Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Author :

Article Date : 29/08/2017

Article Category : Super Buzz

Memasuki dekade 70-an, rock Indonesia sempat mengalami dua fase: meroket dan melemah. Di awal dekade ini, band-band rock Indonesia merilis album dan tampil di berbagai kota. Antusiasme di era ini terbantu dengan persebaran majalah seperti Aktuil, yang kerap mengulas band rock, dan radio sebagai media penyebaran musik terluas pada saat itu.

Baca Juga: Clean Boost Pedal: Fungsi dan Alasan Memilihnya

Musik rock kemudian melemah pada akhir dekade 70-an, lantaran popularitas musik pop yang semakin mendominasi tangga lagu dan radio. Hal ini disebabkan oleh keputusan cukong rekaman yang mendorong album-album pop. Di awal dekade ini, band-band rock mengatasi hal ini dengan menyelipkan beberapa nomor pop, ballad atau melayu di album mereka. Namun lama kelamaan, band seperti God Bless dan Superkid meminimalisir jumlah lagu pop, ballad, dan melayu.

Pada periode ini istilah underground juga menemukan bentuknya. Beberapa band yang kalah populer ketimbang grup dan penyanyi pop tampil sebagai antitesis, musik alternatif yang dinikmati kalangan terbatas. Aksi panggung yang eksentrik dan kekuatan sound rock yang belum dilemahkan menjadi andalan AKA, Ternchem, Superkid dan God Bless. Berikut adalah beberapa album pengantar ke dalam dunia rock Indonesia era 70-an.

1. AKA - Do What You Like (1970)

Penggemar rock Indonesia mengenal AKA (Apotik Kali Asin, milik orang tua Ucok) lewat aksi teatrikal Datoe Oloan “Ucok” Harahap di panggung, baik berjingkrak bak kuda lumping atau keluar dari peti mati. Keputusan lain AKA yang tak kalah eksentrik adalah memainkan tiga nomor rock/funk (“Do What You Like”, “Glenmore” dan “We’ve Gotta Work It Out”) bersamaan dengan pop/ballad (“Akhir Kisah Sedih”, “Panorama Pagi”, dan “Keagungan Tuhan”) di satu album. Do What You Like adalah pengantar penting rock Indonesia 70-an, era di mana mayoritas band rock harus menyertakan nomor pop ballad/melayu bila ingin albumnya laku dan tetap ingin membawakan musik rock.

2. Panbers - Volume 1 (Kami Tjinta Perdamaian) (1971)

Di album ini Pandjaitan Bersaudara menunjukkan bagaimana benang merah psikedelia bisa dijahit di semua lagu, baik nomor pop/ballad atau psychedelic rock era Revolver. Kentalnya organ dan petikan gitar mengawang muncul di “Hanja Semusim Bunga”, “Kami Tjinta Perdamaian”, “Djakarta City Sound” dan “Colour of Your Heart”. Volume I memperdengarkan kemahiran Panbers menulis lagu, kualitas yang mereka bawa sampai musik mereka berubah total menjadi pop ballad di pertengahan 80-an.

3. Ternchem - Group Ternchem (1972)

Selain AKA, band lain yang terkenal lewat teatrikal panggung mengejutkan adalah Ternchem. Motor aksi tersebut adalah Bernard (vokal), yang beraksi bak orang kesurupan, membawa ular ke panggung, hingga menyemburkan api di panggung. Penampilan Ternchem tak kalah garangnya dibanding komposisi dan sound mereka. Seluruh lagu Ternchem di album ini menggunakan bahasa Indonesia dan Jawa, pembeda mereka dengan band-band rock lain di dekade ini. Mencomot sound Grand Funk Railroad, Deep Purple dan Led Zeppelin dari siaran radio, Ternchem memainkan rock di atas struktur musik tradisional dan pop ballad. Hasilnya? Cukup mengesankan mengingat mereka adalah band rock pertama yang menggunakan idiom  “Jaman Edan” di atas sayatan gitar psikedelik bertemu kroncong sebagai hits utama.

4. Freedom of Rhapsodia - Freedom of Rhapsodia (1972)

Pernah mendengar nama Deddy Dores? Sebagian besar dari kita mengenalnya sebagai penyanyi pop ballad dan penulis lagu untuk Nike Ardilla. Jauh sebelum itu, Deddy pernah menghuni Freedom of Rhapsodia (setelah ia hengkang ke God Bless berubah menjadi Freedom), ia membawakan nomor hard rock “Freedom” dan “Hilangnya Seorang Gadis”, hits yang populer sampai pertengahan 90-an. Freedom of Rhapsodia membawakan dua genre itu dengan komposisi sederhana yang mudah dinikmati, cikal bakal pop rock Indonesia.

5. Shark Move - Gede Chokra's (1973)

Shark Move adalah band yang berumur paling pendek dari sekian proyek musik rock Benny Soebardja. Dirilis secara mandiri, Gede Chokra's adalah album progressive rock terunik yang paling terlambat terekspos di tanah airnya sendiri. Lagu-lagu di album ini selain memiliki komposisi megah dan instrumentasi yang variatif (flute, hammond), juga berbicara tentang realita sosial era 70-an dengan setelanjang mungkin. “Evil War” adalah kritik terhadap G30S, sementara “Madat” merupakan nomor rock sendu anti-narkotika, jauh sebelum Minor Threat menulis lirik “Straight Edge”.

6. The Gang of Harry Roesli - Philosophy Gang (1973)

Philosophy Gang adalah satu dari sekian proyek musik berpengaruh karya Harry Roesli. Dirilis melalui Lion Records di Singapura, Philosophy Gang sempat dicekal peredarannya di Indonesia lantaran sampul yang menampilkan figur telanjang. Philosophy Gang memuat embrio eksperimentasi musik Harry di kemudian hari (terutama album Ken Arok, 1977), seperti sound jazz, funk, rock dan soul. Elemen-elemen tersebut bergandengan dengan lirik filosofis, terkadang introspektif (“Don’t Talk About Freedom”), satir dan menyindir (“Peacock Dog”) atau kritis tanpa basa-basi (“Malaria”). Album ini adalah gerbang pertama musik progresif Indonesia dan salah satu yang terbaik, tentunya.

7. God Bless - God Bless (1976)

Album ini dirilis tengah tren pop yang mendominasi radio. Bermodalkan komposisi megah dan rumit, popularitas musik ini melambung tinggi meninggalkan rock. God Bless dirilis di waktu yang tepat; ia keras, mentah dan lugas. Di beberapa lagu (“Setan Tertawa”, “Sesat” dan “Rock di Udara”) distorsi gitar Ludwig Lemans terdengar kasar menghujam. Kemahiran instrumentasi God Bless adalah salah satu daya tarik utama album ini, terutama permainan kibor Jockie Surjoprajogo. Karier legendaris mereka berawal dari album ini.

8. Superkid - Troublemaker (1976)

Jangan kaget kalau kamu melihat album yang sempat langka ini di rak musik mall terdekat. Troublemaker memang sempat dirilis ulang oleh Bravo Music pada tahun 2013 dalam format CD. Di album ini rock paling keras di masanya dapat kita temui, tak heran mengingat band ini diperkuat ‘trio bengal’ Deddy Stanzah (eks The Rollies, vokal/gitar), Deddy Dores (vokal, piano/kibor), dan Jelly Tobing (drum). Mereka mengeksplorasi berbagai spektrum rock (walau masih menyelipkan nomor pop/ballad), blues ala The Rolling Stones, komposisi Deep Purple, hingga lengkingan harmonika hadir di Troublemaker.

9. Giant Step - Giant On The Move (1977)

Di paruh kedua dekade 70-an, tak hanya hard rock yang kembali dihidupkan oleh God Bless dan Superkid, progressive rock juga menemukan pendengarnya lewat Giant Step. Berbeda dengan Mark I (1975), Giant Step berkembang pesat di album Giant On The Move. Di album kedua ini, Giant Step sepertinya terpengaruh band-band progressive rock asal Britania Raya seperti Yes, Genesis, Gentle Giant, dan ELP. Pada Giant On The Move, komposisi serta instrumentasi mereka semakin kompleks. Melalui album ini, Giant Step membuka jalan bagi band-band progressive rock Indonesia setelahnya untuk memainkan lagu bertema apapun (cinta, kritik lingkungan, kebingungan) dengan komposisi kompleks tanpa ampun.

10. Abbhama - Alam Raya (1978)

Jika Giant Step menggunakan bahasa Inggris sepenuhnya di Giant On The Move, maka Alam Raya menggunakan bahasa Indonesia sepenuhnya dalam lirik mereka. Abbhama tak hanya terdepan soal lirik. Sebagai grup yang kerap memainkan komposisi Bach dan Vangelis, kualitas komposisi Alam Raya terasa dari riff pertama. Berbeda dengan rekan-rekan mereka, kompleksitas komposisi Abbhama terasa mengalir dan membius. Album yang sempat tenggelam di pasaran ini telah dirilis ulang pada tahun 2014.

Baca Juga : Grausig Pesta Rilis 'Di Belakang Garis Musuh'

 

*Artikel ini merupakan rangkaian tulisan tentang musik rock Indonesia dekade 70-an, era di mana musik rock mulai marak dimainkan anak muda Indonesia dan bermunculan nama-nama yang kini jadi legenda.

Simak pula:

Grausig Pesta Rilis ‘Di Belakang Garis Musuh’
Grausig Pesta Rilis ‘Di Belakang Garis Musuh’

 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Rock Indonesia 70-an #AKA #Panbers #Ternchem #Freedom of Rhapsodia #Shark Move #The Gang of Harry Roesli #God Bless #Superkid #Giant Step #Abbhama

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /