Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Angkor Wat

Author : Admin Adventure

Article Date : 14/11/2021

Article Category : Places & Gears

Angkor Wat tentu menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat sedang traveling di Kamboja. Tapi sebelum berangkat, ada sejumlah hal yang nggak banyak orang tahu dan harus lo ketahui dulu nih, Superfriends. Apa saja 5 rahasia yang harus diketahui sebelum traveling ke Angkor Wat, Kamboja? Berikut ulasan selengkapnya!

Kamboja memang menjadi salah satu negara dengan biaya hidup yang terbilang rendah, Superfriends. Nggak heran, kalau banyak traveler dari berbagai penjuru dunia sering banget mengunjungi negara ini.

Salah satu destinasi yang bisa dibilang nggak boleh kelewat saat berkunjung ke sini yaitu ada Angkor Wat. Saat mendengar namanya, pasti lo sudah nggak asing kan, Superfriends. Tapi, ternyata pusat masih punya beberapa hal yang masih jarang diketahui orang banyak, lho.

Maka dari itu, sebaiknya simak dulu 5 rahasia yang harus diketahui sebelum traveling ke Angkor Wat, Kamboja berikut ini, Superfriends!

Sekilas tentang Angkor Wat

Image source: unsplash.com/@dangnambinh

Nama Angkor Wat berasal dari bahasa Sansekerta yaitu ankor yang berarti negara dan wat berarti kuil. Jadi Angkor Wat merupakan wilayah yang dipenuhi banyak kuil. Namun, penamaan Angkor Wat kini merujuk pada satu kuil terbesar dan terkenal dengan panjang 1.500 meter dan lebar 1.300 meter.

Secara keseluruhan, kompleks Angkor Wat mencakupi wilayah seluar 162,6 hektare. Di dalam wilayah tersebut banyak ditemukan reruntuhan kuil. Namun, hingga saat ini tercatat ada sekitar 100 kuil yang masih berdiri tegak di kompleks kuil ini seperti Ta Phrom, Banteay Srei, Bayon, Angkor Thom, dan Ta Keo. Tidak cukup waktu satu hari untuk mengunjungi seluruh kuil yang ada di sini, Superfriends.

Bangunan Perpaduan Budaya Khmer dan Ajaran Hindu

Image source: unsplash.com/@vatanachhorn

Bangunan kuil Angkor Wat memadukan arsitektur pokok bangsa Khmer yaitu bergunung dan berserambi. Sementara bentuk menara utama kuil ini melambangkan Gunung Meru yang dipercaya sebagai kahyangan para dewa-dewi Hindu dan merupakan pusat seluruh kegiatan ajaran agama tersebut. Menara utama tersebut terletak di tengah kompleks bangunan Angkor Wat. Dan dikelilingan ukiran relief di atas batu. Kompleks bangunan Angkor Wat dikelilingi parit sepanjang lebih dari 5 km.

Berbahan Dasar Batu Pasir, Disatukan dengan Teknik Khusus

Image source: unsplash.com/@vatanachhorn

Bahan dasar bangunan kuil ini adalah batu pasir dan diperkirakan jumlah blok batu yang dibutuhkan sama banyaknya seperti piramida Kahfre di Mesir yang lebih dari 5 juta ton. Blok batu tersebut diambil dari Bukit Kulen yang terletak 40 km dari Angkor Wat.

Diperkirakan dibutuhkan rakit kayu untuk mentransportasikan blok batu tersebut saat melewati sungai Siem Reap. Peneliti menyebutkan berbagai macam teori soal cara pelekatan blok batu yang satu dengan yang lain seperti menggunakan teknik pengunci ekor burung dan tekanan gravitasi.

Terdapat lubang berukuran 2,5 cm dengan kedalaman 3 cm di banyak blok batu yang membuat para peneliti berpikir bahwa lubang tersebut dimanfaatkan untuk menyatukan blok-blok tersebut dengan menggunakan batang besi.

Juga Berfungsi Sebagai Pusat Pengamatan Matahari Dan Bulan

Angkor Wat dibangun sejajar dengan matahari dan bulan. Hal tersebut diutarakan seorang astronom asal Amerika Serikat, Robert Stancel. Ia mengutarakan saat matahari melintasi garis khatulistiwa, jika diamati dari bangunan perpustakaan yang berada di bagian gerbang kuil, maka matahari akan terlihat terbit di atas menara utama kuil tersebut.

Berdasarkan hal tersebutlah, bangsa Khmer menyusun kalender mereka. Di beberapa lokasi juga ditemukan tempat yang kemungkinan digunakan sebagai patokan pengamatan bulan, Superfriends!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Wilderness #Beginner #Extreme #Urban Places #traveling

Source:https://review.bukalapak.com/travel/berniat-ke-angkor-wat-ketahui-dulu-9-fakta-ini-78748

0 Comments

Comment
Other Related Article
Wisata Indonesia

Bak Surga Dunia, 6 Destinasi Wisata . . . .

05 December 2021

Places & Gears

gaiter

Lebih Dekat Dengan Gaiter, Pelindung Kaki . . . .

05 December 2021

Places & Gears

Flyboarding

Lokasi Bermain Flyboarding Terbaik di Dunia, . . . .

05 December 2021

Places & Gears

wisata alam Mojokerto

4 Destinasi Wisata di Mojokerto yang . . . .

04 December 2021

Places & Gears

spot bungee jumping

Spot Bungee Jumping Terbaik di Indonesia, . . . .

04 December 2021

Places & Gears

spot panjat tebing

Spot Panjat Tebing Terbaik di Indonesia . . . .

04 December 2021

Places & Gears

taman nasional di Australia

Deretan Taman Nasional di Australia yang . . . .

03 December 2021

Places & Gears

danau indah

4 Danau di Indonesia yang Bisa . . . .

02 December 2021

Places & Gears

Jembatan Rajamandala

Jembatan Rajamandala, Spot Bungee Jumping dengan . . . .

02 December 2021

Places & Gears

Karst Maros

Kenalan dengan Karst Maros, Surga Tersembunyi . . . .

02 December 2021

Places & Gears

1 /