Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Lagu Country Modern yang Bisa Jadi Inspirasi

Author : Admin Music

Article Date : 01/12/2021

Article Category : Super Buzz

Bagi beberapa penikmat musik dunia, mungkin lagu country jadi salah satu genre lagu yang cukup dianggap angin lalu. Padahal, dalam sejarah perkembangan musik rock dan pop, lagu country juga jadi salah satu genre yang cukup membantu memperluas musik rock dan pop ke berbagai latar belakang penikmat musik. Musisi ternama yang cukup identik dengan karya-karya lagu country di antara lainnya adalah Johnny Cash, Crosby, Stills & Nash, The Eagles, hingga Taylor Swift membangun karier bermusik mereka di bawah payung genre tersebut.

Seiring perkembangan zaman saat ini, lagu country juga tidak lagi memiliki fokus penulisan tentang kampung halaman atau tema yang berbau tradisional. Sudah cukup banyak lagu country modern yang juga memperkenalkan sudut pandang luas melalui komposisi lagunya. Beberapa media luar negeri baik musik maupun gaya hidup juga ikut mencatat perkembangan genre tersebut dengan merilis daftar lagu country terbaik versi mereka. Lagu country yang dirangkum merupakan paduan dengan genre pop, rock, serta elemen musik modern lainnya.

Bagi kalian yang ingin mencoba menikmati lagu country sebagai tambahan inspirasi dalam bermusik, mungkin kumpulan lagu berikut bisa jadi pilihan untuk didengarkan, Superfriends.

  1. Wasted Time - Kings Of Leon

    Mungkin kalian mengenal Kings Of Leon sebagai salah satu band yang mempopulerkan genre southern rock di tahun 2000-an hingga 2010-an. Namun, istilah tersebut sebenarnya merupakan terminologi lagin dari genre musik yang membawakan lagu country rock. Di awal kehadirannya, musik rock yang disuguhkan oleh Kings Of Leon cukup terpengaruh dengan nuansa lagu country. Salah satunya adalah Wasted Time. 

    Lagu country rock dari Kings Of Leon ini merupakan salah satu single yang dirilis dalam merayakan album perdana mereka, Youth & Young Manhood di tahun 2003. Dalam lagu country rock dari Kings Of Leon ini, proses penulisannya cukup dibuat sederhana menceritakan tentang masa sulit yang dijalani oleh seluruh anggota band yang merupakan anggota keluarga. Dengan warna musik yang lebih garang, Kings Of Leon berhasil menghadirkan wajah baru untuk memperkenalkan lagu country rock ke audiens yang lebih luas. 

  2. Lodi - Creedence Clearwater Revival

    Jauh sebelum hadirnya Kings Of Leon sebagai salah satu band alternatif yang memperkenalkan warna musik berbeda dari lagu country, hadir Creedence Clearwater Revival yang dianggap membuka jalur tersebut. Lodi merupakan salah satu lagu country rock yang dirilis oleh Creedence Clearwater Revival pada tahun 1969 dan cukup populer di kalangan penikmat musik rock secara luas. Bahkan, lagu country rock ini juga berhasil mendapatkan posisi yang cukup tinggi di tangga lagu Billboard beberapa pekan setelah rilis. 

    Aspek penulisan dan komposisi musik jadi hal yang punya andil besar dalam membuat lagu country rock ini diterima oleh banyak penikmat musik kalangan. Tanpa mengurangi kadar musik country, Lodi juga menyuguhkan sentuhan aliran musik yang tengah populer kala itu seperti rockabilly, blues, hingga R&B.

  3. 22 - Taylor Swift

    Jika membicarakan soal lagu country pop, tampaknya Taylor Swift jadi salah satu nama yang cukup berhasil menembus papan atas industri musik. Meskipun saat ini, musik yang dibawakan oleh sang musisi cenderung ke arah pop modern, karya dan album dari Taylor Swift di masa awal kariernya cukup kental berlandaskan nuansa lagu country. Salah satu karya modern yang masih punya napas lagu country adalah 22.

    Lagu country pop dari Taylor Smith ini diambil dari salah satu album yang cukup mendapatkan atensi global, Red yang dirilis pada tahun 2012. Lagu country dari Taylor Swift ini dinilai punya komposisi yang cukup catchy yang dianggap sebagai arahan utama sang musisi mengubah gaya bermusiknya saat ini. Melalui single 22, secara apik Taylor Swift memadukan unsur pop modern dengan khas musik country untuk bisa didengar oleh banyak pendengar dari berbagai latar belakang.

  4. In The Sun - She and Him

    Tidak bisa dipungkiri bahwa She and Him merupakan salah satu unit indie pop yang unik. Duo garapan Zooey Deschanel dan M. Ward ini memadukan keunikan cara mereka menulis lagu pop dengan sentuhan lagu country yang khas. Bahkan tidak jarang beberapa pihak di industri musik melabeli mereka dengan band country alternative.

    Nuansa lagu country pop yang terasa universal datang di album kedua mereka berjudul Volume Two. Salah satunya melalui single In The Sun. Dalam lagu country garapan She and Him ini, Zooey Deschanel dan M. Ward mencoba untuk menitik beratkan elemen pop dengan kuat. Hal tersebut hadir dengan pemilihan nada dan intonasi lagu yang mudah untuk dicerna dan dipahami. Sedangkan elemen lagu country masih bisa terasa jelas di bagian ambient atau background yang membuat karya tersebut menjadi penuh atau imersif.

  5. Hurt - Johnny Cash

    Johnny Cash kerap kali dianggap sebagai rajanya musik country. Namun, di akhir masa karier dan hidupnya, sang musisi masih memiliki semangat untuk melakukan eksplorasi musik terhadap karya lagu country yang khas garapannya. Salah satunya adalah melalui lagu berjudul Hurt.

    Hurt merupakan lagu asli dari Nine Inch Nails yang dibawakan kembali oleh Johnny Cash. Versi original dari lagu tersebut memiliki nuansa yang kelam khas dengan rock industrial gaya Nine Inch Nails. Namun, Johnny Cash berhasil membuat karya tersebut jadi sebuah lagu country yang kuat tanpa mengurangi nuansa dramatis dan tragis yang berasal dari proses penulisan Trent Reznor.

Image courtesy of Christian Bertrand / Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#lagu country #lagu country modern #country pop # country rock #she and him #Creedence Clearwater Revival #Johnny Cash #Kings Of Leon

0 Comments

Comment
Other Related Article
Guerilla Toss buka Lembaran Baru di 2022

Guerilla Toss buka Lembaran Baru di 2022

25 January 2022

Super Buzz

Mengenal Death Metal Lewat 5 Band Ini

Mengenal Death Metal Lewat 5 Band Ini

25 January 2022

Super Buzz

Parquet Courts Suguhkan Single Baru di Layar Kaca

Parquet Courts Suguhkan Single Baru di Layar Kaca

25 January 2022

Super Buzz

Mengenal Fungsi Metronome Serta Peran Pentingnya dalam Musik

Mengenal Fungsi Metronome Serta Peran Pentingnya . . . .

24 January 2022

Super Buzz

Down For Life Rilis Single Baru Children Of Eden

Down For Life Rilis Single Baru Children Of Eden

24 January 2022

Super Buzz

Kolaborasi Snoop Dogg dan Heidi Klum untuk Single Terbaru

Kolaborasi Snoop Dogg dan Heidi Klum . . . .

24 January 2022

Super Buzz

Forgotten, Single Cadas Terbaru dari Korn

Forgotten, Single Cadas Terbaru dari Korn

24 January 2022

Super Buzz

Eddie Vedder Mantap Buka Jalan Album Baru

Eddie Vedder Mantap Buka Jalan Album Baru

23 January 2022

Super Buzz

Sambut Album Baru Avril Lavigne di Bulan Februari!

Sambut Album Baru Avril Lavigne di Bulan Februari!

23 January 2022

Super Buzz

Sejarah Terbentuknya Band Bergenre Alternative Rock

Sejarah Terbentuknya Band Bergenre Alternative Rock . . . .

23 January 2022

Super Buzz

1 /