Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Perlengkapan surfing

Author : Admin Adventure

Article Date : 15/01/2022

Article Category : Places & Gears

Olahraga surfing di Indonesia telah berkembang pesat karena didukung dengan ketersediaan tempat surfing yang begitu beragam. Sebagai salah satu olahraga yang memacu adrenalin, surfing jelas membutuhkan persiapan yang khusus. 

Bukan hanya tempatnya saja, untuk melakukan surfing juga dibutuhkan perlengkapan khusus. Nah, buat Superfriends yang ingin mencoba olahraga ekstrem satu ini, sebaiknya ketahui dulu jenis-jenis perlengkapan surfing berikut ini, Superfriends. 

1. Board (papan selancar)

Image sourcee: pexels.com/@arthousestudio

Board atau papan selancar terdiri dari beberapa tipe. Namun, ada tiga jenis papan selancar yang umum dikenal dan masing-masing memiliki besar, lebar, dan tinggi yang berbeda. Dari ketiganya hanya dua yang cocok digunakan untuk pemula. 

Bagi pemula, disarankan untuk menggunakan papan yang berukuran lebih tinggi dari ukuran badan. Ini karena papan surfing yang berukuran besar akan memudahkan para peselancar pemula untuk melakukan teknik paddling atau mengayuh. 

Ukuran papan selancar untuk pemula juga harus memiliki panjang sekitar tujuh kaki dengan lebar 19 - 21 inci dan memiliki ketebalan 2 hingga 3 inci. Buat Superfriends yang baru pertama kali mencoba surfing dan gak memiliki papan selancar, lo bisa menyewanya di tempat-tempat yang biasa menyediakan perlengkapan selancar.  

2. Rash guard (pakaian khusus surfing)

Image sourcee: pexels.com/@80609796

Untuk melakukan surfing, alangkah baiknya untuk mengenakan pakaian yang mendukung. Mungkin terdengar sepele, tapi nyatanya pakaian surfing sangat berpengaruh terhadap permainan surfing lo nantinya.

Dengan menggunakan kaos khusus bermain surfing, dipastikan lo akan menjadi lebih nyaman saat bermain. Kaos surfing ini juga akan melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. 

3. Boardshort (celana pendek)

Image source: unsplash.com/@dannyavilamedia

Sama halnya dengan rash guard atau kaos surfing, boardshort atau celana pendek khusus surfing jadi item yang sebaiknya lo gunakan ketika bermain surfing. Celana satu ini biasanya didesain dengan motif yang kekinian. 

Selain itu, bahannya pun ringan dan mudah kering sehingga nyaman saat digunakan. Di Indonesia sendiri, kebanyakan peselancar lebih memilih mengenakan celana surfing dengan model street karena lebih nyaman dipakai dan membuat peselancar mudah bergerak. 

4. Leash (tali di kaki)

Image source: unsplash.com/@nekhaev

Kalau lo sudah pernah menyaksikan aksi para peselancar, lo pasti gak asing dengan tali yang biasa menempel pada kaki para peselancar. Tali tersebut biasa disebut dengan leash. Tali ini memang harus menempel pada papan dan kaki ketika tengah bermain surfing karena di situlah sebenarnya lo sedang mempertaruhkan hidup.

Jangan sekali-kali bermain surfing tanpa mengaitkan tali tersebut pada pergelangan kaki, apalagi jika bermain di ombak besar. Leash akan melindungi lo agar gak terpisah terlalu jauh ketika kontak dengan ombak atau gagal menaiki ombak (take off), 

Untuk papan tipe longboard, jangan memakai tali pendek dan dianjurkan untuk memakai ukuran 8 inci atau 9 inci ke atas sehingga lo bisa bergaya sambil berselancar. Sementara untuk shortboard disarankan untuk menggunakan leash ukuran 5 inci atau 6 inci. 

5. Wax (lilin) dan wax comb (sisir)

Image source: gosurfperth.com

Wax atau lilin berfungsi untuk menambah daya lekat kaki terhadap papan surfing sehingga kaki gak akan terasa licin saat berdiri di atas papan. Cara penggunaannya mudah, cukup dioleskan ke seluruh permukaan papan surfing. 

Selain wax, ada pula perangkat bernama wa comb atau sisir. Sesuai namanya, sisir ini biasa digunakan untuk meratakan kembali wax dan membuat wax lama terangkat sehingga permukaan bisa menjadi lebih kasar. Alat ini sangat berguna kalau lo pergi berselancar tapi lupa membawa wax. 

6. Fins (sirip) dan fins key (kunci sirip)

Image source: unsplash.com/@mganeolsen

Fins atau kaki selancar berguna untuk mengatur laju dan arah papan selancar. Ada banyak jenis fins yang bisa digunakan. Para peselancar bisa menyesuaikannya dengan tipe dan karakter ombak yang ingin ditaklukan. 

Untuk peselancar profesional kerap bereksperimen dengan menggunakan berbagai fins di setiap sesi latihan. Hal ini dilakukan guna mendapatkan hasil dan kenyamanan saat berselancar. 

Selain itu, ada pula fins key yang diperlukan untuk membuka fins. Benda ini gak boleh sampai tertinggal, terutama saat lo melakukan perjalanan jauh untuk berburu ombak. 

Untuk mengetahui cara pemakaiannya, lo bisa berkonsultasi dengan orang-orang yang bekerja di toko-toko surfing. Biasanya mereka akan memberikan pilihan fins key yang cocok dengan tipe fin yang lo inginkan, Superfriends. 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Extreme #Beginner #Gear

Source:https://review.bukalapak.com/travel/perlengkapan-surfing-109611

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Places & Gears

Adventure ke Sulawesi Utara, Ini Deretan Destinasi Wisata yang Bisa Lo Explore

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Rekomendasi Tempat Bukber di Jakarta Pusat, Luas dan Nyaman!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Menantang Maut di Tiger Beach Bahama, Bisa Diving Bareng Sekelompok Hiu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Hiking Santai di Bukit Trunyan Bali, Nikmati Pemandangan Sunrise dan Gunung Batur

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Mau War Takjil di Semarang? Ini Rekomendasi Tempat yang Bisa Lo Serbu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Serunya Explore Pantai Paal, Spot Sunrise Terbaik di Sulawesi Utara

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Punya View Pantai! Ini Rekomendasi Restoran untuk Bukber di Jakarta Utara

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Adventure ke Blue Corner, Spot Diving Terbaik di Dunia yang Ada di Palau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Mau Ngabuburit Sambil War Takjil di Surabaya? Ini Rekomendasi Tempatnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Places & Gears

Unik Banget! Ini Deretan Pantai Berpasir Pink yang Ada di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /