Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

gunung berapi paling tinggi

Author : Admin Adventure

Article Date : 11/05/2022

Article Category : Wilderness

Nusantara memang terkenal dengan hamparan gunung aktif. Selain bisa membuat tanah di sekitarnya menjadi sangat subur, hal ini juga menjadi daya tarik bagi para pendaki, lho. Makanya, 4 gunung berapi paling tinggi Indonesia yang menarik dijelajahi ini pasti bakal jadi referensi menarik buat lo, Superfriends!

Yup, karakteristik gunung yang masih aktif secara vulkanik memang sangat unik, tapi gunung dengan karakter seperti ini biasanya jalur menuju puncak seringkali masih ditutupi dengan pasir dan pastinya sangat terjal.

Buat referensi, lo bisa simak lengkap 4 gunung berapi paling tinggi Indonesia yang menarik dijelajahi berikut ini, Superfriends!

Gunung Sumbing 3371 Mdpl

Image source: shutterstock.com/Marin Wijdan

Dengan ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut, gunung sumbing menjadi gunung berapi tertinggi kelima di Indonesia. Gunung ini secara administratif terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.

Bersama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam yang menawan berupa gunung kembar, sehingga menjadi daya tersendiri bagi para pendaki.

Gunung Slamet 3.428 Mdpl

Image source: instagram.com/masarif.id

Gunung Slamet terletak di antara lima kabupaten, yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang di Jawa Tengah.

Memiliki ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut, Gunung Slamet merupakan gunung berapi tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru.

Gunung ini cukup populer sebagai sasaran pendakian meskipun medannya dikenal sulit. Pendakian Gunung Slamet dikenal cukup sulit karena hampir sepanjang rute pendakian tidak ditemukan air. Pendaki disarankan untuk membawa persediaan air yang cukup dari bawah. Faktor penyulit lain adalah kabut yang sangat mudah berubah-ubah dan pekat.

Gunung Semeru 3.676 Mdpl

Image source: unsplash.com/@mlapergolaphoto

Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut dengan puncaknya yang begitu terkenal bernama “Mahameru”. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Di area puncak Gunung Semeru terdapat kawah Jonggring Saloko yang menghasilkan aliran lahar yang berbahaya, selain itu di sisi sebelah selatan puncak Mahameru juga terdapat Gas beracun yang dikenal dengan sebutan “wedhus gembel.”

Gunung Rinjani 3.726 Mdpl

Image source: instagram.com/travelerbaperrrrrrrrr

Secara administratif Gunung Rinjani berada dalam wilayah tiga kabupaten yakni Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha.

Berstatus sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, Gunung Rinjani memiliki ketinggian mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.

Gunung Kerinci 3.805 Mdpl

Image source: instagram.com/titibobrok

Gunung Kerinci terletak tepat di perbatasan antara Sumatera Barat dan Provinsi. Gunung ini termasuk dalam bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan wilayah ini merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan yang memanjang dari utara ke selatan di Pulau Sumatera.