Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Tips Belajar Gitar untuk Pemula dengan Mudah

Author : Admin Music

Article Date : 07/06/2021

Article Category : Super Buzz

Bisa dibilang gitar merupakan sebuah instrumen yang cukup populer untuk dimainkan buat kalian yang menggemari musik. Popularitas tersebut juga menggugah perasaan banyak orang untuk belajar gitar. Pasalnya memainkan musik dengan menggunakan gitar merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama teman-teman. Banyak dari kalian yang sudah mulai belajar gitar sejak kecil, tapi buat yang ingin belajar gitar sekarang pun kalian tidak perlu minder. Tidak ada kata terlambat untuk belajar gitar. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa bermain gitar bisa meningkatkan rasa keren pada seseorang. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin belajar gitar. Namun bagi pemula yang benar kurang awam dengan gitar pasti akan sulit belajar gitar secara otodidak dan memilih untuk belajar gitar di tempat kursus. Perlu diketahui, belajar gitar di kursus tentu akan memberikan banyak pengetahuan yang penting tidak hanya tentang cara permainan saja, tapi juga pembacaan not balok dan pengenalan nada yang lebih fundamental. Dari banyak ilmu yang didapat dari belajar gitar di tempat kursus tentu hadir dengan biaya yang cukup besar pula. Tidak jarang hal tersebut jadi pertimbangan secara besar bagi orang yang ingin belajar gitar sebagai pemula.

Meskipun begitu, bukan berarti belajar gitar secara otodidak merupakan hal yang sulit dilakukan. Perkembangan internet dan dunia digital yang pesat memudahkan proses belajar gitar di rumah. Kalian juga bisa memaksimalkan waktu yang ada di rumah di masa pandemi ini dengan belajar gitar secara cepat dan tepat. Kalian juga akan lebih mudah memilih materi pembelajaran bermain gitar melalui Youtube atau platform daring lainya sesuai dengan tahapan dan kebutuhan. Meskipun begitu, sebagai seseorang yang mulai belajar gitar sebagai pemula, kalian bisa mulai dengan tahapan yang simple seperti berikut.

  1. Kenali kunci dasar

    Langkah pertama yang perlu kalian ketahui saat belajar gitar adalah mengenal kunci dasar, Superfriends. Pengenalan kunci dasar saat belajar gitar mencakup tentang posisi jari yang menyentuh 6 senar yang ada pada gitar. Posisi jari tersebut nantinya akan membuat nada yang harmonis yang tersebar sepanjang 7 nada, seperti do, re, mi, fa, sol, la, si. Namun untuk kunci atau chord gitar sendiri biasanya orang-orang lebih mengenal dengan urutan E, A, D, G, B, dan E dengan oktaf yang tinggi di bagian bawah senar. Pastikan gitar kalian tidak sumbang ya, Superfriends. Untuk langkah pertama ini kalian bisa bantu teman atau orang dekat yang memang sudah bisa melakukan tuning gitar agar suara yang dihasilkan saat kalian belajar gitar dari pengenalan nada dasar lebih mudah.

  2. Belajar tuning

    Tuning atau mengatur senar agar tidak sumbang merupakan langkah yang cukup penting saat belajar gitar. Pasalnya, jika kalian tidak memahami tahap ini, akan sulit untuk memainkan gitar dengan nada yang presisi dan harmonis. Belajar tuning juga akan memudahkan kalian mengasah pendengaran untuk menentukan nada. Jadi telinga kalian akan lebih sensitif terhadap nada sumbang ketika bermain gitar baik sendiri maupun bersama teman-teman ketika berkumpul.

  3. Temukan posisi yang nyaman

    Selanjutnya adalah mencari posisi yang nyaman saat bermain gitar. Hal ini mungkin terkesan bukan hal yang memengaruhi proses belajar gitar, tapi dengan menemukan posisi yang nyaman kalian akan lebih mudah beradaptasi dengan gitar yang kalian miliki. Baik gitar akustik maupun elektrik mempunyai ukuran yang berbeda. Ada yang dirancang dengan desain yang beragam demi kebutuhannya. Namun secara mendasar, kalian bisa membuat nyaman dengan menopang gitar menggunakan salah satu kaki kalian dengan postur badan yang tegak. Postur badan akan memengaruhi jangkauan jari kalian saat mencoba belajar gitar dengan memainkan kunci atau chord dasar. Proses ini butuh pembiasaan, Superfriends. Tidak jarang kalian akan merasa pegal. Namun, jika dilakukan secara rutin dan teratur, lama kelamaan tubuh kalian akan beradaptasi dengan postur atau posisi bermain gitar yang nyaman ini.

  4. Belajar memetik gitar

    Setelah menemukan posisi yang nyaman sembari menerka-nerka jangkuan tangan saat belajar gitar, kalian juga bisa mulai secara perlahan memetik gitar. Perlu dicatat bahwa belajar memetik gitar ini berbeda dengan strumming yang lebih dikenal dengan teknik upstroke dan downstroke. Untuk belajar gitar dengan cara memetik kalian perlu menggunakan 5 jari kalian. Alangkah baiknya jangan menggunakan pick terlebih dahulu saat proses belajar gitar satu ini, agar tubuh kalian terbiasa. Kalian juga perlu mengikuti tahapan berikut. Pertama dalam belajar gitar dengan cara memetik, kalian perlu meletakkan ibu jari di bagian senar bass atau senar yang tebal, di urutan 6, 5, dan 4. Sedangkan untuk telunjuk, kalian bisa gunakan untuk memetik senar 3 dan 2. Selanjutnya, jari manis kalian gunakan untuk memetik senar satu. Pertama-tama tentu kalian akan merasa canggung atau kaku dalam memetik gitar. Namun jika dilakukan secara rutin, kalian akan terbiasa untuk memetik gitar dengan cepat dan presisi, Superfriends.

  5. Terus berlatih dari kunci yang mudah hingga sulit

    Berlatih belajar gitar memang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Penting bagi kalian untuk terus mengasah kemampuan dan melakukan review secara rutin. Hal ini diperlukan karena dalam bermain alat musik, terutama gitar kalian juga membutuhkan muscle memory. Sehingga tubuh, terutama pada bagian jari terbiasa untuk membentuk pola permainan kunci yang rumit. Jari kalian mungkin akan terasa sakit atau pegal. Jikalau begitu, ada baiknya untuk lakukan istirahat sejenak sembari meregangkan otot. Namun jangan sampai patah semangat.

Image courtesy of: 4 PM production / Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#tips # belajar gitar # belajar gitar pemula # pemula # gitar # alat musik # latihan gitar

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /