Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Reset Password

Please choose one of our links :

6 Tips Memilih Bass Agar Tidak Rugi

Author : Admin Music

Article Date : 01/08/2021

Article Category : Super Buzz

Mencari tips memilih alat musik seperti tips memilih bass menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk diketahui oleh kalian yang memang sedang mencoba untuk bermusik dengan instrumen fundamental, Superfriends. Sebelum menemukan tips memilih bass, pasti di antara kalian sudah punya bayangan atau impian memiliki bass dari merk, jenis, maupun model tertentu. Namun, kalian perlu pahami bahwa tidak semua bass idaman bisa dijadikan acuan sebagai salah satu tips memilih bass.

Sebagaimana yang kita ketahui, bass merupakan salah satu instrumen atau alat musik yang fundamental dalam komposisi lagu. Bass dengan karakteristik frekuensi rendah ini biasanya berperan dalam menentukan dasar maupun ketukan dari sebuah aransemen musik. Oleh karena itu, penting bagi kalian mencari referensi atau informasi lebih dalam menentukan tips memilih bass yang baik dan sesuai. Ketika berkeinginan untuk menjadi musisi, mungkin menjadi penyanyi, gitaris, serta pemain drum lebih sering jadi pilihan banyak orang. 

Padahal dalam sebuah band kehadiran sosok pemain bass yang mumpuni juga jadi penting agar menghadirkan harmoni yang kuat di setiap karya yang dibuat. Beberapa musisi legendaris seperti Carol Kaye mengatakan bahwa pemain bass memegang peran fundamental dalam pembentukan irama lagu. Bassist memegang peran untuk mengarahkan penabuh drum agar permainannya tetap selaras dan harmonis.

Bagi kalian yang ingin belajar sebagai pemain bass pemula atau memang sedang mencari bass kedua maupun ketiga, tampaknya mengaplikasikan tips memilih bass dalam artikel ini bisa memudahkan proses penentuan alat musik fundamental yang tepat. Berikut adalah tips memilih bass yang bisa kalian coba, Superfriends.

  1. Lakukan riset

    Sebelum memulai mencari bass pilihan, alangkah baiknya jika kalian terlebih dahulu melakukan riset sebagai salah satu tips memilih bass yang baik. Riset dalam tips memilih bass ini bisa dilakukan dengan mudah di Internet, mulai dari jenis bass apa yang kalian perlukan, spesifikasinya, hingga karakteristik suara yang diinginkan. Riset sebagai tips memilih bass dinilai penting, untuk membangun penilaian yang sesuai terhadap alat musik bass yang kalian perlukan, Superfriends. Sehingga di masa yang akan datang, kalian tidak menyesal setelah memiliki bass yang sudah dibeli. Dengan melakukan riset terlebih dahulu sebagai salah satu tips memilih bass, kalian juga bisa menyesuaikan target budget yang dibutuhkan ke depannya.

  2. Sesuaikan dengan budget

    Bass dan juga alat musik lainnya bukanlah barang yang terjangkau. Oleh karena itu pembuatan anggaran atau budget diperlukan sebelum kalian mulai membeli bass idaman. Penting bagi kalian untuk menyesuaikan budget sebelum membeli bass. Tips memilih bass satu ini berguna agar kalian bisa mendapatkan kualitas bass yang sepadan dengan uang yang kalian keluarkan. 

    Jika kalian mengincar bass yang dijual dalam kondisi baru produksi merk ternama, alangkah baiknya kalian menabung terlebih dahulu. Jangan terburu-buru membeli bass jika dana yang ada masih kurang. Tips memilih bass satu ini juga bisa kalian aplikasikan untuk membeli bass yang dijual dalam kondisi bekas. Sesuaikan budget dengan bass incaran kalian, tapi jangan lupakan juga kontrol dari kualitas yang ditawarkan agar tidak merasa rugi.

  3. Pastikan kegunaannya sesuai

    Dari menjalani riset sebagai tips memilih bass, kalian juga bisa memastikan kegunaan bass yang akan kalian beli nantinya. Perlu disadari, meskipun menjadi alat musik yang fundamental, bass juga bisa menawarkan fleksibilitas tergantung kegunaannya. Pastikan terlebih dahulu gaya permainan kalian sebagai langkah lanjutan dari tips memilih bass, Superfriends. Banyaknya jenis bass yang dijual di pasaran memang sengaja diproduksi untuk menjadi pendamping sesuai dari gaya permainan khusus dari setiap pemain bass. Jangan lupakan tips memilih bass satu ini sebelum membeli.

  4. Kenali material yang digunakan

    Hampir seluruh alat musik yang diproduksi, dirancang menggunakan material kayu. Namun, kalian perlu tahu mengenai jenis kayu yang digunakan sebagai lanjutan dari tips memilih bass yang tepat. Pasalnya, kayu merupakan salah satu material yang cukup penting untuk kalian pahami. Berbeda jenis kayu, berbeda juga resonansi dan karakteristik suara yang akan dikeluarkan dari bass. 

    Selain itu, dalam beberapa jenis bass, ada juga yang dirancang menggunakan dua jenis kayu yang berbeda, biasanya untuk bagian bodyneck, atau fretboard. Pemahaman mengenai material kayu sebagai tips memilih bass ini juga akan memudahkan kalian dalam menentukan bass yang sesuai dengan gaya permainan. Selain itu, dengan mengetahui jenis kayu yang ada di dalam bass incaran, kalian juga akan lebih mudah mengetahui cara merawatnya agar mampu tahan lama di iklim tropis seperti Indonesia.

  5. Kondisi fisik terjaga

    Baik kalian ingin beli bass baru maupun bass bekas, pastikan kondisi fisiknya terjaga, ya Superfriends. Tips memilih bass satu ini juga penting, karena kalian harus memastikan uang yang sudah dikeluarkan sepadan dengan kondisi fisik dari bass tersebut. Meskipun bass baru di toko musik akan terjaga kualitasnya, tidak ada salahnya kalian untuk memastikannya sendiri. Pastikan bagian neck dari bass tersebut lurus, selain itu fret dan bridge-nya masih ada dalam kondisi prima. Tips memilih bass satu ini perlu diaplikasikan agar kalian tidak menemukan cacat pada produksi pabrik dari bass yang hendak kalian beli.

  6. Cek kualitas suara

    Tips memilih bass yang terakhir tentu saja kalian perlu memeriksa kualitas suara. Kualitas suara ini tidak hanya sekadar mendengarkan dari hasil amplifier saja. Pastikan tidak ada masalah pada pick up dari bass yang hendak kalian beli. Selain itu, perhatikan juga lubang input pada bass tersebut agar suara yang dihasilkan bisa optimal dan sesuai dengan apa yang kalian inginkan.

Image courtesy of Evannovostro/Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#tips # alat musik #bass

0 Comments

Comment
Other Related Article
Album Kedua Big Red Machine yang Kayak dengan Kolaborasi

Album Kedua Big Red Machine yang . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Lewat Album Debut, Gangga Ajak Merayakan Patah Hati

Lewat Album Debut, Gangga Ajak Merayakan . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Doggyhouse Records: dari Shaggydog untuk Musik Indonesia

Doggyhouse Records: dari Shaggydog untuk Musik . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Luapkan Gelisah, Boston Manor Rilis “Carbon Mono”

Luapkan Gelisah, Boston Manor Rilis “Carbon . . . .

21 September 2021

Super Buzz

Ed Sheeran Rilis Single Baru Penuh Emosi untuk Album Keempat

Ed Sheeran Rilis Single Baru Penuh . . . .

21 September 2021

Super Buzz

5 Lagu Terbaik Pemenang Grammy untuk Playlist Penyemangat

5 Lagu Terbaik Pemenang Grammy untuk . . . .

21 September 2021

Super Buzz

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo ‘Ngopi Dulu Lah’

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Dry Cleaning Lepas Double Single untuk Rayakan Album Debut Mereka

Dry Cleaning Lepas Double Single untuk . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Lagu Sedih Indonesia dari Musisi dan Band Indie Lokal

Lagu Sedih Indonesia dari Musisi dan . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Jangar Tebar Penawar Rindu Lewat “Rijang”

Jangar Tebar Penawar Rindu Lewat “Rijang”

19 September 2021

Super Buzz

1 /