Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Aktivitas Penghilang Penat di Sekitar Candi Prambanan, Bikin Liburan Lo Gak Monoton!

Author :

Article Date : 11/11/2019

Article Category : Extreme Action

Salah satu spot wisata yang ramai didatangi traveler di Yogyakarta adalah Candi Prambanan. Banyak orang terpesona dengan keindahan arsitektur bangunan candi di sana. Saat berkunjung ke Candi Prambanan, lo juga berkesempatan menjajal beragam aktivitas menarik yang ampuh meredam stres.

 

Apa saja kegiatan seru yang pas dijajal traveler selama berada di sekitar Candi Prambanan? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan dicek ya bro!

 

1. Menangkap Momen Sunrise di Candi Sewu

5 Aktivitas Penghilang Penat di Sekitar Candi Prambanan, Bikin Liburan Lo Gak Monoton! Photo Credit: @felixindrawan

Lo bisa menyambangi Candi Sewu di kompleks Candi Prambanan. Bentang ukuran utara-selatan bangunan bersejarah ini mencapai 185 meter, sementara ukuran timur-baratnya mencapai 165 meter. Mengelilingi area candi ini tentu akan membuat pengalaman libur lo terasa lebih seru.

 

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dijajal traveler di Candi Sewu. Contohnya seperti menelusuri sejarah candi serta berburu foto cantik. Waktu terbaik untuk menjepret foto di sini adalah pagi hari. Pasalnya, saat itu lo berkesempatan mendapat foto pemandangan sunrise yang memukau.

 

Candi Sewu juga menghadirkan aneka spot foto menarik, mulai dari bagian candi, pepohonan, hingga panorama langit pada waktu pagi atau sore hari. Setiap pintu masuk di candi ini disertai Arca Dwarapala yang memiliki tinggi lebih dari 2 meter. Wisatawan dapat mengunjungi Candi Sewu dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB dengan harga Rp 50.000 untuk  orang dewasa dan Rp 20.000 untuk anak-anak.

 

2. Menikmati Panorama Asri dan Udara Sejuk di Candi Ratu Boko

5 Aktivitas Penghilang Penat di Sekitar Candi Prambanan, Bikin Liburan Lo Gak Monoton! Photo Credit: PT TWC Borobudur, Prambanan, and Ratu Boko

Berlokasi di atas bukit setinggi 200 meter, Candi Ratu Boko menjanjikan pengalaman liburan yang seru kepada traveler. Situs ini menyajikan panorama sawah yang asri, bangunan candi yang indah serta kereta api yang lewat beberapa kali. Hal-hal menarik tersebut membuat Candi Ratu Boko disukai wisatawan.

 

Banyak pihak menjuluki candi ini sebagai situs lantaran wujudnya berupa reruntuhan dari sebuah istana. Panggilan tersebut juga mengacu pada tampilannya yang tidak mirip candi. Salah satu daya pikat terbesar Candi Ratu Boko adalah panorama sunset-nya yang sungguh menawan. Tak heran, banyak orang mengambil foto siluet dan landscape di area candi pada waktu sore hari.

 

Udara di sekitar situs ini juga terbilang sejuk karena lokasinya ditumbuhi banyak pepohonan dan rumput-rumput hijau. Traveler bisa menemukan Candi Ratu Boko di Gatak, Bokoharjo, Prambanan. Biaya yang perlu disiapkan wisatawan untuk memasuki situs ini hanya Rp 50.000 per orang. Murah sekali ‘kan bro?

3. Menjelajahi Keunikan Candi Plaosan

5 Aktivitas Penghilang Penat di Sekitar Candi Prambanan, Bikin Liburan Lo Gak Monoton! Photo Credit: affendy.wordpress.com

Tidak jauh dari Candi Prambanan, traveler dapat menemukan Candi Plaosan yang buka dari jam 08.00 WIB hingga 17.30 WIB. Banyak orang menghubungkan candi ini dengan kisah pernikahan Rakai Pikatan dengan Sri Kaluhuran. Rakai diketahui memeluk agama Hindu, sementara Sri  beragama Buddha.

 

Cerita tersebut kemudian membuat Candi Plaosan dikenal sebagai Candi Hindu-Buddha. Menurut  warga setempat, pasangan yang mengunjungi candi ini dipercaya bakal memiliki hubungan yang awet. Area candi ini terbagi atas Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Kedua candi tersebut hanya berjarak kurang lebih 200 meter.

 

Candi Plaosan cocok didatangi traveler penikmat fotografi. Lo bisa menjumpai aneka spot foto menarik yang dikelola masyarakat setempat. Selain itu, hal unik lain yang ditawarkan candi ini adalah titik sunset yang indah dan menggemaskan. Harga tiket masuk Candi Plaosan sangat murah, yakni Rp 3.000.

 

Jika membawa kendaraan pribadi, lo hanya perlu mengeluarkan biaya parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Traveler yang berangkat dari kota Yogyakarta bisa mengambil jalan menuju Prambanan. Setelah itu, beloklah ke kiri sebelum tiba di lampu merah Prambanan. Oke, bro?

[readalso url=18222]

4. Mengamati Ukiran Wayang dan Naga di Dinding Tebing Breksi

5 Aktivitas Penghilang Penat di Sekitar Candi Prambanan, Bikin Liburan Lo Gak Monoton! Photo Credit: paketwisatajogja75.com

Destinasi wisata ini pas dikunjungi kala keuangan menipis karena wisatawan tidak dikenakan tarif masuk alias gratis. Lo bisa menjumpai Tebing Breksi di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Pesona indah tebing bebatuan di sini kerapkali memesona wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Dinding tebing ini mempunyai ukiran wayang dan naga yang indah. Tak heran, salah satu kegiatan favorit pengunjung Tebing Breksi adalah mengambil gambar di beberapa spot foto. Beragam fasilitas yang disediakan tempat ini adalah toilet, area parkir luas, tempat ibadah, warung makan, panggung hiburan, dan spot camping.

 

 Bila mencari pengalaman unik, lo bisa mengelilingi daerah tebing ini dengan jasa jeep. Tebing Breksi berlokasi cukup dekat dengan Candi Ijo. Mengenai biaya sewa parkir, wisatawan tak perlu ambil pusing karena biayanya cukup murah, yakni berkisar Rp 2.000 hingga 10.000. Langsung ke sini ya bro!

 

5. Berburu Foto di Candi Ijo

5 Aktivitas Penghilang Penat di Sekitar Candi Prambanan, Bikin Liburan Lo Gak Monoton! Photo Credit: instagram.com/rianrvn

Panorama sunset yang nampak dari Candi Ijo juga tak kalah cantik dengan tempat-tempat lain. Lo bisa menjelajahi candi ini dari pukul 06.00 hingga 17.30 WIB. Candi bercorak Hindu ini kabarnya didirikan pada masa pemerintahan Kerajaan Medang, yakni sekitar abad ke-10 hingga 11.

 

Traveler baiknya mendatangi Candi Ijo pada waktu sore hari karena cuaca tidak terlalu panas. Sebelum berangkat, pastikan kamera sudah berada dalam tas agar lo bisa memotret keeelokan sunset di sini. Candi Ijo dibuka untuk pengunjung dari pukul 06.00 hingga 17.30 WIB. Tiket masuknya dijual seharga Rp 5.000 untuk wisatawan lokal serta Rp 10.000 untuk wisatawan mancanegara.

 

Demikian 5 kegiatan seru yang bisa lo lakukan di sekitar Candi Prambanan. Semoga informasi ini berguna buat lo yang hendak mencari pengalaman berbeda selama liburan di Yogyakarta. Jangan lupa mencoba 5 aktivitas di atas pada masa liburan ya bro!

[readalso url=3348]

Source: kompas.com

Feature Image - instagram.com/toto.handoko

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Extreme Action

Tentang Highlining, Olahraga Ekstrem yang Menantang Maut

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Tantangan Berat Gowes Sepeda dalam Kondisi Hujan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Atraksi Wisata Ekstrem yang Bisa Dilakukan di Wilayah Perairan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Tentang Zipline yang Populer di Kalangan Penggemar Olahraga Ekstrem

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Profil dan Cerita Tentang Chris Sharma Legenda Pendakian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

5 Makanan Paling Ekstrem di Dunia, Berani Coba?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Mengenal Bushcraft, Aktivitas Outdoor yang Beda dengan Survival

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

5 Jalur Pendakian Gunung Salak Favorit Pendaki Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Info Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting, Pemula Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Penyebab Pendaki Tersesat Saat Naik Gunung, Perhatikan!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /