Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

6 Alat Musik Modern yang Dapat Digunakan dalam Berbagai Genre

Author : Admin Music

Article Date : 25/07/2021

Article Category : Super Buzz

Seni musik merupakan salah satu seni yang dianggap sudah ada dari jaman dulu kala dan berkembang seiring zaman. Salah satu buktinya adalah dengan kehadiran alat musik modern. Sesuai dengan namanya, alat musik modern adalah alat musik yang datang dari perkembangan zaman yang tidak hanya memberikan kesan baru tapi juga kemudahan dalam penggunaannya.

Kehadiran alat musik modern ini juga berjalan seiringan dengan perkembangan gaya atau genre dalam bermusik yang pesat dan beragam, seperti pop, rock, dan macam jenis musik kontemporer lainnya. Perbedaan mendasar dari alat musik modern maupun tradisional tentu adalah dari tujuannya. Jika dahulu, alat musik digunakan sebagai sarana untuk ritual, kini alat musik modern punya tujuan yang lebih beragam. Tentu saja salah satunya agar bisa mengekspresikan ide kreatif yang dimiliki oleh seseorang. 

Jenis alat musik modern

Meskipun begitu, kerap kali masih ada pemahaman yang kurang tepat dalam apa saja yang tergabung atau teridentifikasi sebagai alat musik modern. Kira-kira kalian tahu, Superfriends? Berikut adalah beberapa jenis alat musik modern yang patut kalian ketahui.

Gitar akustik

 

Mungkin masih banyak keraguan apakah gitar akustik masuk ke dalam alat musik modern atau bukan. Pasalnya, gitar akustik juga sering digunakan dalam permainan musik bergaya klasik, sehingga citra tersebut melekat. Namun berkat desain yang menghadirkan kesan inovatif dari resonansi suara yang keluar dari lubang di tengah, gitar akustik dianggap sebagai salah satu alat musik modern yang masih bertahan untuk digunakan saat ini. Gitar akustik ini masuk ke dalam kategori alat musik modern yang berdawai.

Gitar elektrik

 

Kalau alat musik modern yang satu ini tampaknya sudah tidak perlu lagi diperdebatkan. Gitar elektrik adalah salah satu alat musik modern yang cukup populer hingga saat ini. Gitar elektrik merupakan alat musik modern yang berasal inovasi gitar akustik yang memberikan keleluasaan kepada para pemainnya. Alat musik modern ini tidak hanya mampu memberikan karakteristik suara yang berbeda. Alat musik modern ini juga bisa digunakan untuk berbagai macam gaya bermusik. Selain itu, gitar elektrik juga memiliki aksesori yang cukup memberikan ruang bagi kreativitas untuk mengalir, seperti efek gitar yang mampu memproduksi berbagai macam suara sesuai kebutuhan.

Biola

Satu lagi alat musik modern berdawai yang sering digunakan dalam komposisi musik klasik dan orkestra adalah biola. Meskipun sama berdawai dengan gitar, Biola memiliki spesifikasi nada yang berbeda. Terdiri dari 4 buah senar, nada rendah yang dihasilkan biola bermula dari chord G, ketiga senar lainnya mewakili chord D, A, dan E. Popularitas biola sebagai alat musik modern ternyata kini semakin banyak diminati untuk digunakan dalam berbagai komposisi genre musik. Mulai dari musik pop, rock, jazz, hingga hip hop. 

Saksofon

 

Saksofon merupakan alat musik modern yang berasal dari kelompok alat musik tiup. Popularitas saksofon sebagai alat musik modern ini didasari karena sering digunakan dalam berbagai komposisi musik jazz. Meskipun begitu, saksofon juga biasanya ditemukan dalam pagelaran orkestra. Untuk komposisi atau aransemen musik, saksofon ini dinilai memiliki jangkauan nada yang luas. Hal tersebut didasari salah satunya berkat material logam dengan pengaturan katup udara yang membuatnya jadi alat musik modern yang eksploratif. Meskipun dianggap sebagai salah satu alat musik modern, saksofon pertama kali diciptakan pada tahun 1840 di Belgia oleh Adolphe Sax.

Harmonika

 

Alat musik tiup lainnya yang juga jadi alat musik modern adalah harmonika. Secara rancangan, alat musik modern satu ini dianggap sebagai salah satu inovasi yang cukup baik dalam klasifikasi alat musik tiup. Bentuknya yang kecil dan ringan membuat alat musik modern satu ini mudah untuk dibawa ke mana-mana. Selain itu, dengan bentuk yang kecil, harmonika sebagai alat musik modern juga memiliki jangkauan nada yang cukup luas. Cara memainkan harmonika juga cukup unik, baik ditiup maupun dihisap, keduanya akan mengeluarkan nada atau karakteristik suara yang berbeda.

Meskipun begitu, harmonika sebagai alat musik modern memang tidak mudah untuk dipadu padankan dengan komposisi musik yang beragam. Dianggap sebagai salah satu alat musik modern, ternyata harmonika sudah jadi salah satu budaya musik di TIongkok kurang lebih sejak 5000 tahun yang lalu. Di negara tersebut, alat musik modern ini lebih dikenal dengan nama sheng.

Keyboard

Piano memang jadi salah satu alat musik modern. Namun untuk perihal keleluasaan dan eksploratif keyboard menjadi salah satu alat musik modern yang cukup populer. Bagaimana tidak, alat musik modern satu ini bisa ditemukan dalam berbagai genre musik, baik rock, pop, hip hop, jazz, hingga metal sekalipun. Selain itu, keyboard sebagai alat musik modern juga punya berbagai macam bank suara yang bisa memudahkan ketika kalian memproses atau menggarap lagu. Dari sebuah keyboard, kalian bisa tidak hanya bisa mengeluarkan suara khas alat musik tuts, tapi juga bisa membuat draft atau kerangka untuk bagian fundamental lainnya seperti bass dan juga drum. 

Selain itu, keyboard juga bisa dengan mudah terhubung dengan alat produksi musik modern, seperti komputer. Jadi kalian bisa bisa lebih mudah mengatur proses rekaman dengan satu alat saja. Apalagi jika kalian yang kini sedang fokus mencoba memproduksi musik di rumah. Perlu diingat, berbeda dengan piano yang menggunakan senar dan resonansi suara dari material kayu untuk suaranya, kalian membutuhkan aliran listrik untuk memainkan keyboard.

 

Image courtesy of Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

# alat musik #Gitar #gitar akustik # gitar elektrik #biola #keyboard #saksofon

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /