Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

susur sungai

Author : Admin Adventure

Article Date : 19/08/2022

Article Category : Places & Gears

Destinasi wisata di Indonesia memang kerap kali menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Tak jarang wisatawan baik lokal maupun mancanegara dimanjakan dengan liburan yang seru dan menyatu dengan alam. Berkat alamnya yang masih asri, ragam destinasi wisata di Indonesia juga sangat cocok dijadikan pelarian sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Salah satu dari kesekian jenis destinasi wisata alam yang cocok untuk dijadikan tempat healing sejenak adalah wisata susur sungai. Beberapa sungai di Indonesia masih memiliki suasana yang asri nan alami yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk menikmati aktivitas susur sungai yang menyatu dengan alam.

Sungai Musi, Sumatera Selatan

Image source: instagram.com/sandiyanto

Sungai Musi menjadi sungai selanjutnya yang cocok dijadikan tempat terbaik untuk susur sungai. Sungai ini juga merupakan sungai terpanjang di wilayah Sumatera. Panjang Sungai Musi sendiri kurang lebih mencapai 750 kilometer dan sering dijadikan sebagai lokasi susur sungai favorit bagi wisatawan.

Untuk melakukan aktivitas susur sungai di Sungai Musi ini, pengunjung dapat menggunakan ketek atau perahu milik warga lokal. Hal yang menarik saat melakukan kegiatan susur sungai di Sungai Musi ini, pengunjung dapat singgah ke beberapa tempat ikonik di Sumatera seperti Pulau Kemaro, Kampung Arab Al Munawwar, Kampung Kain Tuan Kentang, Benteng Kuto Besak dan masih banyak lagi.

Sungai Maron, Jawa Timur

Image source: instagram.com/andikaprtm

Sungai Maron merupakan salah satu bentuk keindahan alam di Pacitan yang menyuguhkan ketenangan bagi siapa saja yang berkunjung. Sungai yang dimirip-miripkan dengan Sungai Amazon ini tepatnya berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dikatakan mirip dengan Sungai Amazon, karena disisi kanan dan kiri sungai ini ditumbuhi hutan hujan tropis yang cukup lebat dan menambah suasana asri disekitar lokasi.

Memiliki panjang kurang lebih 4,5 kilometer, sungai ini menjadi salah satu lokasi terbaik untuk melakukan aktivitas susur sungai di Pacitan. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan dimanjakan dengan alamnya yang terlihat begitu asri. Harga tiket masuknya pun terbilang cukup terjangkau yakni hanya Rp5000,- per orang. Namun akan dikenakan biaya tambahan bagi pengunjung yang ingin melakukan kegiatan susur sungai yakni sebesar Rp100 ribu per perahu untuk kapasitas empat orang.

Sungai Pute, Sulawesi Selatan

Image source: instagram.com/larakuti

Sungai Pute merupakan sungai kedua sebagai lokasi terbaik untuk melakukan aktivitas wisata susur sungai di Indonesia. Berada di wilayah Desa Rammang-rammang, sungai ini memiliki kenampakan perairan berwarna hijau kecoklatan.

Menariknya, Sungai Pute memiliki pemandangan alam yang luar biasa yakni dengan dikelilingi oleh batuan karst. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung.

Tak hanya batuan karst yang menghiasi sekitar sungai Pute, pengunjung juga sesekali akan menjumpai pohon nipah yang daunnya mirip dengan pohon palem dan merupakan tanaman tropis menyejukkan.

Bagi pengunjung yang hendak menyusuri Sungai Pute ini, akan dikenakan tarif sebesar Rp150 ribu–Rp200 ribu untuk menyewa perahu. Jangan lewatkan untuk berswafoto dengan background pegunungan karst disini, ya!

Sungai Kahayan, Kalimantan Tengah

Image source: instagram.com/hada_ap

Sungai Kahayan merupakan sungai terpanjang di Kalimantan, dengan panjang kurang lebih 600 kilometer. Sungai ini pulalah yang menjadi pembelah Kota Palangkaraya. Tak hanya itu, Sungai Kahayan juga memiliki bentuk yang cukup unik yakni menyerupai teluk. Pemandangan alam terlihat asri, ketika pengunjung menyusuri sungai yang begitu luas ini menggunakan perahu.

Sepanjang perjalanan di Sungai Kahayan ini, pengunjung akan menjumpai deretan rumah apung sederhana yang merupakan rumah khas warga Kalimantan.  Bagi pengunjung yang hendak menyewa perahu untuk menyusuri sungai yang indah nan luas ini, cukup membayar tarif sebesar Rp75 ribu–Rp250, tergantung besar kecilnya perahu yang ingin disewa.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Urban Places #Urban Action #Trending

Source:https://www.idntimes.com/travel/destination/windy-lestari/lokasi-wisata-susur-sungai-terbaik-di-indonesia-c1c2?page=all

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Places & Gears

Traveling ke Makassar, Ini Destinasi Wisata Kuliner yang Bisa Lo Kunjungi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Explore Kepulauan Mergui, Hidden Gem di Myanmar yang Asri dan Sunyi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Pendaki Newbie Wajib Tau! Ini Gunung di Jawa Tengah yang Cocok buat Lo

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Intip Semarang Contemporary Art Gallery, Destinasi Wisata Seni yang Estetik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Destinasi Wisata di Baturraden Banyumas, Ada Air Terjun Hingga Telaga

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Wisata Kuliner di Manado, Ada Bubur Tinutuan hingga Kedai Es Legendaris

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Explore Tubbataha Reef, Surga Lautan Tersembunyi di Filipina yang Mempesona

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Deretan Gunung di Jawa Timur yang Cocok buat Pendaki Pemula, Gak Sampai 2.000 Mdpl

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Museum di Semarang, Cocok Jadi Tujuan Urban Adventure

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Healing di Rawa Pening, Destinasi Wisata di Semarang yang Tenang dan Syahdu

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /