Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Bassist Ikonis dengan Permainan Memukau

Author : Admin Music

Article Date : 11/07/2021

Article Category : Super Buzz

Ketika berkeinginan untuk menjadi musisi, mungkin menjadi penyanyi, gitaris, serta pemain drum lebih sering jadi pilihan banyak orang. Padahal dalam sebuah band kehadiran sosok bassist yang mumpuni juga jadi penting agar menghadirkan harmoni yang kuat di setiap karya yang dibuat. Beberapa musisi legendaris seperti Carol Kaye mengatakan bahwa bassist memegang peran fundamental dalam pembentukan irama lagu. Bassist memegang peran untuk mengarahkan penabuh drum agar permainannya tetap selaras dan harmonis.

Meskipun sempat mengalami kalah pamor dibandingkan dengan profesi musisi lainnya, beberapa tahun ke belakang sudah mulai banyak bassist yang juga merangkap jadi multi instrumentalist dan berhasil membuktikan bahwa menjadi pemain bass bukanlah hal yang membosankan. Sama halnya dengan menjadi pemain gitar, agar menjadi bassist yang mumpuni dan berkualitas, kalian juga perlu mendalami beberapa teknik dari mudah yang rumit. Karena dianggap sebagai alat musik untuk membentuk pondasi, setiap teknik yang dikuasai oleh bassist diperlukan dalam membentuk warna suara yang selaras dengan apa yang diinginkan oleh benak kalian, Superfriends.

Bagi yang penasaran siapa saja bassist yang mampu berhasil menjadi musisi yang ikonis, berikut daftarnya.

 

Kim Gordon menjadi salah satu nama lagi bassist pemula yang berhasil mengubah lanskap musik secara luas. Ketika dirinya baru bergabung ke dalam Sonic Youth, bassist perempuan ikonis ini memang dikenal tidak memiliki keistimewaan untuk bermain alat musik, bahkan untuk menjadi bassist sekalipun. Namun hal tersebut tidak membuat bassist dan pendiri Sonic Youth ini merasa minder. Bahkan kesempatan eksplorasi hal baru membuat bassist Sonic Youth tersebut berhasil menemukan gaya bermain musik yang tidak hanya nyaman tapi juga menjadi ikonis hingga menginspirasi musisi indie rock lainnya di masa tersebut. 

  1. Thundercat

    supermusic0

    Bagi kalian yang gemar mendengarkan musik dari genre R&B, soul, jazz, serta hip hop, tentu memahami betapa pentingnya peran bass dalam lagu tersebut. Di zaman modern ini, Thundercat dianggap sebagai sosok bassist yang mampu menghadirkan permainan yang menawan dengan kemampuan teknis yang cukup beragam. Kemampuan bassist serba bisa ini pun mendapatkan pengakuan dari beberapa musisi ternama yang pernah bekerja sama dan selalu puas dengan hasil yang dikreasikan bersama. Thundercat sempat mengisi posisi bassist untuk proyek musik yang dilakukan oleh Kendrick Lamar, Janelle Monáe, Flying Lotus, Kamasi Washington, Erykah Badu, hingga Childish Gambino.

  2. Duff McKagan

    supermusic1

    Selain Axl Rose dan Slash, ada satu sosok yang kerap kali dilupakan oleh para penikmat musik tentang kontribusinya terhadap kebesaran Guns N’ Roses. Sosok tersebut adalah Duff McKagan yang merupakan bassist dari band rock ternama asal Amerika Serikat tersebut. Perlu dipahami bahwa peran sang bassist juga cukup besar dalam membentuk karakteristik musik khas Guns N’ Roses. Pasalnya, selain Axl Rose dan Slash, Duff McKagan juga memiliki porsi yang sama besarnya dalam keputusan kreatif kala mereka menggarap album Appetite for Destruction and the Use Your Illusion yang membantu Guns N’ Roses meraih popularitas secara internasional. 

    Diketahui bahwa sebelum bergabung ke dalam band tersebut, Duff McKagan tidak mengerti permainan bass sama sekali, karena di masa muda dirinya memutuskan belajar musik untuk menjadi gitaris dan penabuh drum. Ketika memutuskan untuk mempelajari peran sebagai bassist lebih jauh, Duff McKagan mencampurkan banyak ciri khas dan teknik yang berasal dari punk serta R&B.

  3. Peter Hook

    supermusic2

    Di ranah post punk, siapa yang tidak kenal Peter Hook, bassist yang sempat mengisi posisi di band legendaris Joy Division dan juga New Order ini memang dikenal dengan gaya permainannya yang ikonis. Berada di band yang mengusung musik statis, membuat bassist ikonis satu ini harus menghadirkan permainan musik yang berbeda agar menghadirkan harmoni. 

    Bassist yang pernah mengisi formasi untuk Joy Division dan New Order ini juga dikenal sebagai salah satu bassist yang memilih memainkan chord dalam jangkauan tangga nada yang tinggi daripada nada dasar rendah sebagaimana permainan bass pada umumnya. Kebiasaan Peter Hook ini didasari bahwa ketika muda dirinya tidak memiliki amplifier yang baik, sehingga sang bassist tidak mampu mendengar permainanya di nada rendah. Bahkan sebagian besar karya kolektifnya dalam dua band tersebut, bassist ikonis ini malah dianggap jadi lead instrumentalist yang berhasil membuat musik jadi lebih hidup. 

  4. Kim Gordon

    supermusic3

    Menurut sang bassist, dirinya hanya mengeluarkan usaha seminimal mungkin. Banyak orang menyamakan permainan bassist Sonic Youth ini sama dengan gemuruh kereta bawah tanah. Status namun memiliki kedalaman dalam membentuk sebuah nuansa garang. Hal tersebut dibutuhkan agar para anggota Sonic Youth lainnya dapat bersinar dengan permainan musik yang cenderung liar.
  5. Lemmy Kilmister

    supermusic4 

    Tampaknya dalam daftar bassist ikonis rasanya akan kurang pas jika tidak menyantumkan sosok Lemmy Kilmister. Meskipun bukan satu-satunya frontman band yang juga memegang peran sebagai bassist. Namun permainan musik yang dibawakan selalu berhasil jadi inspirasi bagi musisi muda yang ingin mendalami permainan musik rock yang lebih kompleks. Sebagai seorang bassist, Lemmy Kilmister tidak membatasi potensi alat musik yang dipegangnya. Bahkan permainan musiknya sebagai bassist dianggap sebagai salah satu elemen penting dalam pembentukan karakteristik musik Motorhead yang tidak hanya garang tapi juga memiliki tempo yang cepat. Lemmy Kilmister juga dinilai sebagai seorang bassist yang eksploratif. Banyak pedal efek yang biasanya ditemukan di gitar dirinya gunakan dalam merealisasikan segala bentuk ide bermusiknya.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Bassist #pemain bass #lemmy kilmister #Peter Hook #thundercat # Kim Gordon #Duff McKagan

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /