Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

merintis bisnis

Author : Admin Adventure

Article Date : 15/05/2022

Article Category : Tips

Sumber daya modal memang menjadi perjuangan tersendiri bagi para pebisnis pemula. Apalagi, kalau lo bukan anak berasal dari “kalangan atas” yang bisa dibilang mudah mendapatkan sumber daya yang satu ini. Makanya, 3 ide cari modal praktis buat merintis bisnis ini bisa jadi referensi tepat buat lo yang baru mau memulai bisnis nih, Superfriends.

Yup, sulitnya mendapatkan sumber daya modal terkadang memang menjadi salah satu tantangan dalam mewujudkan ide dan model bisnis yang sudah dirancang. Tapi tenang, karena ada 3 ide cari modal praktis buat merintis bisnis yang bisa lo pelajari, Superfriends!

Gunakan Dana Pribadi

Image source: shutterstock.com/Nopphon_1987

Menggunakan dana pribadi sebagai modal merintis bisnis memang menjadi salah satu pilihan yang relatif aman. Pasalnya, dengan begini pasti bakal bikin lo punya kontrol penuh terhadap bisnis yang lo jalankan, Superfriends.!

Nggak ada intervensi, nggak perlu mempertimbangkan pendapat orang lain tentang operasional bisnis karena lo adalah satu-satunya pemilik modal. Meskipun begitu, di sisi lain, lo juga bisa membutuhkan waktu yang lama untuk mewujudkan bisnis karena menunggu tabungan cukup, Superfriends.

Merintis bisnis dengan menggunakan dana pribadi juga punya resiko lain nih, terutama bila lo menggunakan seluruh tabungan untuk bisnis tersebut. Yup, kalau ternyata bisnis lo mengalami kerugian sementara lo telah menggunakan seluruh simpanan, maka lo nggak punya cukup uang untuk survive, Superfriends.

Selain itu, rata-rata pebisnis pemula seringkali nggak punya dana yang nggak terlalu besar di dalam tabungannya. Dampaknya, kalau lo menggunakan modal yang sedikit untuk membuka usaha, kemungkinannya bisnis tersebut tumbuh dengan lambat sangat besar, Superfriends.

Ajukan Kredit Usaha Ke Bank

Image source: unsplash.com/@homajob

Ide cari modal praktis buat merintis bisnis yang selanjutnya yaitu dengan mengajukan kredit ke sejumlah bank komersial, Superfriends. Saat ini banyak bank yang menawarkan kredit bagi pengusaha kecil dan menengah dengan bunga pinjaman yang cukup kompetitif.

Pemerintah pun telah menggelontorkan dana permodalan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp120 triliun untuk disalurkan kepada pelaku UMKM sepanjang 2018, lho! 

Pemerintah juga menurunkan suku bunga KUR dari 9 persen menjadi 7 persen per tahun. Padahal bunga kredit di pasaran mencapai 17,5 persen per tahun. Sebagai program tambahan, pemerintah memberikan workshop kewirausahaan bagi penerima KUR. 

Sayangnya, program ini nggak banyak dimanfaatkan pengusaha kecil, Superfriends. Banyaknya pengusaha yang nggak memanfaatkan permodalan ini mungkin disebabkan kurangnya pemahaman dan proses pengajuan modal yang dirasa agak menyulitkan untuk dipenuhi.

Padahal, kalau setiap pengusaha kecil mendapatkan dana ini untuk merintis bisnis pasti bakal berguna banget nih, Superfriends!

Carilah investor dan mitra bisnis

Image source: pexels.com/@fauxels

Kalau rasanya dengan seorang diri lo nggak akan mampu menjalankan bisnis dan mendapatkan modal untuk mendanainya, maka lo bisa mempertimbangkan untuk mencari investor dan mitra bisnis, Superfriends.

Saat ini, banyak sekali perusahaan atau lembaga yang menawarkan bantuan dana bagi para pengusaha kecil sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial.

Ada juga perusahaan besar yang menyengajakan untuk membuat kompetisi bisnis bagi pengusaha kecil untuk mendapatkan ide-ide bisnis baru yang nantinya akan mereka danai dan dapatkan hak produksinya, lho.

Superfriends juga bisa mendatangi berbagai seminar bisnis untuk menambah jaringan pertemanan dengan harapan bisa bertemu dengan mitra yang memiliki visi yang serupa dalam berbisnis dan mau diajak bekerjasama.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Urban Action #Beginner #Trending

Source:https://review.bukalapak.com/finance/mau-membuka-usaha-sendiri-ini-6-cara-mencari-modal-bisnis-92704

0 Comments

Comment
Other Related Article
kompor kayu

Cara Memilih Kompor Kayu untuk Kegiatan Outdoor

29 June 2022

Tips

hostel

Tips Memilih Hostel Murah dan Nyaman

28 June 2022

Tips

snorkeling

Perhatikan Ini Saat Pertama Kali Snorkelin, . . . .

27 June 2022

Tips

hewan liar

5 Tips Menghindari Gangguan Hewan Liar . . . .

26 June 2022

Tips

bisnis open trip

Tips Sukses Buat Superfriends yang Mau . . . .

26 June 2022

Tips

kereta api

5 Tips Bepergian dengan Kereta Api . . . .

26 June 2022

Tips

highlining

Tips Aman Melakukan Aksi Highlining, Dijamin . . . .

25 June 2022

Tips

alat mendaki

Tips Supaya Peralatan Mendaki Tetap Awet, . . . .

25 June 2022

Tips

Tips berkemah

5 Tips Berkemah di Alam Terbuka . . . .

24 June 2022

Tips

menggunakan kompas

Tips Menggunakan Kompas untuk Keperluan Navigasi . . . .

24 June 2022

Tips

1 /