Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Lagu barat sedih umumnya menggambarkan emosi yang sangat mendalam. Inilah 10 lagu barat sedih beragam genre terbaik sepanjang masa.

Author : Admin Music

Article Date : 06/11/2021

Article Category : Super Buzz

Lagu barat sedih sejak lama dikenal bertempo lambat dan memiliki irama yang mendayu. Biasanya dibawakan dengan lirih diikuti lirik yang sedih yang seringkali bertema tentang cinta atau pengalaman hidup seseorang. Seiring perkembangan musik yang semakin membaur satu sama lain, lagu barat sedih juga diproduksi sesuai dengan genre yang diusung masing-masing band atau penyanyi solo.

Lagu barat sedih bergenre rock misalnya, musik yang secara umum dikenal keras, membakar semangat, dan menggebu-gebu itu bisa membawa kita pada suasana hati yang galau. Tak lepas dari musik yang bertema kesedihan, lagu barat sedih umumnya menggambarkan emosi yang terkait dengan depresi, penderitaan, atau frustasi menghadapi rasa kehilangan akan sesuatu.

Lagu Barat Sedih dari Beragam Genre

Nah, lagu barat sedih pun sudah dinyanyikan oleh para musisi ternama dunia dengan genre rock. Beberapa lagu barat sedih itu bahkan termasuk yang paling terkenal di dunia dan siap membawa para pendengarnya ikut merasakan emosi dari lagu-lagu barat sedih tersebut. Inilah 10 lagu barat sedih bergenre rock terbaik sepanjang masa.

Eleanor Rigby - The Beatles

Eleanor Rigby bisa jadi adalah salah satu lagu barat sedih yang pernah diciptakan oleh The Beatles. Padahal, band bergenre pop ini lebih dikenal secara luas karena lagu-lagu cinta yang riang gembira. Eleanor Rigby menjadi salah satu lagu yang menonjol di dalam album kontroversial The Beatles, Revolver. Lagu ini turut mengubah The Beatles menjadi band eksperimental yang akan mempengaruhi dunia musik di masa setelahnya.

Leave Me Alone - New Order

Band rock asal Inggris, New Order, dibentuk oleh mantan anggota band Joy Division setelah vokalisnya, Ian Curtis, bunuh diri. New Order dikenal karena estetika minimalis dan perpaduan antara musik post-punk dengan dance. Power Corruption and Lies, album New Order yang dirilis pada tahun 1983 benar-benar memantapkan mereka sebagai band baru yang orisinal. Image baru ini membantu mereka melepaskan diri dari bayang-bayang nama besar Joy Division.

Terlepas dari trek bernuansa elektronik di dalam album ini, lagu Leave Me Alone yang muncul terakhir di album tersebut merupakan salah satu lagu paling sedih yang pernah mereka buat. Liriknya begitu dalam, ditambah dengan alunan gitar yang syahdu. Lagu barat sedih ini cocok didengarkan ketika galau sedang melanda. 

Hurt - Johnny Cash

Johnny Cash adalah salah satu legenda dalam dunia musik. Johnny Cash meninggal dunia pada 2003, namun sebelumnya, ia berhasil meninggalkan warisan yang tak terlupakan dan tidak dapat ditandingi oleh bintang musik country lainnya. Johnny Cash mewarisi hits terakhirnya, Hurt, yang rilis pada tahun 2002. Lagu ini adalah lagu cover yang diambil dari band Nine Inch Nails. 

Gitar akustik yang tajam dan vokal Cash yang rapuh berhasil membuat lagu ini lebih populer daripada versi aslinya. Kesedihan dalam lagu ini diperkuat dengan liriknya yang sangat dalam. Kematian Cash diumumkan tak lama setelah Hurt dirilis, suasana suram pun membayangi lagu barat sedih ini.

Decades - Joy Division

Ian Curtis memang tak lepas dari kecenderungannya untuk bunuh diri. Namun, kecenderungan itu sepertinya tidak pernah ia tunjukkan sedalam dan sesyahdu pada lagu apa pun. Kecuali pada lagu Decades yang sangat mendalam. Lagu barat sedih ini dianggap sangat “menghancurkan” jiwa. Hal ini bahkan terlihat dari lirik lagunya yang sangat suicidal.

Brothers in Arms - Dire Straits

Lagu Brothers in Arms dari Dire Straits muncul di album mereka yang dirilis pada tahun 1985 dengan nama yang sama. Lagu melankolis ini memang sengaja dibuat sebagai lagu anti-perang. Lagu barat sedih ini ternyata dirilis ulang pada tahun 2007 sebagai edisi khusus untuk memperingati ulang tahun ke-25 Perang Falkland, dan mengumpulkan dana untuk veteran perang yang memiliki gangguan stres pasca trauma (PTSD). Sejauh ini, Brothers In Arms memiliki tiga versi: versi panjang, sedang dan pendek.

How To Disappear Completely - Radiohead

How To Disappear Completely merupakan lagu yang sangat menggambarkan perasaan tidak ingin berada di suatu tempat atau berada dalam situasi yang begitu menyakitkan. Lagu ini seolah-olah menggambarkan harapan dapat mengatakan pada diri sendiri "aku tidak ada di sini" dan pergi begitu saja.

Suara Yorke yang berliku-liku dan terdengar seperti mimpi juga sangat luar biasa dalam lagu ini. Lagu barat sedih ini turut membangun rasa sedih dan penyesalan hingga klimaks emosionalnya. Dalam wawancara kepada BBC di tahun 2006, Thom Yorke mengatakan lagu ini adalah "Hal terindah yang pernah mereka (Radiohead) buat."

How Soon is Now? - The Smiths

Band rock tahun 1980-an asal Manchester, The Smiths, begitu terkenal dengan riff gitarnya yang jangly. Lirik lagunya juga dikenal suram atau menyedihkan. Sikap nyentrik dari vokalis utamanya, Morrissey, menjadikan mereka salah satu band paling terkenal di masanya.

Lagu How Soon is Now? adalah salah satu karya agung The Smiths. Lagu barat sedih ini sudah tidak diragukan lagi menjadi sebuah gambaran kesedihan murni yang bisa diputar selama enam setengah menit. Sensasi dalam lagu barat sedih ini mungkin memuncak ketika riff gitar Johnny Marr diganti dengan efek reverb yang mengerikan. Termasuk juga saat Morrissey bernyanyi tentang kita yang merindukan cinta tetapi tidak tahu bagaimana cara menemukannya.

The Smiths adalah band yang terkenal dengan lagu-lagu depresinya. Beberapa nomor lain dari The Smiths yang bisa ikut menyumbang suasana sedih seperti I Know It’s Over dan Please, Please, Please Let Me Get What I Want.

Comfortably Numb - Pink Floyd

Bagi kamu yang menyukai lagu-lagu rock tahun 70-an, Comfortably Numb mungkin menjadi rekomendasi lagu barat sedih yang harus segera didengarkan. Dirilis dalam album The Wall, yang menggambarkan "pemisahan" diri dari masyarakat, lagu ini menjadi salah satu lagu tersedih dan paling indah sepanjang masa.

Secara tidak langsung, lagu ini menggambarkan sikap apatis dari orang-orang di sekitarmu, walau beberapa orang menganggap kalau Comfortably Numb adalah lagu tentang drugs.

Heroin - The Velvet Underground

Lou Reed memang dikenal sebagai orang yang blak-blakan. Heroin pun muncul sebagai lagu yang tak kalah blak-blakan menggambarkan kepribadiannya itu. Heroin adalah lagu yang menggambarkan keindahan dari penderitaaan, yang justru menjadi sebuah rasa "candu" yang manis.

Mendengarkan lagu ini mungkin akan memicu merasa muak. Tapi dalam sekejap, pendengarnya akan merasakan sensasi "roller coaster" perasaan yang sangat adiktif. Heroin adalah sebuah puisi tergelap sekaligus terindah tentang rasa candu.

Hallelujah - Jeff Buckley

Hallelujah adalah lagu cover yang justru melampaui kesuksesan versi aslinya. Dalam lagu ini, Jeff Buckley berhasil mengambil himne Alkitab Leonard Cohen. Ia pun mengubahnya menjadi versinya sendiri. Lagu barat sedih ini bercerita tentang kesia-siaan dan rasa sakit karena cinta.

Jeff Buckley justru mengganti synth dan bass, seperti versi Leonard Cohen, dengan gitar tunggal bernada tinggi. Namun, Jeff Buckley hanya memproduksi satu album studio ini. Sayangnya, tanpa sengaja tenggelam di anak Sungai Mississippi pada tahun 1997 silam, di tahun yang sama saat ia meninggal dunia.

 

Image source: NME

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Pop #Rock #lagu barat sedih #The Velvet Underground #pink floyd #The Smiths # Radiohead #new order #The Beatles

0 Comments

Comment
Other Related Article
Daftar Lagu Baru Indonesia Terbaik Sepanjang Tahun 2021

Daftar Lagu Baru Indonesia Terbaik Sepanjang . . . .

02 December 2021

Super Buzz

Heals, Coba Obati Kondisi Masa Kini dengan Karya Musiknya

Heals, Coba Obati Kondisi Masa Kini . . . .

02 December 2021

Super Buzz

Avril Lavigne Gabung Label Travis Barker, Rilis Single Baru

Avril Lavigne Gabung Label Travis Barker, . . . .

02 December 2021

Super Buzz

Rich Brian Luncurkan Video Musik untuk Single New Tooth

Rich Brian Luncurkan Video Musik untuk . . . .

02 December 2021

Super Buzz

5 Lagu Country Modern yang Bisa Jadi Inspirasi

5 Lagu Country Modern yang Bisa Jadi Inspirasi

01 December 2021

Super Buzz

BAP Hadirkan Single Ketiga Sebagai Jembatan Album Baru

BAP Hadirkan Single Ketiga Sebagai Jembatan . . . .

01 December 2021

Super Buzz

Simple Plan Bawa Penawar Rindu lewat “The Antidote”

Simple Plan Bawa Penawar Rindu lewat . . . .

01 December 2021

Super Buzz

U2 Eksplorasi Musik di Single Baru Your Song Saved My Life

U2 Eksplorasi Musik di Single Baru . . . .

30 November 2021

Super Buzz

Danilla Riyadi dan Sejumlah Musisi Kembali Bermusik Bersama

Danilla Riyadi dan Sejumlah Musisi Kembali . . . .

30 November 2021

Super Buzz

Spoon Lepas Single Baru yang Kental Aura Rock n’ Roll

Spoon Lepas Single Baru yang Kental . . . .

30 November 2021

Super Buzz

1 /