Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

9 Lagu Metal Terbaik, Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Author : Admin Music

Article Date : 08/11/2021

Article Category : Super Buzz

Lagu metal memiliki peran esensial dan penting terhadap kelahiran subgenre metal lainnya. Lagu-lagu metal pun banyak dijadikan acuan oleh band-band metal penerusnya, maka tak heran jika lagu metal tak pernah mati. 

Seperti halnya lagu pop atau lagu-lagu dari genre lain, lagu-lagu metal memiliki sejarah panjang dengan perkembangan yang dinamis. Makna musik metal pun selalu mengalami perubahan dan pergeseran, setidaknya setiap 10 tahun sekali. Mulai dai band-band heavy-metal yang berjaya pada dekade 1970-an seperti Led Zeppelin atau Black Sabbath. Lalu mengalami pergeseran lagi pada dekade 1980-an lewat kemunculan Metallica dan Iron Maiden. Lagu metal pun bergeser lagi setelah dekade 1990-an lewat kemunculan Slipknot atau Killswitch Engage. Demikian halnya dengan dekade 2000-an hingga kini.

Beberapa pergeseran makna lagu metal dari masing-masing dekade itu adalah sebuah ilustrasi yang menggambarkan betapa luasnya musik dan lagu metal. Lebih jauh, lagu metal pun memiliki cakupan lebih luas lagi setelah munculnya band-band metal dari berbagai wilayah seperti Eropa lewat band-band metal Skandinavia, maupun dari Asia, termasuk Indonesia. Lahirnya berbagai subgenre metal itulah yang terus memperkaya pengertian musik dan lagu metal. 

Di balik itu, ada sejumlah lagu metal terbaik yang pengaruhnya sangat besar terhadap perkembangan dunia musik. Jadi, inilah sembilan lagu metal terbaik dan paling berpengaruh sepanjang masa.

Deep Purple - Smoke on the Water

Lagu Deep Purple berjudul Smoke on the Water disebut-sebut sebagai lagu metal paling berpengaruh sepanjang masa. Lagu ini memberi pengaruh yang signifikan terhadap masa awal musik metal di dunia, meski tidak sekuat pengaruh band metal ikonik macam Black Sabbath atau Led Zeppelin. Smoke on the Water dianggap sebagai lagu dengan riff gitar paling mudah dikenali dalam sejarah musik. Gaya bermain shred guitar yang sangat populer pada dekade 1980-an.

Metallica - Master of Puppets

Master of Puppets adalah lagu metal selanjutnya yang dinilai paling berpengaruh sepanjang masa. Pedoman utama lagu ini adalah riff gitar yang berat dan memang sudah menjadi ciri khas Metallica. Lagu ini menginspirasi dan memberi pengaruh besar pada banyak band heavy metal dekade 1980 dan 1990-an. Pengaruh mereka pun berhasil menyentuh banyak musisi dari berbagai spektrum, terutama tentang penulisan lagu.

Slayer - Black Magic

Black Magic dari Slayer adalah lagu metal paling berpengaruh sepanjang masa berikutnya. Lagu ini sangat cepat dan intens, meski liriknya kontroversial. Black Magic adalah salah satu lagu yang menjadi pondasi utama Slayer hingga menciptakan lagu-lagu selanjutnya. lagu ini dianggap memiliki pengaruh yang sangat luas terhadap perkembangan subgenre speed metal. Bahkan Slayer juga dianggep memberikan fondasi terhadap perkembangan subgenre black metal.

Judas Priest - Living After Midnight

Judas Priest adalah band besar yang disebut-sebut pertama kali menemukan subgenre heavy-metal. Pengaruh besar band ini juga terasa pada budaya populer dunia. Lagu Living After Midnight memang berorientasi pada musik rock ketimbang lagu metal. Tetapi, lagu ini memiliki hook yang mudah dan disukai banyak orang. Lagu ini secara tak langsung juga menarik perhatian orang kepada musik heavy-metal.

Iron Maiden - Hallowed by the Name

Iron Maiden memiliki kontribusi yang besar dalam perkembangan musik metal. Mereka adalah band yang memberi pengaruh pada lagu-lagu metal dari band besar dunia seperti Metallica. Iron Maiden juga meletakkan pondasi penting dalam perkembangan musik power metal. Lagu Hallowed by the Name adalah lagu puncak yang pernah mereka ciptakan. Aransemennya memukau dan rhythm-nya powerful.

Motorhead - Ace of Spades

Kombinasi unik dari musik punk dan metal berhasil dibawakan dengan baik oleh Motorhead. Pada akhirnya, musik Motorhead menjadi cikal bakal terbentuknya subgenre thrash metal. Ace of Spades adalah perpaduan kecepatan dan agresivitas untuk menyempurnakan nyawa blues yang terkandung dalam lagu ini. Perpaduan yang di luar nalar itu memberi pengaruh kepada band-band metal legendaris lainnya.

Rage Against The Machine – Killing In The Name

Rage Against The Machine sukses juga memiliki lagu terbaik dan berpengaruh sepanjang masa. Band ini berhasil pula menggabungkan rap dan metal, salah satunya lewat lagu Killing in the Name di awal dekade 1990-an. Lagu ini sangat powerful dengan riff yang hard hitting dan penuh inspirasi serta sektor vokal yang merima dan politikal. Lagu mereka yang berjudul “Killing in the Name” adalah sebuah mars pembangkangan.

Mastodon - Iron Tusk

Mastodon lewat lagunya, Iron Tusk, menghidupkan kembali musik stoner, sludge, dan progressive metal selama satu dekade terakhir. Mastodon memiliki konsep album yang luar biasa menyegarkan dan terbukti sukses yang kemudian diikuti oleh band-band lainnya. Apalagi albumnya yang berjudul Leviathan memiliki pengaruh besar dan dinobatkan sebagai salah satu album terbaik abad ke-21.

Pantera - Walk

Pantera merupakan band yang berjasa mempopulerkan subgenre groove metal. Band ini juga memberi pengaruh terhadap subgenre lain seperti musik nu metal, metalcore, dan berbagai bentuk dari musik alternative metal. Lagunya yang berjudul Walk adalah salah satu lagu metal terbaik yang pernah ditulis. Lagu ini berhasil merevitalisasi metal dan mendefinisikan ulang tentang bagaimana sebuah lagu metal sebaiknya dimainkan. Pantera memberikan fokus berlebih terhadap groove, perasan, dan konstruksi riff yang terukur ketimbang memasukkan solo gitar yang panjang.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Metal # band metal # lagu metal #Heavy Metal #Deep Purple #Rage Against the Machine #Metallica #motorhead #iron maiden #sepanjang masa

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /