Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Cara Memilih Senar Gitar yang Baik untuk Pemula

Author : Admin Music

Article Date : 05/08/2021

Article Category : Super Buzz

Bagi seorang gitaris, memilih senar gitar yang baik dan sesuai sama pentingnya dengan memiliki gitar idaman. Pasalnya, tanpa memilih senar gitar yang baik, maka kualitas dari gitar idaman dengan harga mahal sekalipun bisa tidak menghasilkan kualitas suara yang baik. Oleh karena itu, mencari tahu tentang cara memilih senar gitar yang baik cukup diperlukan informasinya, apalagi jika kalian yang baru saja ingin merealisasikan impian sebagai pemain gitar pemula, Superfriends.

Dalam menentukan cara memilih senar gitar yang baik, tentu saja kalian perlu mengetahui informasi teknis mengenai senar. Sering kali riset terkait hal-hal teknis dilewatkan karena membosankan, terlebih dengan memilih senar gitar yang terkesan minor. Padahal, jika kalian menggali lebih dalam tentang cara memilih senar gitar, hal tersebut akan menguntungkan kalian. Tidak hanya dari segi kreativitas, tapi juga dalam membuat kalian tidak rugi karena harus mengganti senar gitar dalam waktu yang singkat.

Berikut adalah beberapa langkah untuk memilih senar gitar yang baik dan juga sesuai

  1. Pahami jenis material senar

    Sebagaimana yang kalian ketahui, jenis gitar cukup beragam. Secara umum kalian mengetahui tentang gitar klasik, akustik, serta gitar elektrik. Dari ketiga jenis gitar yang berbeda, kalian juga perlu menentukan cara memilih senar gitar yang berbeda juga. Salah satu hal yang bisa kalian lakukan pertama adalah memahami jenis material dari pembuatan senar gitar tersebut.

    Umumnya, dalam memilih senar gitar akustik maupun elektrik, kalian akan menemukan informasi material baja, nikel, dan tembaga dalam kemasan satu set senar. Ketiga jenis material tersebut menawarkan karakteristik dan kegunaan yang berbeda. Kegunaan yang berbeda tersebut bisa kalian temukan dengan membaca informasi detail, seperti 80/20 bronzephosphor bronze, dan coated string. Informasi tersebut menunjukan detail karakteristik senar yang akan kalian gunakan nantinya alangkah baiknya tentukan terlebih dahulu apa yang kalian butuhkan, Superfriends. Jika kalian memiliki gitar klasik, untuk senarnya sendiri hanya tersedia dari material nylon.

  2. Perhatikan tension dari senar

    Selanjutnya, dalam memilih senar yang baik dan sesuai, kalian juga perlu memerhatikan tegangan atau tension yang akan dihasilkan oleh senar gitar baru kalian saat sudah terpasang dengan baik. Untuk gitar klasik, memilih senar gitar bisa dengan memerhatikan dari jenis tegangan yang ditawarkan, seperti light, normal, maupun high tension. Tegangan ini nantinya akan memengaruhi kenyamanan bermain gitar.

    Jika kalian merupakan pemula, ada baiknya untuk memilih senar gitar dengan tegangan yang rendah. Tegangan yang rendah saat memilih senar gitar memberikan kemudahan pada kalian untuk menekan senar lebih ringan sehingga nada yang dimainkan akan tidak rentan sumbang. Namun perlu diingat, karena tegangannya rendah, maka karakteristik suaranya tidak akan terlalu besar. Jika kalian sudah terbiasa, barulah memilih senar gitar dengan tingkat ketegangan tinggi untuk lebih memaksimalisasi keahlian permainan gitar.

  3. Cari tingkat ketinggian senar yang sesuai

    Selain ketegangan senar, tingkat ketinggian senar atau action juga jadi salah satu faktor kenyamanan dalam bermain gitar. Oleh karena itu, pastikan kalian memilih senar gitar dengan tingkat ketinggian atau action yang sesuai. Biasanya, senar dengan action tinggi dipadankan dengan tension senar gitar yang rendah. Meskipun tinggi, karena tingkat tegangannya yang rendah memilih senar gitar dengan jenis satu ini akan tetap memberikan kemudahan dan kejernihan suara gitar dengan baik. Begitu juga sebaliknya dengan senar gitar dengan tension yang tinggi makan action-nya akan rendah.

  4. Pilih ukuran senar sesuai dengan kebutuhan

    Ketika kalian memilih senar gitar, jangan lupakan juga tentang ukurannya. Secara umum, ukuran senar gitar terbagi jadi tiga, yaitu 009, 010, dan 011. Namun ada beberapa jenis ukuran senar gitar yang lebih rendah maupun lebih besar dari ketiga ukuran tersebut. Perlu dipahami semakin besar ukuran senar, maka kekuatan jari yang diperlukan juga akan semakin besar. Jadi bagi pemula ada baiknya untuk memilih ukuran rendah maupun sedang. Meskipun begitu, semuanya kembali lagi kepada kebutuhan, karena ada juga pemain gitar profesional yang memilih menggunakan ukuran senar rendah atau sedang karena lebih nyaman saat dimainkan.

  5. Lapisan senar agar awet

    Tidak banyak produsen senar yang menawarkan lapisan senar pada paket penjualannya. Oleh karena itu, kalian bisa memilih senar gitar yang sudah memiliki lapisan anti karat jika tertarik untuk mencari senar baru. Soal harga, memilih senar gitar dengan lapisan anti karat akan lebih mahal dari jenis senar gitar lainnya. Meskipun begitu, kalian tidak perlu khawatir tentang umur senar gitar yang kalian pilih. Pasalnya, senar gitar tersebut akan lebih awet di kondisi udara yang lembab seperti di Indonesia. Senar yang berkarat juga bisa disebabkan dari tangan kalian yang mudah berkeringat. Kalian juga bisa membersihkan senar sehabis pemakaian dengan lap kering agar membuat senar jadi lebih awet.

Image courtesy of sophon/Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Gitar #Gitaris #tips

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /