Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

9 Pencipta Lagu Tanah Air Legendaris dengan Karya Terbaik

Author : Admin Music

Article Date : 20/11/2021

Article Category : Bands

Industri musik Tanah Air memiliki sejumlah pencipta lagu kawakan dengan karya-karya musik terbaik. Mereka semua telah menciptakan lagu-lagu terbaik yang bahkan masih dinyanyikan banyak orang hingga detik ini. Karya-karya musik para pencipta lagu kawakan ini bahkan mendapatkan respons luar biasa di dalam dan di luar negeri. Maka tak heran jika mereka layak pula untuk disebut sebagai para pencipta lagu legendaris.

Para pencipta lagu ini hidup dengan terus meramu musik-musik dan lirik-lirik yang tak sekadar enak didengar, tetapi mengajak para pendengarnya untuk berefleksi tentang berbagai fenomena yang terjadi. Lagu-lagu dari para pencipta lagu ini pun mengikuti semangat masing-masing era.

Beberapa pencipta lagu ini namanya tentu sudah tak asing lagi. Simak deretan pencipta lagu Tanah Air dengan karya-karya terbaik.

Melly Goeslaw

Melly Goeslaw memang buta notasi, namun ia berhasil mempertahankan eksistensi lebih dari 25 tahun sebagai salah satu pencipta lagu terbaik negeri ini. Sebelum “terjebak” musik elektronik dan proyek soundtrack, Melly Goeslaw berkreasi dengan sudut pandang unik. Ia menulis lagu soal perselingkuhan seperti Salah, lagu untuk kasih sayang ibu, Bunda, serta memotret kekerasan fisik yang dialami perempuan dalam Diam. Melly juga mengantar sejumlah penyanyi perempuan meraih status diva. Rossa, BCL, hingga KD.

Ahmad Dhani

Ahmad Dhani juga dikenal sejak lama sebagai salah satu pencipta lagu terkenal di Indonesia. Dhani telah menciptakan lagu-lagu cinta bersama Dewa 19 dengan hits terkenal seperti Kangen, Cinta 'Kan Membawamu Kembali, Roman Picisan, Risalah Cinta, Laskar Hati, Dua Sejoli, Pupus, Arjuna, dan masih banyak lagi. Lagu-lagunya hingga kini masih sering dinyanyikan.

Dewiq

Nyaris tak dikenali publik karena jarang muncul, Dewiq justru dikenal lewat sejumlah karya musik yang dibawakan para vokalis papan atas negeri ini. Misalnya BCL yang meroket lewat lagu Sunny. Agnez Mo juga beken lewat lagu Cinta di Ujung Jalan dan Tanpa Kekasihku. Dewiq juga pernah berkolaborasi dengan Ipang membawakan lagu Bete. Pencipta lagu ini bahkan tenar hingga ke Negeri Jiran lewat lagu Bukan Cinta Biasa yang dipopulerkan Siti Nurhaliza.

Eross Candra

Eross Candra adalah gitaris band Sheila on 7 yang juga andal sebagai pencipta lagu. Eross telah mencetak berbagai hits bersama bandnya dan telah menciptakan berbagai lagu yang dibawakan sejumlah musisi papan atas Indonesia seperti Memes, Rio Febrian, Tasya Kamila, hingga Iwan Fals. Beberapa lagu-lagunya yang terkenal seperti Kita, Dan, Seberapa Pantas, Jangan Takut Gelap bersama Tasya Kamila, dan berbagai hits lainnya untuk proyek film 30 Hari Mencari Cinta dan Dilan 1990.

Dewi Lestari

Bakat besar Dewi Lestari alias Dee sebagai penulis dan pencipta lagu sebenarnya sudah terasa sejak grup musiknya, Rida Sita Dewi, debut pada 1995. Kala itu, album mereka diakhiri dengan tembang melodius yang didominasi petikan gitar, Satu Bintang di Langit Kelam. Setelahnya, ia berkongsi dengan Yovie Widianto lewat Kusadari hingga membuka jalannya untuk melahirkan karya besar sendiri seperti Firasat, Malaikat Juga Tahu, dan Kali Kedua yang dipopulerkan Raisa.

Maia Estianty

Nama Maia Estianty tentu tak asing lagi di industri musik Tanah Air. Maia adalah pencipta lagu yang telah mencetak beberapa single hits di Indonesia seperti Teman Tapi Mesra, Lelaki Buaya Darat, dan Dear Diary yang dibawakan bersama grup musiknya, Ratu, dengan formasi bersama Mulan Jameela belasan tahun silam. Formasi Ratu sebelumnya, Maia Estianty adalah pencipta lagu seperti Aku Baik-baik Saja dan Salahkah Aku Terlalu Mencintaimu.

Yovie Widianto

Yovie Widianto dikenal semenjak mendirikan band Kahitna. Ia juga punya bandnya sendiri, Yovie & Nuno, yang telah menghasilkan berbagai hits yang paling sering diputar di Indonesia. Pemain keyboard dan piano ini adalah pencipta lagu seperti Cerita Cinta, Cantik, Kasih Putih, Terlalu Cinta, dan masih banyak lagi.

Ariel

Ariel, vokalis band NOAH, juga dikenal lama sebagai salah satu pencipta lagu Indonesia. Muncul sebagai personel band Peterpan, Ariel telah menciptakan sejumlah hits terkenal Mimpi yang Sempurna, Ada Apa Denganmu, Menghapus Jejakmu, Walau Habis Terang, Separuh Aku, dan masih banyak lagi.

Piyu

Piyu adalah gitaris band Padi dengan nama asli Satriyo Yudi Wahono. Gitaris asal Surabaya ini telah mencetak banyak hits, baik bersama Padi maupun bersama sejumlah musisi kenamaan Tanah Air. Konon, 99 persen lagu Padi adalah ciptaan Piyu, di antaranya seperti Sesuatu yang Indah, Semua Tak Sama, Begitu Indah, Kasih Tak Sampai, Terbakar Cemburu, Harmoni, Tak Hanya Diam, dan masih banyak lagi.

Di balik nama-nama pencipta lagu yang masih produktif saat ini, ada beberapa pencipta lagu legendaris dengan lagu-lagu terbaik sepanjang masa seperti Ismail Marzuki dengan sejumlah lagu Indonesia Pusaka, Sepasang Mata Bola, Sabda Alam, dan banyak lagi. Ada juga deretan nama lain seperti Gesang dengan Bengawan Solo, Guruh Soekarnoputra dengan beberapa lagu yang dipopulerkan penyanyi Chrisye dan sejumlah musisi-musisi lainnya. Demikian halnya dengan Iwan Fals dengan beberapa lagu terkenal seperti Bongkar, Ibu, Manusia Setengah Dewa, dan sebagainya.

Beberapa nama lainnya sebagai pencipta lagu senior Tanah Air seperti Gombloh, Ebiet G. Ade, Faris RM, Titiek Puspa, Tonny Koeswoyo, Ian Antono, dan masih banyak lagi.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#pencipta lagu #tanah air #dewiq #piyu #ahmad dhani #maia estianty #ariel noah #chrisye #Pop #melly goeslaw #eross candra # Iwan Fals

0 Comments

Comment
Other Related Article
5 Lagu Tentang Ibu untuk Merayakan Hari Ibu

5 Lagu Tentang Ibu untuk Merayakan Hari Ibu

05 December 2021

Bands

Musik Kontemporer: Pengertian, Unsur, dan Karakteristiknya

Musik Kontemporer: Pengertian, Unsur, dan Karakteristiknya . . . .

23 November 2021

Bands

Limp Bizkit Rilis Album Baru Still Sucks di Hari Halloween

Limp Bizkit Rilis Album Baru Still . . . .

22 November 2021

Bands

7 Fakta Album Nevermind Milik Nirvana yang Kini Berusia 30 Tahun

7 Fakta Album Nevermind Milik Nirvana . . . .

30 October 2021

Bands

4 Lagu Populer 2021 untuk Referensi Musik Terbaru

4 Lagu Populer 2021 untuk Referensi Musik Terbaru

13 July 2021

Bands

Seni Musik: Pengertian, Unsur, dan Mediumnya

Seni Musik: Pengertian, Unsur, dan Mediumnya

22 June 2021

Bands

1 /