Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Tips Bikin Badan Tetap Bersih selama Camping, Yuk Terapkan Bro!

Author :

Article Date : 01/08/2019

Article Category : Place +

Ada banyak hal seru dan menarik yang bisa lo temukan ketika berkemah atau camping. Selain mampu menyatukan diri manusia dengan alam, camping juga merupakan aktivitas outdoor yang dapat melatih kemandirian seseorang. Lo bakal belajar bagaimana caranya bertahan di tengah-tengah keterbatasan.

Saat mencoba camping, banyak orang merasa kesulitan mencari akses air untuk mandi atau buang air. Hal ini tetap tidak bisa dijadikan alasan untuk malas menjaga kebersihan diri secara disiplin. Bagaimacna cara merawat kebersihan badan selama camping? Berikut adalah 5 tipsnya. Silakan dibaca!

1. Sempatkan Waktu Menggunting Kuku Sebelum Berangkat

5 Tips Bikin Badan Tetap Bersih selama Camping, Yuk Terapkan Bro! Photo Credit: hellosehat.com

Ketika pergi camping, wisatawan biasanya akan melaksanakan beragam kegiatan outdoor atau di luar ruangan. Oleh sebab itu, sempatkan waktu menggunting kuku sebelum pergi menuju kemah agar lo terhindar dari kotoran dan debu saat beraktivitas. Pokoknya tetap jaga kebersihan kuku di mana pun deh bro!

Cara satu ini tentu bisa meminimalisir kemungkinan kuku terkena kotoran yang membawa dampak buruk bagi tubuh. Jadi, potonglah kuku lo sependek mungkin sebelum berangkat menuju lokasi kemah. Jika tidak sempat, lo bisa memasukkan gunting kuku ke dalam barang bawaan agar bisa dipakai di tempat tujuan.

Selain itu, wisatawan juga disarankan tidak memegang wajah ketika tangan berada dalam kondisi kotor. Hal ini ditakutkan dapat berimbas pada munculnya jerawat di area muka. Cobalah untuk mencuci tangan sebersih mungkin sebelum memegang makanan atau wajah agar terhindar dari segala risiko buruk. Siap diterapkan ‘kan bro?

2. Menyiapkan Produk Lotion serta Sampo yang Tak Mengeluarkan Bau

5 Tips Bikin Badan Tetap Bersih selama Camping, Yuk Terapkan Bro! Photo Credit: 99boulders.com

Banyak orang kesulitan mendapatkan akses air ketika berkemah di suatu wilayah atau area tertentu. Meski begitu, hal ini tak bisa dijadikan alasan bagi pelancong untuk tidak merawat dan menjaga kebersihan diri. Lo tetap bisa menjaga kesehatan kulit dan rambut dengan trik khusus.

Sebelum berangkat, bawalah perlengkapan yang bisa dipakai untuk merawat kebersihan badan. Contohnya seperti lotion tabir surya yang tidak mengeluarkan bau. Mengapa harus tak berbau? Cara ini dimaksudkan agar bau lotion tidak membuat nyamuk atau serangga lain datang mendekat. Setuju bukan?

Selain itu, ada cara lain bagi wisatawan yang ingin menjaga kesegaran pada bagian rambut selama berkemah.  Lo bisa mengoleskan dry shampoo tak berbau ke rambut agar bagian kepala tidak dikerumuni nyamuk atau serangga aneh lainnya. Dengan begitu, momen liburan lo bakal terasa lebih berkesan dan menyenangkan untuk dikenang di lain waktu. Sebisa mungkin jauhi buah-buahan atau bunga karena dua buah ini mampu mengundang kedatangan nyamuk.

3.  Berendam atau Berenang di Dekat Sumber Air Mengalir

5 Tips Bikin Badan Tetap Bersih selama Camping, Yuk Terapkan Bro! Photo Credit: natureconservancy-h.assetsadobe.com

Toilet umum menjadi salah satu fasilitas yang paling banyak dicari wisatawan ketika berkemah. Semuanya mencari toilet agar bisa buang air atau mandi dengan tenang. Sayangnya, tidak semua area berkemah di Indonesia disertai fasilitas toilet umum sehingga wisatawan kerapkali harus mencari jalan lain.

Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara beriklim tropis, aktivitas mandi rasanya sulit diipisahkan dari rutinitas sehari-hari. Sebenarnya masih ada cara khusus yang bisa dilakukan wisatawan untuk mendapatkan air selain dari fasilitas toilet umum. Cara yang dimaksud adalah mencari sumber air mengalir di sekitar lokasi kemah.

Bila berhasil menemukan air mengalir seperti sungai, jangan ragu menjadikannya sumber air untuk mandi. Trik satu ini juga tentu akan membuat lo lebih mudah terhubung dengan alam. Janganlah sekali-kali mencoba mandi di sumber air stagnan karena daerah tersebut biasanya menjadi tempat berkembangnya bakteri. Harap berhati-hati deh!

4.  Memasukkan Baju Ganti ke dalam Barang Bawaan

5 Tips Bikin Badan Tetap Bersih selama Camping, Yuk Terapkan Bro! Photo Credit: rei.com

Barang lainnya yang perlu disiapkan wisatawan sebelum pergi menuju kemah adalah baju ganti. Aktivitas camping memang dilakukan dalam keadaan serba terbatas. Akan tetapi, pelancong tak bisa menggunakan hal tersebut sebagai alasan untuk tetap mengenakan baju yang sama selama berhari-hari.

Tetaplah menjadi wisatawan yang rajin merawat kebersihan diri selama camping. Janganlah malas mengganti pakaian dalam lo setiap hari agar tubuh tidak dipenuhi kotoran atau debu. Lo dianjurkan membawa setidaknya dua pasang baju bila tas mempunyai ruang yang cukup terbatas.

Menyiapkan dua pasang baju bakal membuat badan lo tetap terjaga bersih. Apabila salah satu baju kotor, wisatawan dapat mencucinya di sumber air dan menggantungnya di area terbuka agar baunya berkurang. Lo pun bisa memakai baju lain sembari menunggu jemuran kering.

5. Menyediakan Tisu Basah dan Hand Sanitizer

5 Tips Bikin Badan Tetap Bersih selama Camping, Yuk Terapkan Bro! Photo Credit: backpacker.co

Dua perlengkapan ini patut dibawa agar wisatawan siap menghadapi situasi sulit seperti tidak adanya fasilitas toilet umum atau lokasi kemah yang jauh dari sumber air. Dengan membawa tisu basah dan sanitizer, lo bisa membuat tubuh tetap bersih selama berkemah. Jadi jangan sampai lupa menyediakan dua barang ini bro!

Bila tidak sempat mandi saat berkemah, wisatawan dapat menggunakan tisu basah untuk membersihkan area lipatan tubuh yang lembab. Keringat lo pun bakal menghilang sehingga tubuh tidak lagi terasa lengket. Sementara itu, hand sanitizer bisa dipakai wisatawan untuk urusan makan dan buang air.

Demikian 5 tips mudah agar badan tetap bersih selama camping. Semoga penjelasan di atas bermanfaat buat lo yang hendak menjajal aktivitas camping untuk kali pertama. Jangan lupa bekali diri dengan persiapan matang agar momen camping berlangsung aman dan lancar. Selamat berlibur bro!

Source: kumparan.com

Feature Image - .rei.com

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #tendacamping

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Place +

Gambaran Rute hingga Ongkos Masuk ke Bukit Holbung Samosir

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Place +

Lokasi Wreck Diving Paling Menakjubkan di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Place +

Nikmatnya Camping Santai Sambil Memandang Pesona Rinjani dari Bukit Mantong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Place +

Sambil Ngabuburit, Mending Bersihin Alat Camping Yuk, Bro!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Place +

5 Spot “Camping” Memesona di Yogyakarta, Panoramanya Bikin Mata Kembali Segar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Place +

5 Spot Camping Terbaik yang Bisa Lo Jumpai di Bogor!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Place +

7 Spot Camping di Bali yang Eksotis dan Diburu Banyak Petualang!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Place +

Super Excamp Camping Ceria di Bukit Melogi Cinta

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Place +

3 Tips Penting Ini Wajib Lo Simak Sebelum Pergi Berkemah (Camping)

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Place +

Cobain Bro! Camping Extreme Seperti Orang Ini

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /