Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

paspor

Author : Admin Adventure

Article Date : 26/11/2021

Article Category : Tips

Untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, tentu banyak dokumen yang harus dipersiapkan. Mulai dari paspor hingga visa yang harus diurus jauh-jauh hari sebelum perjalanan, harus dipersiapkan demi bisa mengunjungi Negara tujuan. Tapi, bagaimana kalau paspor tiba-tiba hilang ketika sudah melakukan perjalanan? Jangan panik dan baca tips berikut ini!

Siapa sih yang mau kejadian nggak diinginkan terjadi saat lagi berjalan-jalan di luar negeri? Dimanapun kejadiannya, tentu nggak ada yang mau ya, Superfriends. Kebayang kan, gimana ribetnya kalau lagi jalan-jalan lalu sadar bahwa paspor hilang?

Nggak perlu takut dan panik kalau-kalau hal ini terjadi ya, Superfriends. Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya simak lengkap 5 hal yang wajib dilakukan saat kehilangan paspor di luar negeri berikut ini!

Jangan Panik dan Telusuri Jalan Sebelumnya

Image source: pexels.com/@valeriiamiller

Rasa panik memang pasti datang disaat menyadari akan kehilangan sesuatu, apapun itu bendanya. Reaksi ini bisa membuat lo terlihat berlebihan dan malah memancing perhatian orang lain. Maka dari itu, rasa panik harus dikendalikan supaya nggak memancing oknum nggak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan.

Cobalah untuk tetap tenang dan mulai menelusuri jalan maupun lokasi yang sebelumnya didatangi atau lewati. Tetap fokus untuk mencari terlebih dahulu ya, Superfriends.

Tanya Security atau Kepolisian Setempat

Image source: unsplash.com/@thenewmalcolm

Kalau pencarian yang sudah dilakukan nggak membuahkan hasil, cobalah untuk mencari ke bagian informasi, security, maupun kantor kepolisian terdekat. Bisa jadi ada orang yang menemukan dan memberikannya kepada pihak berwajib di lokasi tersebut.

Jelaskan apa yang terjadi kepada pihak berwajib dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti ya, Superfriends. Jangan lupa untuk tetap tenang saat menjelaskannya, Superfriends.

Lapor ke KBRI

Image source: unsplash.com/@nickgunner

Nggak perlu pusing jika memang sulit untuk menemukan paspor yang hilang, segera datang ke KBRI di Negara tersebut. Sampaikan keluhan yang terjadi mengenai kehilangan paspor dengan pihak terkait, dan pastikan langsung membuat SPLP atau Surat Perjalanan Laksana Paspor.

Sebab, dengan begini lo tetap bisa melanjutkan perjalanan ke destinasi tujuan dalam kondisi legal dan aman meski paspor nggak ada di genggaman, Superfriends.

Pastikan menyimpan foto paspor di ponsel

Image source: shutterstock.com/AlAleu

Kalau foto pacar aja bisa disimpan di ponsel, tentu foto paspor beserta isinya juga bisa dong, Superfriends. Pastikan lo sudah mengambil gambar paspor beserta isinya dan disimpan dalam folder foto di ponsel.

Hal ini bisa berguna ketika menghadapi situasi seperti ini, Superfriends. Selain diambil gambarnya, lo juga bisa fotocopy keseluruhan paspor. Yang terpenting lo tetap menyimpan data salinan dari paspor, baik fotonya ataupun salinan berupa fotocopy, Superfriends.

Segera Urus Paspor Baru Saat Sampai di Indonesia

Mengurus paspor mungkin nggak terlalu ribet, tapi jangan sampai disepelekan dan menunda untuk mengurusnya, ya. Segeralah buat kembali paspor yang baru, setelah itu jangan lupa dijaga dengan baik, Superfriends.

Untuk mengantisipasi agar kejadian buruk nggak terjadi lagi, cobalah untuk meletakkan paspor di tempat yang aman dan mudah dijangkau tangan. Pastikan benda ini nggak pernah luput dari pandangan mata ya, Superfriends. Jangan sampai kehilangan lagi, ya!

Nah, itulah 5 hal yang wajib dilakukan saat kehilangan paspor di luar negeri.  Meskipun nggak ada yang mau kejadian ini menimpa siapapun itu, ada baiknya lo mengantisipasi kalau-kalau hal ini terjadi. Dan yang paling penting, jangan sembarang meletakkan benda kecil ini ya, Superfriends!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Urban Action #Solo Travelling #Beginner #traveling

Source:https://review.bukalapak.com/travel/passport-hilang-di-luar-negeri-64779

0 Comments

Comment
Other Related Article
Tips Panjat Tebing

Tips Panjat Tebing Beserta Manfaatnya, Gak . . . .

02 December 2021

Tips

Pesta BBQ

Tips Hemat dan Seru Pesta Barbeque . . . .

01 December 2021

Tips

tips bisnis

Tips Singkat Buat Sukses dalam Berbisnis

01 December 2021

Tips

tips hemat traveling

Tips Hemat Traveling dengan Keuangan Terbatas

01 December 2021

Tips

Tips

Tips Menyelamatkan Jiwa Saat Cuaca Dingin . . . .

30 November 2021

Tips

tips traveling

Tips Asyik Traveling Bareng Teman Kantor . . . .

30 November 2021

Tips

makanan camping

Makanan Ini Wajib Dibawa Saat Camping, . . . .

29 November 2021

Tips

sepatu trail running

Tips Memilih Sepatu Trail Running yang . . . .

28 November 2021

Tips

glamping

Tips Nyaman Staycation ala Glamping Biar . . . .

28 November 2021

Tips

mendaki gunung pemula

Tips Mudah dan Efektif untuk Mendaki . . . .

27 November 2021

Tips

1 /