Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

4 Teknik Olah Vokal untuk Tingkatkan Kemampuan Bernyanyi

Author : Admin Music

Article Date : 19/09/2021

Article Category : Super Buzz

Ketika kalian mulai memilih untuk serius menjalani hobi bernyanyi dan bermimpi jadi seorang profesional, latihan olah vokal secara rutin adalah langkah yang perlu kalian tekuni, Superfriends. Latihan olah vokal merupakan tahapan dasar yang mungkin bisa memakan waktu cukup banyak, tapi bermanfaat dalam jangka waktu yang lama juga. Apalagi jika kalian saat ini sudah mulai aktif bermusik, baik dalam sebuah band atau menjalani karier sebagai penyanyi solo.

Sama halnya dengan mempelajari alat musik, latihan olah vokal membutuhkan tingkat konsentrasi serta sensitivitas yang cukup tinggi. Kalian berhadapan dengan nada yang hanya bisa dirasa dan didengar. Tidak berbentuk. Maka mengasah kemampuan pendengaran dan rasa juga jadi bagian yang terbilang krusial agar memiliki kemampuan olah vokal yang baik sebagai seorang penyanyi.

Oleh karena itu, di sekolah maupun tempat kursus musik selalu ada kelas latihan olah vokal. Peranan dari hadirnya orang lain bisa membantu kalian dalam menyesuaikan kesalahan atau kekurangan pada latihan olah vokal yang sedang kalian tekuni. Meskipun begitu, bukan berarti kalian tidak bisa melakukan latihan olah vokal secara mandiri atau otodidak. 

Pemahaman tentang teknik olah vokal

Melatih olah vokal secara otodidak bukan hal yang sulit dilakukan saat ini. Informasi yang mudah didapat melalui internet dengan panduan teks maupun video bisa jadi acuan dasar kalian untuk mulai latihan olah vokal sendirian, Superfriends. Namun, masih jarang ditemukan yang secara informatif membahas teknik olah vokal yang dibutuhkan. Untuk itu, berikut adalah teknik olah vokal yang perlu kalian ketahui dan aplikasikan dalam latihan vokal sendirian di rumah.

Pernapasan

Mungkin kalian tidak asing lagi dengan teknik olah vokal satu ini. Pernapasan adalah salah satu teknik olah vokal yang dianggap sebagai teknik dasar yang perlu kalian kuasai sebagai seorang penyanyi, Superfriends. Pasalnya, ketika kalian bernyanyi, kalian akan mengeluarkan udara di dalam tubuh. Jika tidak punya kemampuan pernapasan yang baik, kalian akan mulai merasa lelah dan terengah-engah dalam bernyanyi. Bahkan sulit untuk mencapai nada bernyanyi yang harmonis dalam komposisi musik. Dalam mengasah teknik pernapasan olah vokal, ada tiga teknik yang bisa kalian coba lakukan.

  • Pernafasan Diafragma
  • Pernapasan Perut
  • Pernafasan Dada

Intonasi

Setelah kalian sudah menguasai teknik pernapasan untuk olah vokal, selanjutnya kalian bisa mulai mempelajari tentang intonasi. Salah satu teknik olah vokal ini perlu memerlukan tingkat konsentrasi dan sensitivitas yang tinggi. Sebagai seorang penyanyi, kalian harus bisa menentukan penempatan kata-kata atau lirik yang sesuai dengan nada yang sudah dibuat agar terciptanya harmonisasi dalam sebuah lagu Teknik olah vokal satu ini juga bisa membantu kalian yang ingin meningkatkan jangkauan nada yang lebih tinggi dari yang kalian bisa, Superfriends. 

Artikulasi

Dalam memantapkan olah vokal dalam bernyanyi, teknik selanjutnya yang perlu kalian kuasai adalah artikulasi. Artikulasi merupakan sebuah teknik olah vokal yang dapat membantu kalian untuk mengucapkan lirik dengan jelas dalam bernyanyi. Sebagai seorang penyanyi, artikulasi yang jelas cukup diperlukan agar pendengar bisa memahami pesan apa yang coba disampaikan dari lagu yang dinyanyikan.

Dalam menguasai teknik olah vokal satu ini, aspek fisik ternyata cukup punya pengaruh yang baik agar kalian bisa bernyanyi dengan lebih baik. Dalam mencoba latihan artikulasi untuk olah vokal, kalian perlu memastikan sikap badan yang tegak lurus dengan dada membusung serta pastikan kalian membuka mulut sebesar 3 ukuran jari untuk bisa mengeluarkan suara dengan volume yang besar dan bulat yang membantu artikulasi dalam bernyanyi jadi lebih jelas.

Resonansi

Resonansi merupakan salah satu teknik olah vokal yang dapat menjadi stimulan pada bagian pita suara. Sebagai seorang penyanyi kesehatan dan kekuatan pita suara tentu harus dijaga. Untuk meningkatkan kekuatan pita suara, latihan olah vokal dengan teknik resonansi ini bisa membantu kalian untuk mengeluarkan suara dengan lebih nyaring. Melatih teknik resonansi biasanya dilakukan di dalam ruangan agar kalian bisa mendengar kembali gema yang keluar dari nyanyian.

Tahapan latihan vokal secara otodidak

Setelah mengetahui teknik olah vokal yang dibutuhkan, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk bisa meningkatkan kualitas vokal secara otodidak.

Lakukan pemanasan

Sebelum mulai berlatih olah vokal sangat dianjurkan untuk lakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan saat latihan olah vokal dinilai dapat membuat tubuh menjadi rileks terutama pada area mulut, pipi, serta tenggorokan yang jadi pusat keluarnya suara. Selain itu, pemanasan dalam latihan vokal juga ditujukan agar mengurangi risiko cidera otot pada bagian tenggorokan dan pita suara. Dalam pemanasan latihan vokal, yang penting adalah meregangkan mulut sebesar-besarnya sekaligus juga melatih getaran lidah secara perlahan dari nada rendah ke nada tinggi, begitupun sebaliknya untuk mempermudah kinerja pita suara dalam memproduksi vokal sesuai kebutuhan kalian.

Kenali karakter vokal

Karakter vokal yang terus dioptimalisasi melalui latihan juga akan membantu kalian dalam mengartikulasikan lirik saat bernyanyi, Superfriends. Mengenali karakter vokal membantu kalian dalam mengetahui rentang nada maksimal yang kalian punya. Dengan melakukan latihan vokal secara rutin, kalian juga bisa secara perlahan meningkatkan rentang nada hingga maksimal.

Selalu sediakan waktu untuk latihan vokal

Sama halnya dengan olahraga, latihan olah vokal juga perlu dilakukan secara rutin. Ada baiknya kalian coba untuk menyediakan waktu untuk latihan vokal setiap harinya. Kalian bisa coba untuk gunakan lagu favorit maupun lagu karangan sendiri sebagai bahan latihan vokal. Biasakan untuk lakukan latihan vokal 15 hingga 30 menit setiap harinya agar kalian terbiasa untuk mencapai notasi-notasi yang sebelumnya sulit untuk dilakukan.

Image courtesy of PrinceOfLove / Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#tips #vokal #olah vokal # teknik vokal #latihan vokal #penyanyi

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /