Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

3 gunung paling tinggi di Indonesia

Author : Admin Adventure

Article Date : 13/04/2022

Article Category : Wilderness

Alam pegunungan tentu jadi salah satu kekayaan alam yang sangat mempesona di Indonesia. Puncak gunung yang menjulang, pemandangan memukau serta keramahan dan kearifan warga lokal tentu jadi pesona yang jadi daya tarik wisatawan, Superfriends

Jadi, wajar saja kalau gunung-gunung di Indonesia menjadi destinasi yang sempurna untuk sebuah tujuan wisata pendakian yang menarik banyak peminat.

Di antara banyaknya gunung di Indonesia, gunung dengan ketinggian yang relatif tinggi tentu sangat menarik untuk dikunjungi karena punya pesona nggak main-main, Supefriends.

Sebagai referensi, lo bisa simak 4 gunung paling tinggi di Indonesia dengan pesona menakjubkan berikut ini!

Gunung Carstenz Pyramid, Papua – 4.884 Mdpl

Image source: instagram.com/ramandhopradapta

Tanah Papua memang nggak ada habisnya menebar pesona. Kebudayaannya yang orisinil dan eksotis, kekayaan alamnya yang berlimpah ruah, potensi pariwisatanya yang sulit dicari tandingannya, telah menjadi sederet keunggulan tanah Papua.

Dan pegunungan Jaya Wijaya dengan puncak Carstensz Pyramid di atasnya, adalah salah satu dari kekayaan itu. Walaupun bukan merupakan gunung tertinggi di dunia, namun Carstensz Pyramid adalah gunung tertinggi dalam grand slam seven summmit dunia versi Reinhold Messner.

Ketinggian puncak tanah Papua ini mewakili sepanjang wilayah Papua Nugini, Australia dan, tentu saja Indonesia.

Gletser di puncak Jaya Wijaya adalah gletser terakhir di negeri tropis yang tersisa di dunia. Menjadi eksotis dan istimewa jika kemudian Superfriends berkesempatan menjejakkan kaki di gletser ini.

Selain di Tanah Papua, gletser serupa mungkin hanya bisa ditemui di puncak gunung Kilimanjaro, di Afrika lho, Superfriends.

Gunung Kerinci, Pulau Sumatera – 3.884 Mdpl

Image source: instagram.com/tedhynolo

Dalam urutan gunung tertinggi di Indonesia wikipedia version, Gunung Kerinci tentu saja menempati beberapa tingkat dibawah Carstensz Pyramid, Puncak Soemantri, Puncak Trikora, dan lain sebagainya, yang semuanya ada di Papua.

Akan tetapi, kalau kemudian dikelompokkan berdasarkan ketinggian pada tiap pulau, maka gunung Kerinci persis berada di urutan kedua setelah puncak Carstensz.

Keindahan gunung Kerinci juga meliputi banyak hal. Mulai dari kaki gunung hingga budaya masyarakat yang ada di sekitarnya.

Sebelum memasuki kaki gunungnya sendiri, bahkan panorama perkebunan teh yang luas dengan aroma pucuk-pucuk daun teh muda telah masuk dalam indera penciuman Sobat Akasaka, dan melayangkan imajinasi yang damai alam pegunungan.

Teh di kaki gunung Kerinci adalah salah satu the dengan kualitas terbaik di dunia. Sementara jika Sobat masuk lagi lebih ke dalam kekayaan tanah Kerinci, maka akan pula dijumpai kemudian berbagai unsur menarik yang sangat eksotis.

Beberapa hal yang cukup menarik itu adalah fenomena tentang Suku Anak Dalam serta fenomena tentang mitos Urang Pendek. Dan yang nggak kalah menarik juga, adalah masih adanya populasi harimau Sumatera yang mendiami hutan gunung Kerinci.

Jalur pendakian gunung Kerinci sendiri dianggap sebagai salah satu rute pendakian terberat di Indonesia. Selain melewati hutan Bukit Barisan Sumatera yang terkenal lebat, jalur pendakian kadang juga harus melalui medan berlumpur yang parah. Akan tetapi semua bentuk tantangan jalur pendakian ini, nggak menambah apa pun kepada gunung Kerinci selain dari keindahan dan pesonanya yang kian menarik.

Jika puncak gunung Semeru disebut Mahameru, maka puncak gunung Kerinci pun memiliki namanya sendiri yaitu; Puncak Indrapura. Nah, dari puncak tertinggi pulau Sumatera ini, Sobat bisa menyaksikan mayapada tanah Andalas yang cantiknya luar biasa, indah berpayung angkasa yang mempesona.

Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat - 3.726 Mdpl 

Image source: instagram.com/david_rizalwi

Jika kemudian muncul sebuah pertanyaan tentang manakah 1 gunung tertinggi di Indonesia yang paling banyak difavoritkan? Maka sudah pasti, Rinjani-lah jawabannya.

Rinjani benar-benar layaknya puteri taman surga yang bersolek, kecantikannya menghipnotis siapa pun yang melayangkan perhatian dan pandangan untuk menikmati setiap lekuk tanah dan bukit-bukitnya.

Gunung Rinjani memiliki puncak gunung yang tingginya berada pada urutan ketiga di bawah Carstenz Pyramid dan gunung Kerinci, jika hal itu diurut dari list seven summit Indonesia.

Namun jika kemudian didasarkan pada; manakah yang paling indah dari tujuh puncak gunung tertinggi di Indonesia tersebut? Maka nggak sedikit orang yang kemudian akan memilih gunung Rinjani sebagai yang terindah.

Rinjani juga punya Segara Anak, sebuah danau luas yang mengisi kawah bekas kepundan gunung. Menariknya lagi di Segara Anak, berdiri pula sebuah gunung lain yang disebut dengan Anak Gunung Rinjani.

Seiring aktivitas vulkanik Rinjani, besar Anak Gunung ini pun semakin bertambah dari waktu ke waktu. Jalur pendakian gunung Rinjani pun penuh dengan eksotisme yang membuat Superfriends betah berlama-lama.

Hamparan sabana yang luas, berlatar puncak Dewi Anjani yang seolah melambai-lambai, disapu pula oleh angin tanah Lombok yang sepoi-sepoi, semuanya akan membuat setiap pendakian di gunung Rinjani terasa demikian istimewa.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Wilderness #Hiking #Beginner #Extreme

Source:https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/5-gunung-tertinggi-di-indonesia-dengan-pemandangan-terindah

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /