Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

7 Cara Belajar Gitar untuk Pemula, Agar Makin Terlatih

Author : Admin Music

Article Date : 20/08/2022

Article Category : Super Buzz

Superfriends, yuk, segera kuasai cara belajar gitar agar kalian semakin terlatih. Gitar memang telah lama menjadi alat musik yang paling populer dan digemari banyak orang. Gitar mampu menghasilkan berbagai genre musik, mulai dari pop, rock, indie, metal, punk, hingga dangdut sekalipun. Kalian tentu punya gitaris favorit, bukan?

Alat musik yang satu ini terlihat sederhana, tapi ada banyak lagu yang tercipta dari petikan nadanya. Meski terlihat sederhana, tak semua orang bisa memainkan alat musik ini. Nah, jika kalian adalah pemula, kalian bisa simak 7 cara belajar gitar berikut ini.

Cara Belajar Gitar

Jika kalian punya hobi bermusik atau ingin lebih mendalami musik, kalian bisa memulainya dengan mengetahui cara belajar gitar. Gitaris andalan bahkan pernah melalui masa-masa cara belajar gitar ini hingga mencapai skill dewa seperti sekarang. Kuncinya adalah berlatih dan terus berlatih.

  1. Pelajari kunci dasarnya

    Superfriends, cara belajar gitar yang pertama adalah dengan mempelajari kunci-kunci dasar pada gitar. Secara umum, gitar memiliki enam senar. Senar 1, yang paling bawah, menghasilkan nada E. Secara berurutan, senar 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 akan menghasilkan nada E’-B-G-D-A-E. Nada ini berlaku untuk jenis gitar enam senar baik akustik maupun elektrik. Perbedaannya terletak di bagian tuning-nya.

  2. Pelajari cara tuning gitar

    Cara belajar gitar selanjutnya adalah dengan mempelajari cara tuning gitar atau menyetel senar gitar. Tujuannya adalah untuk mendapatkan nada-nada yang tepat di setiap senarnya, sehingga menghasilkan nada E’-B-G-D-A-E tadi. Tuning ini penting agar melatih kepekaan telinga kita akan nada serta menghasilkan suara yang pas.

    Untuk menyetel senar gitar ini, kalian bisa mengatur nadanya dengan memutar pasak pada ujung gitar agar mengencangkan senar, sehingga bisa mencapai nada E’-B-G-D-A-E tadi. Jika kalian masih ragu akan nada tersebut, kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi tuner lewat smartphone kalian, Superfriends.

  3. Tentukan posisi gitar yang pas

    Setelah berhasil menyetel senar, kalian bisa menentukan posisi gitar yang pas. Cara belajar gitar ini dimulai dengan memposisikan gitar agar kalian nyaman saat memegangnya. Kalian bisa memangku gitar dan mendekatkan bodi gitar ke dada dan perut dalam posisi duduk. 

    Tegakkan punggung dan bahu kalian. Posisikan tangan memegang neck gitar dengan ibu jari di belakang neck dan emapt jari lainnya di depan neck gitar. Cobalah tekan senar di bagian neck dan tangan kiri memetik senar yang ditekan tersebut. Mulailah secara perlahan mempelajari kunci-kunci gitar agar kalian lebih terbiasa. Cara ini akan membuat kalian nyaman dan lebih fokus untuk memetik senar-senarnya.

  4. Mulailah dengan sebuah lagu dengan kunci dasar yang mudah

    Agar kalian tidak bosan dalam cara belajar gitar ini, kalian bisa lho memilih sebuah lagu dengan kunci yang sangat mudah atau menggunakan kunci dasar. Tak perlu malu, ulangi jika petikan gitar kalian tampaknya berbeda dengan lagu yang sedang dipelajari. Jika sudah menguasai sebuah lagu, proses kalian untuk mempelajari kunci-kunci lain jadi lebih mudah.

  5. Melatih otot tangan

    Jika kalian adalah seorang pemula, jari-jari kalian akan terasa sakit ketika menekan fret-fret gitar di bagian neck. Tapi, itu adalah bagian dari proses cara belajar gitar, Superfriends. Oleh karena itu, berlatih gitar akan membantu kalian lebih terbiasa memegang neck dan memetik senar dengan tepat sesuai kunci dasar yang telah kalian pelajari. Sebab, dengan memahami cara belajar gitar ini, kalian juga akan melatih otot tangan, terutama di jari-jari tangan kiri kalian, menguasai setiap nada yang dihasilkan dari masing-masing senar dan fret.

  6. Pelajari melodi gitar

    Seiring waktu, kemampuan kalian menguasai gitar akan semakin berkembang, Superfriends. Cara belajar gitar itu bisa kalian lanjutkan dengan mempelajari melodi gitar. Nah, cara untuk mempelajari melodi pada gitar adalah sebagai berikut:

    • Membaca tabulasi, yaitu proses penempatan data dalam bentuk tabel berisi not.
    • Memahami scale, biasanya dimulai dengan pentatonic scale.
    • Memahami improvisasi ini merupakan cara belajar melodi gitar dengan menebak nada lagu dan mencobanya sendiri.
  7. Berlatih secara rutin

    JIka kalian telah mengenali beberapa kunci dasar dan mulai terbiasa dengan beberapa lagu yang mudah untuk dipelajari dengan gitar, cara belajar gitar bisa dilanjutkan dengan lebih rajin berlatih secara rutin. Superfriends, ketahuilah bahwa kunci sukses menjadi seorang gitaris yang hebat adalah dengan berlatih. Latihan tentu saja akan terus mengasah dan mengembangkan kemampuan kalian dalam memainkan gitar. Buatlah target-target tertentu jika kalian memang serius ingin menguasai gitar, atau mungkin ingin menjadi gitaris seperti idola kalian.

Superfriends, itulah 7 cara belajar gitar untuk pemula agar kalian semakin terlatih. Kunci utamanya memang terletak pada jam latihan kalian. Semakin kalian rutin memegang gitar dan mempelajari lagu-lagu, semakin baik pula skill kalian.

Cara belajar gitar ini bisa diteruskan dengan lebih sering mendengarkan lagu-lagu untuk melatih kepekaan kalian terhadap nada dan mengulik lagu-lagu tersebut dengan gitar kalian. Semangat belajar gitar, Superfriends!

Image source: Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#cara belajar gitar #tuning gitar #senar #Gitar #lagu

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Rich Brian, Contoh Paling Ultimate Sebuah Kesuksesan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sempat, Single Terbaru yang Dilepas Hanin Dhiya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Chintya Gabriella Percaya Diri di Single Tak Apa Tanpamu

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gorillaz Umumkan Album Cracker Island dan Rilis Single Baru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Beside Hadirkan Materi Akustik di Album Baru Almighty God

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

My Chemical Romance Rilis EP The Mad Gear and Missile Kid

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

.Feast Hadirkan Tiga Single Lain dari EP Abdi Lara Insani

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Wonder Years Lepas Single Old Friends Like Lost Teeth

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Architects Rilis Single Baru yang Meledak-ledak, deep fake

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

FIDLAR Kembali Setelah 3 Tahun dengan Single Terbaru, FSU

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /