Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

3 Tips Memilih Gitar Akustik untuk Pemula

Author : Admin Music

Article Date : 16/08/2021

Article Category : Super Buzz

Sebagai pemula yang ingin belajar tentang alat musik, gitar akustik menjadi pilihan yang cukup baik untuk dimiliki dan dipelajari, lho Superfriends. Meskipun untuk belajar mengenai nada lebih mendalam, keyboard atau piano jadi alat musik yang memadai, gitar akustik lebih mudah untuk disesuaikan, tidak makan tempat, serta harganya lebih terjangkau, apalagi untuk pemula. Oleh karena itu, biasanya para pemain musik pemula lebih memilih gitar akustik jadi alat musik pertama yang dipelajari.

Sebagai pemula, memilih gitar akustik sebagai alat musik pertama sudah tentu ada keinginan memiliki produk dari brand ternama. Hal tersebut sebenarnya tidak salah. Kalian bebas memilih alat musik pertama berdasarkan ekspektasi atau impian kalian, Superfriends. Namun alangkah baiknya jangan terlalu tergesa-gesa untuk menentukan sebuah alat musik perdana, seperti gitar akustik. Alat musik yang pertama kali kalian miliki ini secara dasar harus bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Selain itu penting juga diperhatikan aspek kenyamanan dari alat musik tersebut.

Buat kalian yang sedang ingin segera membeli gitar akustik, coba terapkan tips berikut untuk memudahkan kalian dalam membeli alat musik pertama. Semoga dengan menerapkan tips ini kalian mendapatkan gitar akustik yang sesuai, baik dari urusan kebutuhan maupun banderol harga yang terjangkau. 

  1. Lakukan riset

    Membeli alat musik seperti gitar akustik bagi pemula bisa disamakan dengan membeli sebuah aset berharga. Sebagai seorang pemula, kalian membutuhkan alat musik dengan kualitas baik sehingga mampu bertahan dengan lama. Durabilitas ini jadi penting karena dalam proses belajar menguasai alat musik, patokan waktu cukup terbilang tidak relevan. Kalian bisa menguasai gitar akustik hanya dalam hitungan bulan ataupun tahun. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk melakukan riset terlebih dahulu, sehingga tidak rugi ke depannya.

    Proses riset ini bisa dilakukan melalui membaca artikel atau menonton video review di internet. Langkah ini merupakan langkah termudah, karena kalian hanya perlu diam di rumah dalam mencari pemahaman mengenai gitar akustik secara dasar atau untuk menentukan sebuah pembelian. Selain itu, langkah mudah lainnya kalian bisa meminta pendapat dari teman yang sudah lebih dulu bermain gitar.

    Teman kalian yang sudah memiliki gitar akustik akan punya pandangan nyata dalam penggunaan keseharian. Jadi langkah riset berikut juga jadi metode yang dapat dipercaya hasilnya. Selain itu, kalian juga bisa meminjam gitar akustik teman kalian untuk sekadar menentukan karakteristik suara dan kenyamanan dalam permainan. 

  2. Mengenal jenis gitar akustik

    Setelah kalian melakukan riset awal mengenai memilih gitar akustik yang tepat sebagai pemula, alangkah baiknya untuk melanjutkan proses tersebut dengan mengenal jenis gitar akustik yang ada di pasaran. Tahukah kalian bahwa gitar akustik ini memiliki jenis-jenis berbeda tergantung kegunaannya, Superfriends?

    Gitar akustik steel strings

    Gitar akustik steel strings ini merupakan salah satu jenis gitar yang cukup populer di kalangan pemula. Salah satu alasan mengapa alat musik ini populer adalah dari dimensi keseluruhan body-nya. Gitar akustik satu ini memiliki dimensi yang ramping dengan neck yang relatif kecil sehingga cukup memberikan kenyamanan saat dimainkan bagi pemain gitar pemula. Selain itu, sesuai dengan namanya senar yang digunakan bermaterialkan dari baja, Oleh karena itu, suara yang dihasilkan cenderung nyaring dan tajam. Suara yang nyaring tersebut cukup bisa jadi faktor pendukung untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar bermain gitar akustik bagi pemula.

    Gitar akustik elektrik

    Gitar akustik elektrik juga jadi salah satu jenis gitar yang cukup populer juga. Secara tampilan, jenis gitar satu ini memiliki kemiripan dengan gitar akustik steel strings. Baik dari segi bentuk maupun karakteristik suara. Namun keunggulan dari jenis gitar satu ini adalah adanya penambahan pickup elektrik untuk dapat menghantarkan suara melalui amplifier maupun mixer secara direct. Konfigurasi ini cocok buat kalian yang sudah mulai mahir memainkan gitar akustik dan ingin menunjukkan hasilnya dengan membuat konser kecil-kecilan bersama teman. Selain itu, kalian juga bisa mengatur tingkatan volume, bass, dan treble yang dihasilkan di atas panggung. Jadi, kalian juga belajar untuk bisa beraksi di atas panggung layaknya musisi profesional.

    Gitar nylon

    Gitar nylon ini biasanya lebih dikenal dengan sebutan gitar klasik. Meskipun begitu, gitar satu ini masuk ke dalam jenis gitar akustik secara teknis. Berbeda dengan kedua gitar akustik sebelumnya, gitar nylon menggunakan senar gitar berbahan nylon. Selain itu untuk dimensi body-nya, gitar ini cenderung memiliki bentuk yang lebih besar dan membulat. Perihal suara, karena terbuat dari nylon ini memiliki karakteristik yang lebih halus namun dengan tingkat kenyaringan yang rendah. Gitar akustik satu ini cocok buat kalian yang ingin belajar teknik fingerstyle atau belajar tekanan jari yang sesuai dalam membuat suara pada gitar, karena senar nylon cenderung tidak membuat jari gampang sakit seperti gitar akustik yang menggunakan senar baja.

  3. Sesuaikan dengan budget

    Langkah terakhir yang kalian perlukan adalah menyesuaikan dengan budget yang dimiliki sebelum membeli gitar akustik. Penentuan budget ini bisa disesuaikan dengan jenis gitar yang ingin kalian beli. Biasanya gitar akustik dengan pickup elektrik jadi pilihan yang paling mahal di antara ketiganya. Pastikan budget kalian juga disesuaikan dengan brand yang berkualitas. Jangan sampai kalian membeli gitar terlalu murah tapi memiliki kualitas yang kurang baik dan tidak tahan lama, Superfriends. Hasil riset yang sudah kalian lakukan sebagai langkah awal bisa jadi faktor penentu dalam membuat anggaran dana membeli gitar secara bijak.

Image courtesy of Alexander Raths/Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#gitar akustik # alat musik #tips #gitar akustik terbaik

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /