Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Cara Memainkan Drum untuk Pemula

Author : Admin Music

Article Date : 10/07/2021

Article Category : Super Buzz

Dalam sebuah band, drum menjadi salah satu alat musik yang cukup digemari. Kegemaran yang hadir ini bisa datang dari rasa kagum akan idola yang juga merupakan pemain drum atau memang merasa keren karena kompleksitas yang ditawarkan. Kompleksitas tersebut juga yang membuat cara memainkan drum tidak bisa dibilang mudah. Jika belajar gitar bisa dilakukan secara otodidak, tidak jarang orang memutuskan mengikuti kursus secara eksklusif dalam mengetahui cara bermain drum yang baik dan benar.

Pemahaman cara bermain drum yang baik dan benar memang penting sebagai dasar untuk berkarier sebagai seorang penabuh drum dalam sebuah band. Namun hanya mengetahui cara bermain drum yang baik dan benar saja rasanya menjadi kualifikasi yang terlalu dini dalam kebutuhan bermusik. Beda dengan alat musik lainnya yang dapat ditentukan dengan tangga nada, penabuh drum harus bisa menghadirkan harmonisasi dari ketukan. 

Oleh karena itu, bagi pemula disarankan untuk secara tekun belajar bermain drum dengan panduan agar juga bisa membangkitkan kemampuan untuk memahami ritme sehingga dapat melengkapi cara memainkan drum untuk bisa diaplikasikan dalam sebuah band. Bagi kalian yang punya keinginan untuk menjadi seorang drummer dalam sebuah band, mungkin beberapa langkah ini bisa membantu dalam menemukan cara memainkan drum yang sesuai dan cepat, ya Superfriends.

  1. Kenali peralatan drum secara lengkap

    Berbeda dengan alat musik lainnya yang mudah dibawa-bawa dan dapat dipinjam, saat belajar cara memainkan drum, memiliki alat musik yang besar dengan elemen yang banyak tersebut jadi sebuah keharusan. Meskipun di tempat kursus akan disediakan drum untuk kalian berlatih, tetap saja memiliki drum sendiri di tempat tinggal jadi penting untuk bisa mengaplikasikan apa saja yang telah dipelajari sebelumnya. 

    Sebelum mulai membeli drum, ada baiknya kalian lakukan riset terlebih dahulu, Superfriends. Riset ini bisa dilakukan agar kalian lebih memahami aspek apa saja yang kalian temukan dalam satu set alat musik drum. Secara mendasar, satu set drum dilengkapi dengan snare, tom, floor tom, crash, hi hat, ride, serta kick bass. Namun jika kalian sudah menemukan cara memainkan bass yang sesuai dan ingin melakukan eksplorasi, kalian bisa menambahkan alat musik perkusi lainnya. 

  2. Pilih stick drum yang tepat

    Selain mengenal apa saja yang ada dalam satu set drum, kalian juga perlu memilih ukuran serta jenis stick drum yang tepat dalam belajar cara memainkan drum sebagai pemula. Jenis stick drum ini ada banyak dengan ukuran yang bermacam-macam. Pastikan untuk melakukan riset atau menanyakan kepada instruktur dalam mencari stick drum yang cocok bagi pemula. 

    Biasanya untuk stick drum pemula bobotnya lebih ringan dari yang biasanya. Bobot yang ringan ini akan memudahkan kalian dalam belajar cara memainkan drum menggunakan pergelangan tangan. Sehingga dapat menjaga momentum serta ritme dengan mengayun. Jika kalian sudah merasa percaya diri, kalian bisa mulai memilih ukuran dengan bobot yang lebih berat, Superfriends. Perbedaan ini tentu akan memberikan pengalaman serta resonansi suara yang berbeda juga saat kalian mulai menabuh drum nantinya. 

  3. Jaga postur tubuh dengan baik

    Terbiasa untuk menjaga postur dengan baik saat bermain drum juga merupakan langkah belajar cara memainkan drum yang baik dan benar bagi pemula. Hal ini penting, karena di atas panggung sebagai pemain drum kalian akan terus-terusan duduk dalam waktu yang lama. Meskipun terkesan tidak akan terasa pegal, postur tubuh yang baik akan memudahkan sendi serta pergelangan kalian agar bisa menemukan cara memainkan drum yang lebih efisien, sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan tenaga secara berlebihan yang gampang membuat lelah. Untuk menjaga postur tubuh saat belajar cara memainkan drum bagi pemula, biasakan untuk tetap menjaga postur tetap tegap dengan kepala yang agak menunduk sedikit. 

  4. Memahami ritme

    Sebagaimana yang telah diinformasikan di atas, bahwa cara memainkan drum yang baik dan benar tidak akan menjamin kalian dalam menghasilkan harmoni saat bermain musik. Langkah selanjutnya yang kalian perlukan adalah memahami ritme saat bermain drum. Drum menjadi poros ketukan yang menjaga harmonisasi lagu. Untuk itu, kalian perlu mempelajari ritme dari ketukan ini. Kalian bisa mulai dengan seperempat ketukan, laltu seperdelapan ketukan. Selain itu, latih teknik ritme lainnya seperti downbeat. 

    Setelah memahami ritme ketukan, mulai gabungkan permainan snare, kick dengan hi hat. Hi hat juga bisa jadi acuan tempo untuk kalian dalam menemukan cara memainkan drum yang efisien. Dalam belajar cara memainkan drum dengan langkah satu ini, pastikan kalian menggunakan metronom agar bisa mengikuti ketukan dengan tepat dalam tempo yang berbeda-beda.

  5. Lakukan sticking di waktu luang

    Sticking biasanya digunakan sebagai sarana pemanasan dalam cara memainkan drum untuk pemula. Selain itu, sticking juga bisa membantu otot pergelangan tangan kalian menjadi terbiasa dan kuat untuk bermain drum dalam waktu yang lama. Pastikan untuk selalu melakukan sticking di waktu luang. Kalian bisa beli sticking pad drum agar tidak merusak stick drum atau permukaan furnitur yang ada di dalam rumah. Pastikan untuk membeli sticking drum pad yang berkualitas tinggi agar tahan lama, ya Superfriends.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#drum # alat musik #cara memainkan drum #drum untuk pemula #alat musik pemula

0 Comments

Comment
Other Related Article
Pale Waves Beri Bocoran Sedang Garap Album Ketiga

Pale Waves Beri Bocoran Sedang Garap Album Ketiga

16 October 2021

Super Buzz

The Panasdalam Bank Awali EP Baru dengan Single ‘Kamu Orang Gula’

The Panasdalam Bank Awali EP Baru . . . .

16 October 2021

Super Buzz

Mari Rayakan Semangat Hellprint: Spirit Of The Decade

Mari Rayakan Semangat Hellprint: Spirit Of . . . .

16 October 2021

Super Buzz

Tips dan Langkah-langkah Membuat Studio Rekaman di Rumah

Tips dan Langkah-langkah Membuat Studio Rekaman . . . .

16 October 2021

Super Buzz

Bangkutaman Rilis Album Ketiga Setelah Penantian Lama

Bangkutaman Rilis Album Ketiga Setelah Penantian . . . .

15 October 2021

Super Buzz

Placebo Rilis Single Baru setelah 5 Tahun Lamanya

Placebo Rilis Single Baru setelah 5 Tahun Lamanya

15 October 2021

Super Buzz

5 Teknik Bernyanyi yang Bantu Jaga Vokal Tetap Prima

5 Teknik Bernyanyi yang Bantu Jaga . . . .

15 October 2021

Super Buzz

“Same Shoes, No Company” Lanjutan Langkah BAP Menyambut Album Baru

“Same Shoes, No Company” Lanjutan Langkah . . . .

14 October 2021

Super Buzz

Ada Paul Pogba di Panggung Burna Boy

Ada Paul Pogba di Panggung Burna Boy

14 October 2021

Super Buzz

Inilah 5 Lagu Rock yang Terinspirasi Film Horor

Inilah 5 Lagu Rock yang Terinspirasi Film Horor

14 October 2021

Super Buzz

1 /