Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

tenda gunung

Author : Admin Adventure

Article Date : 10/01/2022

Article Category : Tips

Apakah lo termasuk orang yang suka mendaki atau berkegiatan di alam terbuka? Kalau iya, maka sudah sepantasnya jika lo punya tenda gunung sendiri. Meski namanya tenda gunung, namun tenda jenis ini juga bisa digunakan untuk berkemah di berbagai tempat, seperti pantai, hutan, atau halaman rumah.

Nah, jika lo mau beli tenda, penting banget untuk menyesuaikan tenda dengan jenis kebutuhan dari pemakaiannya. Biar gak salah pilih, yuk simak beberapa tips memilih tenda gunung yang benar di bawah ini.

1. Sesuaikan ukuran tenda

Image source: unsplash.com/@daanweijers

Tenda gunung hadir dalam berbagai macam ukuran. Mulai dari tenda untuk 2 orang, 4 orang, hingga 8 orang. Untuk itu, sebelum membelinya pastikan dulu ukuran tenda yang lo mau pakai dengan jumlah orang yang menggunakannya.

Tenda yang terlalu kecil akan terasa gak nyaman untuk beristirahat, namun tenda yang ukurannya terlalu besar juga kurang praktis karena sulit dipasang dengan sedikitnya jumlah orang yang ada. Jadi, menyesuaikan pilihan ukuran tenda jelas sangat penting, bukan?

2. Cek ketersediaan flysheet

Image source: shutterstock.com/kamomeen

Bagi orang yang baru pertama kali mendaki atau ingin berkemah mungkin agak asing dengan istilah flysheet. Flysheet sendiri adalah lapisan penutup tambahan di luar tenda yang bisa memberikan perlindungan lebih terhadap cuaca. 

Di malam hari, flysheet membantu tenda terasa lebih hangat dan nyaman. Flysheet yang bagus biasanya dicirikan menutup hampir seluruh permukaan tenda. Jika flysheet hanya menutup sebagian tenda saja, maka akan lebih mudah terbang jika tiupan angin sedang kencang-kencangnya.

3. Pilih tenda dengan model lantai bathtub

Image source: pexels.com/@quang-nguyen-vinh

Istilah tenda dengan lantai model bathup mungkin terkesan aneh untuk didengar. Meski begitu, ini termasuk bagian penting dalam memilih tenda lho, Superfriends. Yang dimaksud dengan model bathtub di sini adalah lantai tenda menyentuh tanah, tapi keempat ujungnya terangkat beberapa sentimeter dari tanah. 

Bentuknya pun mirip dengan kantong sehingga disebut bathtub. Manfaat dari tenda model ini agar air gak bisa masuk dari bawah tenda dan mencegah masuknya serangga dan hewan lain yang hidup di dalam tanah.

4. Berat tenda juga jadi hal penting yang musti dipertimbangkan