Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Artis Hip Hop Indonesia yang Penuh Potensi

Author : Admin Music

Article Date : 22/07/2021

Article Category : Super Buzz

Musik hip hop sudah sejak lama menjadi genre musik yang populer di Indonesia. Hip hop juga mengiringi perjalanan sejarah dari perkembangan musik di Indonesia dan beberapa skena musik Tanah Air.

Dari perkembangan yang panjang itu, muncul beberapa artis hip hop atau musisi hip hop atau juga rapper Indonesia yang punya pengaruh besar di genre ini. Ambil contoh Iwa K yang merupakan contoh bahwa musik hip hop di Indonesia adalah bagian dari kisah panjang seorang manusia, bukan kisah dongeng penuh keajaiban yang melahirkan hal-hal fantastis dalam sekejap.

Singkatnya, Iwa K dan hip-hop Indonesia adalah dua entitas yang tidak bisa dipisahkan. Hampir selalu ada Iwa K dalam berkembangnya dan semakin populernya musik hip hop di Tanah Air. Tentu saja, Iwa K tak sendirian dalam mempopulerkan musik hip hop di Indonesia. Seiring waktu berjalan banyak musisi-musisi lain yang juga muncul dan membikin genre hip hop semakin dikenal luas di Indonesia.

Di era modern seperti sekarang, perkembangan musik hip hop nyatanya juga masih terus terjadi. Hal ini dibuktikan dengan lahirnya beberapa musisi hip hop atau rapper baru. Bahkan, beberapa di antara mereka kini punya prospek karier menjanjikan di panggung internasional.

Musisi Hip Hop: Ramengvrl

Musisi hip hop cewe satu ini memiliki suara husky yang membawakan chorus di lagu “Decide” milik Dipha Barus. Tahun 2017, lewat lagu “I’m da Man,” dengan berani dia menampilkan dirinya sebagai pendatang baru di skena hip hop. Melalui karya-karyanya, dara kelahiran Jakarta, 20 April 1992 ini memang dikenal sebagai musisi yang concern pada isu mental dan identitas diri. 

Ramengvrl berbeda dari rapper kebanyakan yang umumnya bersuara mengenai ketimpangan ataupun isu sosial dalam masyarakat. Ramengvrl banyak mengangkat tema-tema untuk memotivasi orang--terutama perempuan--agar lebih percaya diri dan mencintai dirinya sendiri. Be yourself. 

Kini setelah merilis 10 single sejak 2016, Ramengvrl akhirnya merilis album debutnya “Can’t Speak English” di November 2020. Tiga single utama telah dilepas yakni “Vaseline”, “Look At Me Now”, dan tentu saja “The Emo Song,”. Album yang rilis pada 20 November 2020 itu berada di naungan Juni Records dan label asal Amerika Serikat Empire. Sebuah label yang juga pernah merilis karya dari nama-nama besar seperti Iggy Azalea, Snoop Dogg, XXXTENTACION, dan masih banyak lagi. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Basboi (@bas.boi)

Musisi Hip Hop: Basboi

Basboi menjadi daftar musisi hip hop Indonesia yang punya potensi besar. Basboi mulai didengar beberapa tahun lalu, khususnya setelah melepas EP perdananya bertajuk Fresh Graduate pada 2019. Sejak saat itu, Basboi mulai melebarkan sayap kariernya dengan merantau ke Jakarta.

Perjalanan karier Basboi di tahun 2021 ini cukup terbilang mengesankan. Ching merupakan single kedua yang dirilis Basboi untuk proyek solonya setelah merilis Come Over (I’m In Tresno) pada bulan Februari lalu. Sedangkan, untuk proyek kolaborasi, pada 14 Maret lalu, BAP atau Kareem Soenharjo mengumumkan bahwa dirinya baru saja merampungkan proyek kolaborasi bersama Basboi. Kolaborasi antara BAP dan rapper muda asal Medan yang kini menetap di Jakarta ini lahir dalam bentuk maxi single berjudul Songs To Begal To.

Setelah hadir meramaikan industri musik Indonesia, Basboi akhirnya memiliki album debut. Album debut yang diberi tajuk Adulting For Dummies ini merupakan karya Basboi yang sudah digarap sejak tahun 2020.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ECKO SHOW (@eckoshowgtown)

Musisi Hip Hop: Ecko Show

Musisi satu ini sedang tenar dalam beberapa tahun terakhir berkat lagunya berjudul Kids Jaman Now. Ya, ia adalah Ecko Show, seorang penyanyi hip hop Indonesia yang mencuat karena salah satu lagunya mendadak viral pada 2017.

Penyanyi dengan nama asli Istianto Eko Poernomo ini lahir di Gorontalo, Sulawesi, pada 17 September 1986. Awal kariernya sebagai seorang rapper dimulai pada 2006 dengan bergabung bersama GHC yang saat itu masih bernama HipHop Hulondhalo. Ecko Show lantas bergabung dengan IMR Record pada 2007 dan mengeluarkan album kompilasi HipHop Sulawesi bersama MCG. Setelah berpisah dari IMR Record, Ecko Show lantas mengambil jalur independen dalam berkarya.

Nama panggung Ecko Show yang digunakan oleh Istianto Eko Poernomo ternyata memiliki asal mula yang unik. Ia menceritakan bahwa panggilan ini sudah didapatkan sejak ia masih bersekolah di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Nama Ecko Show semakin dikenal karena karya lagunya pada 2017 berjudul Kids Jaman Now. Ketika istilah kids jaman now atau dalam bahasa Indonesia berarti anak zaman sekarang kerap digunakan dalam pergaulan kiwari.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Matter Mos (@mattermos)

Musisi Hip Hop: Matter Mos

Rapper muda satu ini sering berkolaborasi dengan beberapa musisi seperti Bam Mastro, Herdi’Oflo, dan Dipha Barus. Dengan bahasa Inggris yang fasih dan flow yang mantap seperti di lagu “Decide”, rap Matter Mos benar-benar terdengar legit. Kalian juga bisa menikmati lagu seperti “Spread Love” di EP “Mardial & Friends”, di mana Matter Mos mencampurkan Bahasa Inggris dan Indonesia dalam rap-nya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by A. Nayaka (@arielnayaka)

Musisi Hip Hop: A. Nayaka

Pernah menghabiskan masa kecil di Texas Amerika Serikat bikin A. Nayaka andal bikin lirik dalam Bahasa Inggris sekaligus melafalkannya dengan rap flow yang keren. Dalam diskografinya, A. Nayaka sudah merilis album Curriculum Vitae sampai Cadence Blue.

Produktivitas A. Nayaka di tahun 2021 juga terbilang cukup tinggi. Ambil contoh lagu berjudul 4OAK yang dirilis pada Februari lalu. A. Nayaka sudah lebih dulu merilis EP ketika pandemi COVID-19 menuntut pemerintah untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ya, EP termutakhir dari A. Nayaka bertajuk Carakarantina sudah mendarat lebih dulu pada tahun lalu. Ia merekam dan menyusun EP ini selama masa karantina akibat pandemi. Melaluinya, adalah 8 track yang mengisi repertoar berdurasi total 23 menit ini.

 

Image source: Instagram/A. Nayaka

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hip Hop #Rap #rapper # nayaka # ramenguvrl #basboi #ecko show

0 Comments

Comment
Other Related Article
Pentingnya Paham Pengertian Artikulasi dalam Bernyanyi

Pentingnya Paham Pengertian Artikulasi dalam Bernyanyi . . . .

27 September 2021

Super Buzz

Gelar Konser, The Script Rilis Album Kompilasi Untuk Pemanasan

Gelar Konser, The Script Rilis Album . . . .

27 September 2021

Super Buzz

Warna Baru Bilal Indrajaya Tertuang di “Niscaya”

Warna Baru Bilal Indrajaya Tertuang di . . . .

27 September 2021

Super Buzz

8 Band Rock yang Tak Pernah Ganti Personel Hingga Sekarang

8 Band Rock yang Tak Pernah . . . .

26 September 2021

Super Buzz

Corey Taylor Tinggal Rekam 3 Lagu, Album Baru Slipknot Segera Rampung

Corey Taylor Tinggal Rekam 3 Lagu, . . . .

26 September 2021

Super Buzz

Gavendri Gandeng Endah N Rhesa di Single ‘Should I’

Gavendri Gandeng Endah N Rhesa di . . . .

26 September 2021

Super Buzz

Jangan Rekam Cover Lagu tanpa 5 Alat Ini

Jangan Rekam Cover Lagu tanpa 5 Alat Ini

25 September 2021

Super Buzz

Enola Mantap Merilis EP “Does Anyone Else”

Enola Mantap Merilis EP “Does Anyone Else”

25 September 2021

Super Buzz

Cara Explosions In The Sky ungkapkan Cinta Ke Kampung Halaman

Cara Explosions In The Sky ungkapkan . . . .

25 September 2021

Super Buzz

Menilik Sejarah dan Perkembangan Musik Country

Menilik Sejarah dan Perkembangan Musik Country

24 September 2021

Super Buzz

1 /