Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Afgan Rilis Single Lestari Merdu untuk EP Terbaru, +62

Author : Admin Music

Article Date : 21/09/2022

Article Category : Super Buzz

Afgan telah resmi merilis sebuah album mini terbaru berjudul +62. Dari judulnya saja tampak sudah “Indonesia banget,” nih, Superfriends. Album mini atau extended play (EP) terbaru ini resmi dilepas pada 26 Agustus 2022 lalu. Upaya Afgan kali ini untuk merilis EP +62 adalah untuk mengobati kerinduan para penggemarnya.

Di samping itu, EP +62 ini juga menjadi langkah terbaru dari Afgan untuk merilis materi-materi terbaru berbahasa Indonesia. Pasalnya, sejauh ini Afgan juga memang lebih banyak melepas materi dalam bahasa Inggris.

Untuk EP terbaru kali ini, Afgan mengemas tiga lagu di dalamnya. Ia menyanyikan lagu-lagu tersebut dengan lirik dalam bahasa Indonesia seperti pendam, LESTARI MERDU, dan pulih. Dalam upaya mengemas lagu dengan lirik berbahasa Indonesia ini, Afgan tampaknya tak memasukkan single yang dirilis Mei lalu, So Wrong So Right, ke dalam EP ini. Simak tiga lagu dalam EP terbaru Afgan berikut ini.

Di balik itu, Afgan mengungkapkan bahwa ia terakir kali telah berkolaborasi dengan Raisa pada tahun 2020 lalu. Kolaborasi dua penyanyi itu menghasilkan lagu Tunjukkan. Seteah itu, Afgan melepas album Wallflower dan beberapa single yang menggunakan lirik berbahasa Inggris. Inilah yang menimbulkan pertanyaan dari para penggemarnya kapan Afgan mengeluarkan lagi lagu-lagu dengan lirik berbahasa Indonesia.

Afgan menjelaskan bahwa inilah saat yang tepat baginya untuk kembali melepas materi-materi terbaru yang segar dalam bahasa Indonesia. Menurutnya, comeback-nya Afgan kali ini dibarengi dengan situasi dan kondisi dalam fase new normal, sehingga EP +62 ini sangat relevan. Ditambah judul untuk EP terbarunya kali ini disesuaikan dengan kode telepon negara Republik Indonesia (+62) yang semakin menegaskan konteks “Indonesia banget!” untuk karya terbarunya.

Dalam proses penggarapannya, penyanyi ini menceritakan bahwa album mini tersebut dikerjakan selama setengah tahun saja. Ia pun meletakkan lagu LESTARI MERDU sebagai focus track dalam album mini tersebut.

Ada nama Laleilmanino di balik penciptaan single LESTARI MERDU tersebut. Single ini juga dibuat berdasarkan materi-materi lagu dari penyanyi lawas seperti Barry Manilow hingga Chrisye.

Afgan mengungkapkan, “We need another anthem for people to dance, to sing a ong at music festival, dan aku mewakilinya lewat LESTARI MERDU.”

Single LESTARI MERDU juga dilepas dalam format video musik yang harus kalian simak juga nih, Superfriends!

Afgan juga sempat “bimbang” pada Mei lalu. Kebimbangannya adalah perasaan yang paling tidak enak yang pasti pernah dialami semua orang. Dari pengalamannya merasakan kebimbangan tersebut, Afgan pun merilis single So Wrong So Right.

Kebimbangan yang dialami Afgan datang dari sebuah momen love-hate relationship. Ada sebuah rasa yang muncul ketika sedang jatuh cinta yang berpusat pada konfrontasi hati dan logika dan tentu saja, perasaan.

Dalam rilisan persnya, Afgan mengatakan, “It’s okay to fall hard but you have to be smart and wise at the same time. Jangan sampai kamu mengorbankan kebahagiaan kamu di dalam sebuah hubungan hanya karena tidak ingin kehilangan. Kamu harus menemukan jalan tengahnya.”

Single So Wrong So Right terinspirasi dari sebuah serial televisi dan dihadirkan dengan nuansa retro. Single ini juga menjadi kali pertama Afgan untuk melakukan proses perekaman vokal secara raw di studio khusus di kediamannya. Afgan mengatakan, “Aku ingin menunjukkan sisi yang lebih raw, mulai dari vokal sampai penulisan lagunya. Aku percaya insting dan intuisi aku, karena hasilnya pure dari dalam hati dan jujur.”

Afgan juga kembali menunjukkan bakat aktingnya dengan membintangi sendiri video musik untuk single tersebut. Afgan beradu akting dengan Vanesha Prescilla yang video musiknya diarahkan oleh sutradara Naya Anindita.

Hubungan pertemanan antara Afgan dengan Naya yang sudah berjalan lama, sehingga keduanya cukup mudah untuk mencapai kata sepakatbekerja sama. Termasuk juga jam terbang kedua insan kreatif ini di industri hiburan tanah air. Simak video musik resminya berikut ini.

Afgan adalam pemilik nama lengkap Afgansyah Reza. Ia lahir pada 27 Mei 1989 dan adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan aktor berkebangsaan Indonesia berdarah Minangkabau. Afgan merilis debut albumnya berjudul Confession No.1 pada Januari 2008 yang berisi lagu hit Terima Kasih Cinta dan 12 lagu menarik lainnya.

Hingga kini, Afgan telah mencetak setidaknya sembilan buah album penuh. Di antaranya adalah Confession No.1 (2008), Bersihkan Dirimu (2009), The One (2010), L1ve to Love, Love to L1ve (2013), SIDES (2016), SIDES (Live Session) (2016), Dekade (2018), AIR (bersama Isyana Sarasvati dan Rendy Pandugo) (2019), dan yang terakhir Wallflower (2021).

Image source: https://www.instagram.com/afgan__/ 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Pop #afgan #single baru #EP #+62 #Lestari Merdu

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /