkan mood mereka. Kemudian dari daftar lagu tersebut, Jolij melakukan analisa dengan memanfaatkan teknik algoritma untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Sebagai peneliti, dia menekankan di situsnya bahwa yang membuat lagu bahagia adalah "sangat pribadi dan sangat bergantung pada konteks sosial dan asosiasi pribadi". Lagu-lagu yang disurvei juga lebih cenderung memiliki kunci mayor daripada kunci minor.

Jolij juga meneliti liriknya. Dia menggambarkan sebagian besar lagu bahagia memiliki lirik yang ceria dan tidak masuk akal yang menggambarkan peristiwa bahagia dan emosi yang positif dan menyenangkan. Pesta, cinta, dansa semuanya adalah fragmen yang sesuai untuk lagu bahagia.

Dari hasil penelitiannya, Jolij menemukan tiga faktor yang menentukan sebuah lagi menjadi lagu penyemangat. Diantaranya adalah kunci nada yang digunakan, tempo yang berada di level 150 ketukan per menit, dan tak lupa tema lirik yang dapat membangkitkan suasana. Ketiga faktor ini ketika digabung maka akan sukses membuat sebuah lagu bahagia menjadi lagu yang bikin senang.

Lagu Bahagia - Queen 'Don't Stop Me Now'

Daftar lagu bahagia yang pertama dari Jolij adalah tembang milik band rock lawas asal Inggris, Queen, berjudul Don't Stop Me Now. Lagu ini dirilis pada 26 Januari 1979 di Inggris dan 20 Februari pada tahun yang sama di Amerika Serikat.

Don't Stop Me Now merupakan nomor yang ada di album studio ketujuh Queen bertajuk Jazz. Lagu ini ditulis oleh sang frontman, Freddie Mercury. Berdasarkan voting dari Rolling Stone pada 2014, lagu ini menempati posisi tiga sebagai lagu terfavorit Queen.

Lagu Don't Stop Me Now bukan hanya lagu bahagia, tetapi juga disebut sebagai lagu Queen yang paling populer. Lagu ini banyak digunakan di dalam film, acara televisi, hingga untuk kebutuhan iklan.

I'm having such a good time

I'm having a ball

(Don't stop me now)

If you wanna have a good time just give me a call

(Don't stop me now).

Lagu Bahagia - ABBA 'Dancing Queen'

Daftar lagu bahagia selanjutnya adalah "Dancing Queen". Lagu ini merupakan milik grup pop asal Swedia, ABBA. Dirilis Agustus 1976. "Dancing Queen" ditulis Benny Andersson, Björn Ulvaeus dan Stig Anderson, dan bersama vokal Agnetha Fältskog dan Anni-Frid Lyngstad.

Tembang ini merupakan nomor pertama dari ABBA di album studio keempat mereka bertajuk Arrival. Lagu ini menjadi populer di seluruh dunia dan menjadi satu-satunya lagu ABBA yang bertengger di nomor satu tangga lagu Amerika Serikat.

Salah satu kunci lagu ini bisa populer di AS karena ABBA mengikuti tren musik disko yang sedang tren di Negeri Paman Sam saat itu. Meski ABBA sendiri berada di aliran musik Europop, mereka mampu membuat versi musik disko khas mereka sendiri dengan ciamik.

Lagu Bahagia - Billy Joel 'Uptown Girl'

Lagu bahagia berikutnya yang masuk ke dalam daftar Jolij adalah single milik penyanyi lawas Amerika, Billy Joel berjudul Uptown Girl. Lagu tersebut dirilis pada September 1983 dan masuk sebagai nomor di album studio kesembilannya bertajuk An Innocent Man.

Lagu Bahagia - Cyndi Lauper 'Girls Just Wanna Have Fun'

Lagu bahagia berikutnya di daftar Jolji kembali ditempati oleh penyanyi lawas. Adalah Cyndi Lauper dengan hitsnya berjudul Girls Just Wanna Have Fun yang dirilis pada 1983. Lagu ini masuk ke dalam nomor di album debut Cyndi bertajuk She's So Unusual dan dirilis di tahun yang sama.

Lagu bahagia milik Cyndi ini menjadi karya paling populer darinya dengan menduduki posisi kedua di Billboard Hot 100 AS dan menjadi lagu tenar sejagat di era 1983-84.

Lagu ini awalnya ditulis oleh Robert Hazard pada 1979 hanya sebagai demo dan diambil dari sudut pandang pria. Namun, di tangan Cyndi lagu ini berubah menjadi sudut pandang feminist yang menyatakan bahwa wanita pun bisa melakukan hal yang dilakukan pria.

I come home in the morning light

My mother says: "When you gonna live your life right?"

Oh, mother, dear

We're not the fortunate ones

And girls

They wanna have fun

Lagu Bahagia - Bon Jovi 'Livin' On A Prayer'

Daftar lagu bahagia berikutnya adalah hits milik unit veteran rock Bon Jovi, Livin' On A Prayer. Lagu ini merupakan bagian nomor di album studio ketiga Bon Jovi (Slippery When Wet) yang dirilis pada 1986.

Lagu Bahagia - Katrina & The Waves 'Walking On Sunshine'

Lagu bahagia berikutnya merupakan single dari unit veteran rck asal Inggris, Katrina And The Waves, berjudull Walking On Sunshine. Lagu ini merupakan bagian dari nomor di album debut mereka bertajuk Walking on Sunshine pada 1985.

Lagu ini menjadi hits paling sukses dari Katrina And The Waves setelah Love Shine a Light (1997). Lagu Walking on Sunshine sendiri awalnya akan dibawakan dengan musik ballad, namun Katrina Leskanich memutuskan untuk menjadikan lagu ini sebagai upbeat song.

Selain enam lagu yang diberikan penjabaran itu, masih ada empat lagu bahagia lain yang diklasifikasikan Jolji sebagai lagu bahagia yang bisa membuat pendengarnya makin bahagia. Mereka adalah Good Vibrations (The Beach Boys), I Will Survive (Gloria Gaynor), I'm a Believer (The Monkees), Eye of the Tiger (Survivor).

ARTICLE TERKINI

Tags:

#lagu bahagia # lagu bahagia barat # lagu barat # bon jovi # Queen # abba # band lawas # berita musik internasional

0 Comments

Comment
Other Related Article
Album Kedua Big Red Machine yang Kayak dengan Kolaborasi

Album Kedua Big Red Machine yang . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Lewat Album Debut, Gangga Ajak Merayakan Patah Hati

Lewat Album Debut, Gangga Ajak Merayakan . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Doggyhouse Records: dari Shaggydog untuk Musik Indonesia

Doggyhouse Records: dari Shaggydog untuk Musik . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Luapkan Gelisah, Boston Manor Rilis “Carbon Mono”

Luapkan Gelisah, Boston Manor Rilis “Carbon . . . .

21 September 2021

Super Buzz

Ed Sheeran Rilis Single Baru Penuh Emosi untuk Album Keempat

Ed Sheeran Rilis Single Baru Penuh . . . .

21 September 2021

Super Buzz

5 Lagu Terbaik Pemenang Grammy untuk Playlist Penyemangat

5 Lagu Terbaik Pemenang Grammy untuk . . . .

21 September 2021

Super Buzz

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo ‘Ngopi Dulu Lah’

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Dry Cleaning Lepas Double Single untuk Rayakan Album Debut Mereka

Dry Cleaning Lepas Double Single untuk . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Lagu Sedih Indonesia dari Musisi dan Band Indie Lokal

Lagu Sedih Indonesia dari Musisi dan . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Jangar Tebar Penawar Rindu Lewat “Rijang”

Jangar Tebar Penawar Rindu Lewat “Rijang”

19 September 2021

Super Buzz

1 /