Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Teknik Bernyanyi yang Bantu Jaga Vokal Tetap Prima

Author : Admin Music

Article Date : 15/10/2021

Article Category : Super Buzz

Practice makes perfect bukan sekadar kalimat kiasan saja, Superfriends. Untuk menjadi seorang vokalis atau penyanyi professional, kalian memerlukan pengetahuan dan kemampuan teknik bernyanyi yang baik. Dalam mempelajari teknik bernyanyi yang baik, kalian perlu memahami bahwa kondisi fisik yang sehat juga jadi faktor penentu agar kalian bisa mengeluarkan suara dengan lantang dan tepat sasaran untuk nada yang dituju.

Mungkin kalian akan bertanya, apa korelasi dari kondisi fisik yang sehat dan bugar dengan teknik bernyanyi yang baik? Sebagaimana dengan aktivitas lainnya, bernyanyi atau memantapkan teknik bernyanyi melalui latihan membutuhkan tenaga yang cukup banyak. Jika kalian adalah penyanyi profesional, kondisi fisik yang baik tentu diperlukan untuk bisa beraksi di atas panggung dengan teknik yang baik selama minimal 30 menit atau lebih. 

Untuk mempertajam teknik bernyanyi pastikan kalian juga menjaga postur tubuh dengan tepat saat latihan. Sikap tegap saat latihan bermanfaat untuk membantu sirkulasi udara di dalam tubuh. Sebagaimana yang kalian ketahui, bahwa baik bernyanyi maupun berbicara, mengeluarkan suara dalam pengertian artikulasi memerlukan sirkulasi udara yang baik pula. Dalam pengertian artikulasi, posisi tegap ini bisa dilakukan sebagai bagian latihan untuk memperjelas diksi saat bernyanyi. 

Jenis latihan teknik bernyanyi 

Saat melakukan latihan ini, pastikan kepala kalian berada dalam posisi tegak dengan pandangan mata lurus ke depan. Luruskan tulang punggung. Pastikan tidak bungkuk. Lalu busungkan dada serta perhatikan pijakan kaki yang mantap dan agak sedikit renggang lurus dengan bahu. Selain untuk urusan energi, bernyanyi juga menggerakkan banyak otot di dalam tubuh untuk bisa memproduksi suara dengan baik. Berikut adalah beberapa teknik bernyanyi yang bisa kalian lakukan secara rutin untuk meningkatkan kualitas vokal sekaligus juga meningkatkan kondisi fisik.

  1. Lakukan pemanasan

    Dalam melakukan latihan apa pun, termasuk teknik bernyanyi, pemanasan merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Sebagai aktivitas fisik, pemanasan dapat membantu kalian lebih nyaman dan siap untuk berlatih teknik bernyanyi yang tepat. Pemanasan dalam teknik bernyanyi ini memiliki manfaat agar tubuh serta otot kalian tidak kaku, Superfriends.

    Pemanasan yang dilakukan secara baik akan meregangkan otot di bagian pita suara untuk bisa mengeluarkan suara dengan lebih lantang. Selain itu, tubuh yang lebih rileks akibat pemanasan juga membantu kalian lebih mudah dalam mengontrol tubuh. Hal tersebut memberi manfaat agar kalian tidak mudah merasa lelah ketika melakukan latihan teknik bernyanyi dalam waktu yang lama. 

    Untuk pemanasan yang praktis, kalian bisa membuka rongga mulut selebar-lebarnya sambil mengucapkan A, I, U, E, O hingga terdengar memiliki karakteristik yang bulat. Jangan terlalu dipaksakan jika kalian belum bisa membuat suara bulat untuk latihan pertama kali. Jika sudah berhasil, kalian juga bisa menggunakan bantuan piano untuk meningkatkan jangkauan tangga nada vokal yang dimiliki secara bertahap.

  2. Latihan pernapasan

    Salah satu kemampuan yang cukup penting untuk dimiliki oleh seorang penyanyi adalah pernapasan. Oleh karena itu, dalam teknik bernyanyi yang tepat, biasanya latihan pernapasan jadi hal yang selalu diingatkan. Dengan pernapasan yang baik, maka karakteristik suara yang keluar pun akan lebih terdengar bulat serta memudahkan kalian dalam menjaga pitch control.

    Untuk berlatih pernapasan, banyak hal yang bisa kalian lakukan. Dalam memaksimalisasi kemampuan teknik bernyanyi, kalian bisa melakukan latihan pernapasan sambil melakukan olahraga kardio untuk menjaga ritme pernapasan menjadi stabil. Di waktu lain, kalian juga bisa melakukan latihan pernapasan dengan cara berbaring, Superfriends. Latihan pernapasan sambil berbaring ini akan membuat kalian lebih mudah merasakan aliran pernapasan yang masuk dan keluar di dalam tubuh. Kalian juga bisa menambahkan buku di bagian dada sebagai acuan kekuatan napas yang kalian miliki. 

  3. Tingkatkan jangkauan suara

    Dengan kemampuan pernapasan yang sudah dikuasai, maka latihan teknik bernyanyi selanjutnya bisa dilakukan untuk meningkatkan jangkauan suara. Jangkauan suara yang baik, akan memudahkan proses mendengar para penikmat musik ketika kalian sedang beraksi di atas panggung. Meskipun tampil di atas panggung dibantu dengan microphone, suara yang lantang dapat memaksimalkan jangkauan suara kalian ke seluruh ruangan dengan lebih jelas.

    Untuk meningkatkan jangkauan suara, dalam teknik bernyanyi kalian bisa mencoba untuk bernyanyi menggunakan otot perut. Otot perut ini jadi dasar untuk pernapasan kalian. Bernapas menggunakan otot perut dinilai mampu memberikan kuantitas napas yang lebih banyak dan kualitas vokal yang stabil.

  4. Coba teknik suara hidung

    Umumnya penyanyi profesional sering menggunakan pernapasan perut atau dada untuk teknik bernyanyinya. Namun, untuk beberapa penyanyi dengan karakter mezzo-soprano atau penyanyi yang memilih jalur musik kontemporer, teknik pernapasan atau suara hidung jadi salah satu kemampuan yang bermanfaat saat beraksi di atas panggung. Untuk bisa melakukan teknik bernyanyi satu ini dengan mudah, kalian bisa melakukan latihan dengan cara menutup hidung. Namun jangan terlalu keras. Hal ini dilakukan agar kalian bisa melakukan kontrol pernapasan yang efisien dan efektif melalui hidung dalam memproduksi suara yang dibutuhkan, Superfriends.

  5. Poles artikulasi

    Dalam memantapkan teknik bernyanyi, kalian perlu kuasai kemampuan artikulasi yang baik. Artikulasi merupakan sebuah teknik bernyanyi yang dapat membantu kalian untuk mengucapkan lirik dengan jelas dalam bernyanyi. Sebagai seorang penyanyi, artikulasi yang jelas cukup diperlukan agar pendengar bisa memahami pesan apa yang coba disampaikan dari lagu yang dinyanyikan.

    Dalam menguasai teknik olah vokal satu ini, aspek fisik ternyata cukup punya pengaruh yang baik agar kalian bisa bernyanyi dengan lebih baik. Dalam mencoba latihan artikulasi untuk olah vokal, kalian perlu memastikan sikap badan yang tegak lurus dengan dada membusung serta pastikan kalian membuka mulut sebesar 3 ukuran jari untuk bisa mengeluarkan suara dengan volume yang besar dan bulat yang membantu artikulasi dalam bernyanyi jadi lebih jelas.

 

Image courtesy of PrinceOfLove/Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#teknik bernyanyi #latihan pernapasan #profesional #vokalis #penyanyi #olah vokal #latihan vokal # pemula

0 Comments

Comment
Other Related Article
Daftar Lagu Baru Indonesia Terbaik Sepanjang Tahun 2021

Daftar Lagu Baru Indonesia Terbaik Sepanjang . . . .

02 December 2021

Super Buzz

Heals, Coba Obati Kondisi Masa Kini dengan Karya Musiknya

Heals, Coba Obati Kondisi Masa Kini . . . .

02 December 2021

Super Buzz

Avril Lavigne Gabung Label Travis Barker, Rilis Single Baru

Avril Lavigne Gabung Label Travis Barker, . . . .

02 December 2021

Super Buzz

Rich Brian Luncurkan Video Musik untuk Single New Tooth

Rich Brian Luncurkan Video Musik untuk . . . .

02 December 2021

Super Buzz

5 Lagu Country Modern yang Bisa Jadi Inspirasi

5 Lagu Country Modern yang Bisa Jadi Inspirasi

01 December 2021

Super Buzz

BAP Hadirkan Single Ketiga Sebagai Jembatan Album Baru

BAP Hadirkan Single Ketiga Sebagai Jembatan . . . .

01 December 2021

Super Buzz

Simple Plan Bawa Penawar Rindu lewat “The Antidote”

Simple Plan Bawa Penawar Rindu lewat . . . .

01 December 2021

Super Buzz

U2 Eksplorasi Musik di Single Baru Your Song Saved My Life

U2 Eksplorasi Musik di Single Baru . . . .

30 November 2021

Super Buzz

Danilla Riyadi dan Sejumlah Musisi Kembali Bermusik Bersama

Danilla Riyadi dan Sejumlah Musisi Kembali . . . .

30 November 2021

Super Buzz

Spoon Lepas Single Baru yang Kental Aura Rock n’ Roll

Spoon Lepas Single Baru yang Kental . . . .

30 November 2021

Super Buzz

1 /