Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

8 Band Rock Alternative Terbaik Sepanjang Masa

Author : Admin Music

Article Date : 24/06/2022

Article Category : Super Buzz

Band rock alternative banyak bermunculan sejak tahun 80an. Pada dasarnya alternative rock adalah subgenre dari musik rock. Genre musik ini semakin populer di tahun 90an. Makanya tidak heran jika banyak band rock alternative yang bermunculan di era tersebut. Banyak juga lagu alternative rock yang hits dan menjadi yang terbaik sehingga populer hingga hari ini.

Rock alternatif atau dalam bahasa Inggris; Alternative rock. Nama "alternatif" ditemukan pada tahun 80an untuk mendeskripsikan band-band punk rock yang tidak sesuai dengan saluran band rock pada masa saat itu. Bagi jenis musik yang spesifik, alternative rock punya turunan musik lagi yang bervariasi, seperti indie rock, grunge, gothic rock, dan college rock. Aliran-aliran tersebut tergabung dengan karakter khasnya masing-masing.

Meskipun saluran alternatif terhitung bagi saluran rock, tapi beberapa sub-alirannya terpengaruh oleh musik rakyat, reggae, musik elektronik, dan jazz. Dalam periode tertentu, istilah rock alternatif dipakai bagi menyebut musik rock dari band underground pada tahun 1980an, punk rock (termasuk punk itu sendiri), dan bagi musik rock itu sendiri pada tahun 1990an dan 2000an.

Awalnya musik alternative rock digunakan untuk mendeskripsikan band indie non-mainstream yang mulai populer. Saat ini musik alternative bisa dikatakan sangat identik dengan musik britpop, indie-rock dan grudge.

Pada permulaan genre musik ini, beberapa stasiun radio kampus di Amerika Serikat memutarkan musik-musik alternative rock. Tapi stasiun radio komersial belum begitu memedulikan genre musik ini. Genre alternative rock  lebih sering diputar di radio-radio Inggris, biasanya oleh DJ seperti John Peel, Richard Skinner, dan Annie Nightingale. Di akhir tahun 1980an di Amerika Utara, stasiun radio komersial baru mulai memutar lagu-lagu rock alternatif, mengawali format radio modern rock.

Band rock alternative yang di awal-awal populer adalah R.E.M di era 80an. Mereka cukup sukses mendobrak popularitas musik rock dan sebagai band rock yang memiliki rekaman besar di era tersebut.

Kemudian di tahun 90an, kesuksesan musik alternative muncul dengan band rock Nirvana yang menjadi kejayaan band-band lainnya dan jadi cikal bakal alternative rock hingga saat ini.

Band Rock Alternative Terbaik Sepanjang Masa

  1. Radiohead

    Radiohead adalah band asal Inggris yang terbentuk di tahun 1985. Selain bergenre band rock, karya musik dari Radiohead juga tampak memunculkan genre electronica dan experimental rock.

    Radiohead dianggotai oleh Thomy Yorke, Jonny Greenwood, Colling Greenwood, Ed O'Brien, dan Philip Selway.

    Beberapa hits dari Radiohead yang bahkan masih didengarkan hingga hari ini adalah Creep, Karma Police, Paranoid Android, No Surprise dan High and Dry.

  2. Nirvana

    Nirvana adalah salah satu band rock yang cukup iconic karena vokalis mereka, Kurt Cobain. Selain itu dianggotai pula oleh Dave Grohl yang melanjutkan karya musiknya dengan Foo Fighter dan Krist Novoselic. 

    Band rock asal Amerika Serikat ini dibentuk pada tahun 1987 dan bubar pada tahun 1994. Beberapa hits dari Nirvana yang masih sering didengarkan bahkan oleh generasi saat ini adalah Smells Like Teen Spirit, In Bloom, Come as You Are, dan Lithium.

  3. Green Day

    Green Day adalah band rock dari California, Amerika Serikat. Band ini dibentuk pada tahun 1986. Selain vibes alternative rock yang kental, terdengar juga vibes musik punk rock dan pop punk di beberapa lagu mereka.

    Green Day dianggotai oleh Billie Joe Amstrong, Mike Dirnt dan Tre Cool. Beberapa lagu mereka yang hits sepanjang masa adalah American Idiot, 21 Guns, Dookie, dan Boulevard of Broken Dreams.

  4. Linkin Park

    Linkin Park adalah band alternative rock asal Amerika Serikat yang memberikan bumbu nu rap dan electronic rock dalam karya musik mereka. 

    Band yang beranggotakan Mike Shinoda, Dave Farrell, Brad Delson, Joe Hahn, Rob Bourdon dan Chester Bennington ini punya banyak hits selama kancah mereka di dunia musik. Mulai dari In the End, Numb, What I've Done, dan Crawling.

  5. Red Hot Chili Peppers

    Red Hot Chili Peppers juga salah satu band rock alternative yang cukup iconic dan selalu dikenang sepanjang masa. Band asal California, Amerika Serikat ini dibentuk pada tahun 1983. Selain genre alternative rock ada vibes funk rock pula dalam karya dan hits-hits mereka.

    Band ini dianggotai oleh Anthony Kiedis, Flea, Chad Smith, dan Josh Klinghoffer. 

    Californication, Otherside, By the Way dan Under the Bridge jadi beberapa lagu mereka yang hits dan masih sering didengar hingga hari ini.

  6. Foo Fighter

    Foo Fighter adalah icon band rock alternative selanjutnya yang dibentuk pada tahun 1994 di Seattle, Amerika Serikat. Band ini beranggotakan Dave Grohl, Nate Mendel, Pat Smear, Taylor Hawkins dan Chris Shieflett.

    Beberapa lagu yang menjadi hits dari icon band rock ini adalah Time Like These, Learn To Fly, Monkey Wrench, dan My Hero.

  7. U2

    Buat SuperFriends yang senior nih, sudah pasti jadi pendengar U2. Band rock alternative ini dibentuk di tahun 1976 di Dublin, Irlandia. 

    U2 dianggotai oleh Bono, The Edge, Adam Clayton dan Larry Mullen Jr. Vertigo, Elevation, Walk On dan With or Without You jadi hits yang cukup legendaris hingga hari ini.

  8. R.E.M

    R.E.M adalah band rock berasal dari Amerika dan dibentuk pada tahun 1980. Band ini dianggotai oleh Bill Berry, Peter Buck, Mike Mills dan Michael Stipe. Mereka membentuk band ini saat sama-sama menjadi mahasiswa di University of Gerogia.

    Beberapa hits dari R.E.M adalah Losing My Religion, Everybody Hurts, dan Shiny Happy People.

Image source: Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Rock #band rock #Alternative Rock # Radiohead #nirvana # RHCP #Linkin Park #foo fighters #R.E.M #U2 #Green Day

0 Comments

Comment
Other Related Article
Taking Back Sunday dan Steve Aoki Lepas Single Just Us Two

Taking Back Sunday dan Steve Aoki . . . .

30 June 2022

Super Buzz

Johnny Depp dan Jeff Beck Umumkan Detail Album Barunya, 18

Johnny Depp dan Jeff Beck Umumkan . . . .

30 June 2022

Super Buzz

Machine Gun Kelly Bagikan Single Baru More Than Life

Machine Gun Kelly Bagikan Single Baru . . . .

30 June 2022

Super Buzz

Loveology, Materi Lagu Cinta Terbaru dari Regina Spektor

Loveology, Materi Lagu Cinta Terbaru dari . . . .

30 June 2022

Super Buzz

Pale Waves Kembali, Bagikan Single Baru Reasons To Live

Pale Waves Kembali, Bagikan Single Baru . . . .

30 June 2022

Super Buzz

Jack White Bagikan Video Musik Lagu If I Die Tomorrow

Jack White Bagikan Video Musik Lagu . . . .

30 June 2022

Super Buzz

Grammy Umumkan Tambah Kategori Penghargaan Terbaru

Grammy Umumkan Tambah Kategori Penghargaan Terbaru

30 June 2022

Super Buzz

Tabraklari dan Toscasoda Cetak Split Single Baru, Tabraksoda

Tabraklari dan Toscasoda Cetak Split Single . . . .

30 June 2022

Super Buzz

5 Rekomendasi Film Anak Band Terbaik yang Inspiratif Banget

5 Rekomendasi Film Anak Band Terbaik . . . .

30 June 2022

Super Buzz

The 1975 Telah Konfirmasi Siap Rilis Album Baru

The 1975 Telah Konfirmasi Siap Rilis Album Baru

30 June 2022

Super Buzz

1 /