Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

tempat paling panas di dunia

Author : Admin Adventure

Article Date : 13/05/2022

Article Category : Places & Gears

Setiap wilayah yang ada di bumi ini tentu punya suhu yang berbeda-beda. Misalnya di Kutub Utara dan Kutub Selatan yang suhunya dingin. Atau beberapa negara yang letaknya ada di garis khatulistiwa, biasanya punya suhu yang panas.

Perbedaan ini disebabkan oleh posisi serta musim yang sedang melanda wilayah tersebut. Seperti Indonesia, misalnya. Saat musim kemarau, udara gersang dan panas terik matahari membuat kita nggak bisa beraktivitas dengan nyaman.

Namun ternyata, ada tempat yang suhunya panas sepanjang tahun. Bahkan ada yang sampai mencatat rekor sebagai tempat paling panas di dunia dengan suhu 70,7° C, lho!

Gurun Lut, Iran

Image source: instagram.com/hermesstravel

Gurun Lut merupakan gurun garam yang sangat besar yang terletak di sebelah tenggara Kerman, Iran. Saking besarnya, gurun ini masuk ke dalam daftar 25 padang pasir terbesar di dunia.

Lo pasti nggak akan pernah mau datang ke tempat ini karena suhu permukaan pasirnya bisa mencapai 70,7° C dan menjadi salah satu tempat paling kering yang ada di dunia. Pengukuran ini dilakukan oleh Satelit NASA pada tahun 2003-2005  dengan teknologi pengukuran MODIS (Moderate-Resolution Imaging Spectroradiometer).

Death Valley, California

Image source: instagram.com/nonchiamatemibenny_

Death Valley atau lembah kematian juga jadi salah tempat paling panas di dunia. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa nama “lembah kematian” sangat menggambarkan tempat ini.

Gimana nggak, suhu di sini bisa mencapai 55° C dan lagi ini diukur tanpa menggunakan satelit. Artinya, ada manusia yang tinggal di sekitar wilayah death valley ini yang merasakan suhu panasnya secara langsung. Menariknya di tempat ini ada fenomena yang sangat langka yaitu batu yang bisa berjalan sendiri.

Al ‘Aziziyah, Libya

Image source: instagram.com/zov_malek

Di Libya, tepatnya di Al ‘Aziziyah ada sebuah fenomena yang bisa menaikkan suhu sampai 20° C dalam beberapa jam, yaitu Ghibli. Ini adalah angin berpasir yang terbakar dan seringkali muncul tanpa peringatan sama sekali.

Selain itu, tempat ini juga menjadi salah satu tempat paling panas yang dihuni oleh banyak orang. Tahun 1922 silam, tercatat Al ‘Aziziyah dapat mencapai suhu 57,8° C. Sayangnya angka ini masih diragukan karena diukur oleh orang yang belum berpengalaman dan terlatih.

Timbuktu, Mali

Image source: en.wikipedia.org

Timbuktu merupakan tempat yang terletak di Mali, Afrika Barat. Suhu di sini bisa mencapai angka 54,5° C. Di jaman dulu, wilayah ini merupakan pusat yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Afrika. Ini dibuktikan dengan kehadiran tiga masjid terkenal di sana, yaitu Djinguereber, Sankore, dan juga Sidi Yahya.

Dallol, Ethiopia

Berlokasi di sebelah utara negara Ethiopia, dallol mempunyai bidang hidrotermal dengan formasi geyser gas, mata air panas, dan garam. Suhu maksimal harian di tempat ini rata-rata bisa sampai 41° C dan ini pernah terjadi secara terus menerus pada tahun 1960 sampai 1966.

Dengan suhu seperti itu, tempat ini masuk ke dalam deretan tempat paling panas di dunia yang nggak aman untuk dihuni oleh manusia. Bahkan ada yang mengatakan bahwa suhu di tempat ini bisa terus melonjak setiap tahunnya.

Dengan kata lain, Dallol berpotensi menjadi tempat dengan suhu paling tinggi dibandingkan tempat-tempat lain yang ada di bumi ini.

Itulah daftar 5 tempat paling panas di dunia yang pernah tercatat dalam sejarah. Berani coba datang ke tempat tersebut, nggak?

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Urban Places #Trending #Wilderness #Extreme #Beginner

Source:https://aura-ilmu.com/wiki/tempat-paling-panas-ekstrim

0 Comments

Comment
Other Related Article
lokasi offroad

5 Rute atau Lokasi Offroad Paling . . . .

18 May 2022

Places & Gears

Bone

5 Tempat Nongkrong Hits di Bone Paling Menarik

17 May 2022

Places & Gears

coffee shop di Bulukumba

Deretan Coffee Shop di Bulukumba Paling . . . .

17 May 2022

Places & Gears

Desa Paling Indah di Italia

4 Desa Paling Indah di Italia . . . .

17 May 2022

Places & Gears

Bantaeng

5 Destinasi Alam Favorit di Bantaeng . . . .

17 May 2022

Places & Gears

Kafe Hits Medan

Kafe Hits yang Asyik Buat Nongkrong . . . .

16 May 2022

Places & Gears

Pemandian Air Panas

5 Rekomendasi Pemandian Air Panas yang . . . .

16 May 2022

Places & Gears

Cappadocia

4 Destinasi Wisata di Cappadocia yang . . . .

15 May 2022

Places & Gears

Wakatobi

Segala Hal Tentang Pesona Wakatobi, Caribbean . . . .

15 May 2022

Places & Gears

Danau Idenberg

Danau Idenberg, Spot Keren di Tengah . . . .

15 May 2022

Places & Gears

1 /