Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

7 Fakta Album Nevermind Milik Nirvana yang Kini Berusia 30 Tahun

Author : Admin Music

Article Date : 30/10/2021

Article Category : Bands

Tanggal 24 September 1991 menjadi hari yang spesial buat Nirvana dan para penggemarnya. Di hari itu, album kedua Nirvana yang bertajuk 'Nevermind' resmi dirilis melalui DGC Records.

Di tahun 2021, album ini merayakan hari jadi ke-30. Tak ada yang lebih spesial untuk merayakan hari jadi album ikonik Nirvana ini dengan menghadirkan sesuatu yang juga istimewa.

Album ii baru saja di-remaster untuk memperingati tiga dekade kelahirannya dengan berbagai format album yang akan dirilis mulai 12 November. Ambil contoh edisi Super Deluxe yang akan berisi 94 trek audio dan video, 70 di antaranya belum pernah dirilis sebelumnya.

Di dalam edisi Super Deluxe itu, ada pula empat pertunjukan langsung Nirvana di era 1990an yaitu penampilan: Live in Amsterdam, Belanda (direkam dan difilmkan pada 1991 di klub Paradiso, lalu Live in Del Mar, California (direkam pada 28 Desember 1991 di Pat O'Brien Pavilion), Live in Melbourne, Australia untuk triple j (direkam pada 1 Februari 1992 di The Palace), dan terakhir Live in Tokyo, Jepang (direkam di Nakano Sunplaza pada 19 Februari 1992).

Versi Super Deluxe yang super epik ini juga akan mencakup rilisan 7″(inci) pertama dari Endless, Nameless with B‑sides Even In His Youth and Aneurysm, dan buku hardcover 40 halaman dengan foto-foto yang belum pernah dirilis sebelumnya di manapun.

Sebagai album yang begitu ikonik dari Nirvana dengan beberapa single andalan macam "Smells Like Teen Spirit", album 'Nevermind' memang selalu punya tempat istimewa bagi penggemar Nirvana dan dianggap punya peran penting mempopulerkan musik grunge ke seluruh penjuru dunia di era 90an.

Nah, untuk merayakan ulang tahun album ikonik Nirvana ini, berikut Supermusic sudah merangkum fakta-fakta menarik dari album 'Nevermind' khusus untuk Superfriends.

1. Cover Album Nevermind

Seperti yang diketahui, bukan cuma materi musik yang bikin album Nevermind begitu dikenang. Artwork atau cover dari album ini pun dianggap begitu ikonik. Menampilkan seorang bayi laki-laki sedang berenang dan ada uang dollar.

Fotografer yang mengambil foto untuk cover album Nevermind, Kirk Weddle, dikabarkan melakukan dua kali pengambilan gambar. Satu dengan bayi laki-laki, satu lagi bayi perempuan. Namun, label Nirvana saat itu memilih menggunakan bayi laki-laki.

2. Menolak Tur Bareng Guns N' Roses 

Dalam proses promosinya, Nirvana dikabarkan pernah mendapat kesempatan tur bareng Guns N' Roses. Hal ini diminta langsung oleh vokalis Axl Rose.

Rose tertarik mengajak Nirvana setelah album Nirvana laku keras dari jadi hits baru saati itu. Namun, Kurt Cobain menolak tawaran tersebut. Cobain bahkan menyebut bahwa Guns N' Roses bukan band bagus, begitu pula dengan musik-musiknya.

3. Nirvana Diusir dari Pesta Perilisan Album Nevermind

Ketika pesta dilangsungkan untuk merayakan perilisan album Nevermind di tempat yang cukup kecil di Seattle Rebar, tiba-tiba pesta itu menjadi kacau setelah Cobain dan rekan-rekan bandnya datang.

Cobain dan kawan-kawannya saat itu datang dengan kondisi mabuk lalu mengacau. Dikabarkan mereka melemparkan semangka yang sudah diisi dengan saus hingga akhirnya anggota Nirvana sendiri diusir dari pesta perilisan album mereka sendiri.

4. Awalnya Akan Diberi Judul 'Sheep' (Domba)

Jika saja judul tentatif yang akhirnya dipilih oleh Kurt Coban dan kawan-kawan Nirvana lainnya untuk album kedua mereka, maka besar kemungkinan album ikonik ini tidak akan dikenal dengan nama Nevermind.

Dikabarkan bahwa pada awalnya judul album kedua Nirvana akan diberi tajuk 'Sheep' atau Domba. Disebutkan bahwa ini merupakan manifesto Cobain tentang sebuah kesesuaian.

5. Nirvana Hampir Bubar Gara-gara Nevermind

Di balik kisah sukses dan begitu besarnya pengaruh album Nevermind, album ini nyatanya pernah hampir membawa perpecahan di dalam tubuh Nirvana. Adalah masalah perselisihan royalti album tersebut yang jadi biang keladi pertikaian.

Kabarnya, setelah enam bulan album dirilis, Cobain tiba-tiba menuntut jatah atau bagian yang jauh lebih besar. Dua personel band lainnya saat itu, Novoselic dan Dave Grohl hampir keluar dari band sebagai bentuk protes.

6. Dave Grohl Adalah Drummer Keenam Nirvana Saat Itu

Album Nevermind memang menjadi album perdana yang dirilis Nirvana bersama Dave Grohl sebagai drummer. Namun, Grohl nyatanya bukan drummer pertama di dalam tubuh Nirvana. Ada sekitar 4 orang sebelum Dave Grohl yang dicoba untuk mengisi bagian drum di album Nevermind.

7. Kurt Cobain Tak Menyukai MV Awal 'Smells Like Teen Spirit'

Sebagai frontman, Kurt Cobain memang punya andil besar dalam proses kreatif album Nevermind. Dia dikabarkan sangat tidak menyukai pengambilan video musik 'Smells Like Teen Spirit' yang diarahkan oleh sutradara Sam Bayer.

Untuk memperbaiki itu, Kurt Cobain terbang ke Los Angeles untuk mengedit video ikonik itu secara pribadi. Dia kemudian mengatakan kepada MTV bahwa video musik yang diambil oleh Sam Bayer lebih terlihat seperti iklan daripada sebuah video musik.

 

Image source: Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#grunge #Rock #post rock #nirvana # Nevermind #Kurt Cobain #dave grohl

0 Comments

Comment
Other Related Article
Musik Kontemporer: Pengertian, Unsur, dan Karakteristiknya

Musik Kontemporer: Pengertian, Unsur, dan Karakteristiknya . . . .

23 November 2021

Bands

Limp Bizkit Rilis Album Baru Still Sucks di Hari Halloween

Limp Bizkit Rilis Album Baru Still . . . .

22 November 2021

Bands

9 Pencipta Lagu Tanah Air Legendaris dengan Karya Terbaik

9 Pencipta Lagu Tanah Air Legendaris . . . .

20 November 2021

Bands

4 Lagu Populer 2021 untuk Referensi Musik Terbaru

4 Lagu Populer 2021 untuk Referensi Musik Terbaru

13 July 2021

Bands

Seni Musik: Pengertian, Unsur, dan Mediumnya

Seni Musik: Pengertian, Unsur, dan Mediumnya

22 June 2021

Bands

1 /