Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

gunung hits di Jawa Timur

Author : Admin Adventure

Article Date : 27/06/2022

Article Category : Places & Gears

Jawa Timur memang terkenal punya sejumlah gunung yang menarik banget buat dijelajahi. Jalur yang terjal dan lumayan menantang bisa dibilang jadi ciri khas gunung-gunung di Jawa Timur, Superfriends.

Gunung di kawasan timur Pulau Jawa ini memang sangat beragam, semuanya terhampar dari kabupaten Banyuwangi di bagian timur sampai kabupaten Magetan di bagian barat. Ketinggiannya pun bervariasi, dari yang memiliki elevasi dibawah 1000 meter sampai di atas 3.600 meter.

Tapi, kalau Superfriends butuh referensi gunung hits di Jawa Timur dengan pesona yang eksotis, berarti wajib banget simak lengkap ulasan berikut ini!

Gunung Semeru

Image source: instagram.com/canro.simarmata

Nah, gunung yang terakhir di Jawa Timur ini memiliki predikat yang bisa dibilang paling istimewa. Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggiannya hingga 3.676 meter. Di samping itu, ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa pendakian gunung Semeru adalah salah satu pendakian gunung terindah di Indonesia.

Ada sangat banyak tempat indah yang akan Superfriends temui selama melakukan pendakian ke gunung Mahameru. Dari danau Ranupani dan Ranu Regulo di sekitar base camp sampai pada puncak Mahameru yang legendaris.

Di antara keduanya, Superfriends akan menemui juga beberapa tempat lain dengan keindahan luar biasa seperti; Ranu Kumbolo, Oro-Oro Ombo, Pangonan Cilik, Kalimati dan masih banyak lagi.

Gunung Raung

Image source: instagram.com/mucharifdwiadiwiyanto

Setelah Semeru, gunung Raung adalah gunung tertinggi kedua di Jawa Timur. Ketinggian gunung Raung adalah 3.344 mdpl dan ia berdiri di atas kabupaten paling timur pulau Jawa yakni kabupaten Banyuwangi, kabupaten Bondowoso dan kabupaten Besuki.

Kalau Argopuro adalah gunung di pulau Jawa dengan trek pendakian terpanjang, maka gunung Raung memegang rekor sebagai yang tersulit. Di gunung dengan nama yang unik ini, para pendaki akan disuguhi jurang-jurang menganga, bebatuan terjal dan gigir sempit yang mungkin membuat gentar.

Untuk mencapai puncak tertinggi gunung Raung, keterampilan dasar rock climbing adalah syarat mutlak. Di gunung ini, perlengkapan mendaki gunung teknis seperti tali, harness dan jumar adalah hal yang wajib untuk dimiliki.

Gunung Argopuro

Image source: instagram.com/david.hyj

Gunung selanjutnya di Jawa Timur yang masuk dalam daftar terbesar adalah gunung Argopuro. Nah, Superfriends pasti sudah paham predikat apa yang paling terkenal dari gunung yang satu ini, bukan?

Yap, benar banget. Di samping menjadi gunung tujuan utama para pendaki dalam bertualang, gunung Argopuro juga terkenal sebagai gunung dengan jalaur pendakian terpanjang di pulau Jawa.

Sebelum adanya jasa ojek hingga Cikasur, gunung ini senggaknya membutuhkan waktu sekitar 4 hari pendakian secara total. Ketinggian gunung Argopuro adalah 3.088 meter dari permukaan laut dengan letaknya secara geografis berada di wilayah kabupaten Situbondo.

Beberapa tempat yang terkenal dari gunung Argopuro adalah Telaga Taman Hidup, Sabana Cikasur dan Puncak Rengganis.

Gunung Arjuno

Image source: instagram.com/putrasadewaaaa

Ketinggian gunung Arjuno adalah 3.339 Mdpl dan menjadi puncak tertinggi dalam rangkaian puncak pegunungan Arjuno–Welirang. Gunung Arjuno berdiri di dua wilayah kabupaten yakni kabupaten Malang, tepatnya kota Batu, dan kabupaten Pasuruan.

Gunung Arjuno meskipun nggak semistis gunung Lawu juga nggak dapat lepas dari banyak legenda pula. Puncak Ogal Agil yang menjadi nama puncak gunung Arjuno adalah sebuah pelataran dengan batuan besar yang dipercaya sebagian masyarakat sebagai tempat bertapanya sang Arjuna, tokoh tampan dari cerita pewayangan.

Hal yang paling menarik lainnya dari pendakian ke gunung Arjuno adalah keberadaan Alas Lali Jiwo atau Hutan Lupa Diri kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Di hutan ini berkembang banyak kabar mistis tentang para pendaki yang tiba-tiba merasa disorientasi ketika memasuki wilayah hutan ini.

Gunung Welirang

Layaknya gunung Merapi dan Merbabu di Jawa Tengah, gunung Welirang yang bersebelahan dengan gunung Arjuno seringkali dianggap sebagai gunung yang berpasangan. Ketinggian gunung Welirang adalah 3.156 Mdpl, terpaut hampir 200 meter lebih rendah daripada gunung Arjuno di sebelahnya.

Pendakian gunung Welirang dan gunung Arjuno nggak dapat dipisahkan. Pada umumnya para pendaki yang mendaki gunung Welirang akan melanjutkan pendakian mereka hingga mencapai puncak Arjuno pula.

Trek pendakian yang populer di gunung Welirang adalah Trek Makadam; sebuah trek yang berakhir dengan kondisi pasir padat di sekitar puncaknya.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #Beginner #Wilderness #Extreme #Urban Places

Source:https://akasakaoutdoor.co.id/9-gunung-terbesar-di-jawa-timur-tujuan-sejati-para-pendaki/

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Places & Gears

Hal Menarik dari Pasar Keju di Belanda

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Coffee Shop di Pamekasan, Seru Buat Hang Out!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Mengenal Lebih dalam Kampung Adat Kuta Ciamis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

6 Kafe Paling Instagramable di Bali yang Wajib Lo Kunjungi!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Apa Saja Kegunaan Poncho dalam Survival? Cari Tahu di Sini!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Tempat Nongkrong Hits di Aceh Timur, Dijamin Anti Bosan!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Staycation di Lampung Barat Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Fakta Menarik dari Gunung Bawakaraeng yang Pendaki Wajib Tahu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Pulau Bull Rock, Spot Wisata Super Ekstrem dan Terlarang di Irlandia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Kegiatan Wisata Menantang di Pulau Kenawa, NTB

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /