Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

mountain bike

Author : Admin Adventure

Article Date : 15/01/2022

Article Category : Tips

Mountain biking jelas merupakan olahraga di mana lo dapat memilih tempat petualangan sendiri. Namun sebagai pemula, seperti kebanyakan jenis olahraga lainnya, mountain biking dapat ditekuni berdasarkan pengembangan kemampuan. 

Semakin sering lo berlatih, maka akan semakin jago lo berkendara nantinya. Selain itu, bagi lo yang mau mencoba mountain bike sebaiknya simak beberapa tips berikut ini terlebih dahulu, Superfriends. 

1. Atur tinggi kursi mountain bike dengan benar 

Image source: unsplash.com/@dxstub

Hal yang satu ini penting banget diketahui, apalagi bagi seorang pemula. Pasalnya, saat tempat duduk sepeda terlalu tinggi atau terlalu rendah dan punggung bawah tegang maka mengayuh sepeda akan terasa sangat sulit. 

Ketinggian tempat duduk yang tepat akan membuat lutut sedikit menekuk saat pedal dekat dengan tanah. Coba lakukan pengecekan terlebih dahulu, ketika kedua kaki lo gak mencapai lantai saat duduk di kursi, berarti pengaturan tempat duduk sudah normal. 

2. Jaga tubuh agar tetap rileks 

Image source: unsplash.com/@thebrandthinking

Tips yang satu ini akan membuat rintangan di jalan setapak terasa lebih mulus karena sambungan lo yang longgar berfungsi sebagai extra suspension. Walaupun terdengar lebih mudah diucapkan daripada saat dilakukan, tapi jika lo bisa menjaga tubuh tetap rileks, terutama di bagian lengan dan bahu, maka sepeda lo akan lebih mudah dikontrol. 

Untuk memulai, ingatlah dua hal. Pertama, jaga siku dan bahu untuk tetap longgar dengan cara menurunkan dada ke stang. Kedua, gerakkan tubuh lo secara mandiri dari sepeda, misalnya, saat membelok maka belokan pula pinggul ke arah sisi pelana.

3. Terapkan shift early dan shift often 

Image source: unsplash.com/@clementdelhaye

Melakukan shift early dan shift often pada gear sepeda sangat cocok dilakukan saat menempuh rute yang sulit. Sebab, akan terlihat sangat menyakitkan jika ada pengendara yang berusaha sekuat tenaga menempuh jalur pendakian dengan gigi atau gear yang terlalu keras. 

Ketika lo melihat ada rute pendakian, turunkan gigi tepat sebelum tanjakan dimulai. Jika lo bergeser sebelum pendakian dimulai, pedal akan terasa lebih ringan saat menuju puncak pendakian. 

Hal yang sama juga berlaku pada trek yang lo lalui adalah turunan. Cobalah untuk pindah ke gigi yang lebih keras agar kaki lo gak berputar satu mil dalam satu menit saat lo mencapai kaki bukit. 

4. Atur suspensi dengan benar 

Image source: unsplash.com/@worldsbetweenlines

Saat pertama kali mengendarai mountain bike, banyak orang yang gak memikirkan tentang pengaturan suspensi. Mereka akan membiarkan udara masuk ke dalam shock chambers dan memutar knop ke tengah saat berada di jalan setapak. 

Agar hal tersebut gak terjadi pada lo, aturlah suspensi dengan benar berdasarkan berat badan lo, Superfriends. Jika lo gak mengerti bagaimana caranya, cobalah meminta tolong toko sepeda untuk mengaturnya. 

5. Bertemanlah dengan kecepatan