Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

The Adams

Author :

Article Date : 31/03/2019

Article Category : Super Buzz

The Adams, unit fuzz-rock/power pop kawakan asal Jakarta kembali keatas permukaan dari rehat panjang dan merilis album terbaru pertama setelah hibernasi selama 13 tahun. Hadir dalam format CD dan box set, Agterplaas adalah album ketiga The Adams.

Kini berisi Ario (vokal/gitar), Saleh (vokal/gitar), Gigih (vokal/drums), dan Pandu (vokal/bass), The Adams membungkus 11 lagu dalam total durasi 47 menit. Kedua trek single, yaitu "Masa-Masa", dan "Pelantur", turut rilis dengan video lirik.

Nomor pembuka, “Agterplaas” merupakan anarsemen instrumental khas The Adams yang berkisar dua menit 21 detik. Gebukan drum yang menyentak menjadi instrumen pertama yang unjuk taring, selanjutnya distorsi gitar apik menyalip bersama siraman synth yang "bahagia".

Lagu upbeat ini berhasil menempatkan mood yang tepat untuk menikmati sepuluh lagu berikutnya. “Agterplaas” juga memuat progresi kord gitar sumbang-tapi-enak, berpadu synth yang mengajak berdansa.

Berikutnya, dua single Agterplass, "Masa-Masa" dan "Pelantur" dibariskan bergandengan. "Masa-Masa" memuat chorus yang catchy, sembari melanjutkan suasana girang trek pertama. Chorus ini menebarkan nuansa nostalgia, tumpah dari bebunyian synth--seperti sebuah pelengkap lirik yang memang bermain dengan konsep masa lalu, sekarang, dan masa depan.

Sedangkan "Pelantur" justru menggalak dengan gebrakan yang berbalapan dengan distorsi gitar. Irama synth sedikit disembunyikan sehingga menimbulkan efek kasar yang nikmat,  dan permainan gitar menjadi aktor utama lagu ini.

Lagu keempat Agterplaas dibuka dengan deru mesin. "Lingkar Luar" bercerita perihal jalanan kota yang sesak. Masih dengan tempo upbeat, lagu ini diisi permainan synth yang segar ketika verse dinyanyikan, dan setibanya di bridge kocokan gitar dibuat semrawut ala jalanan kota. Skema serupa juga diterapkan di bagian outro lagu ini.

Barulah di nomor kelima, The Adams menginjak rem dan menurunkan tempo. "Esok" dikemas sedikit dreamy, lengkap dengan vokal berlapis khas The Adams. Alunan gitar mengawang, tapi distorsi tidak dikandangkan dan masih terasa kuat. Memasuki separuh lagu, build-up digiring ke klimaks hanya untuk didaratkan dengan pas. Pembagian vokal yang saling saut-menyaut menjadi penutup dengan fade-out yang dibungkus reverb; pada akhirnya sebuah penutup yang halus.

"Dalam Doa" masih bergerak dalam denyut terukur, vokal berlapis kembali mendominasi seakan menjadi senjata pamungkas The Adams untuk meramu lagu bertempo rendah yang aduhai. Alunan gitar mendayu bersinergi manis dengan drum yang dibebaskan memukul apa saja dengan lemas. Kita digiring "menyeret", membuat kita terus menunggu kehadiran nada selanjutnya.

Merasa kenyang dengan tempo rendah, The Adams angkat kaki dari pedal rem. Lagu ketujuh, "Gelap Mata" mengembalikan ketukan cepat, seketika terasa akrab dengan album lama mereka: 'solo' keras dengan feedback memuncak ala Pavement yang dipotong seketika masuk kembali dalam chorus. Sangat disayangkan durasi “puncak” yang terlalu singkat, tapi chorus sederhana tampaknya cukup untuk menanggapinya.

Lagu kedelapan berisi sound fuzzy yang sangat kental, "Sinar Jiwa" adalah lagu paling "kasar" Agterplaas. Meski bertempo sedang, distorsi lagu ini benar-benar mencakar. Kocokan gitar rhythm renyah memaksa kepala maju mundur, irama vokal dan synth beri keseimbangan lewat alunan nada yang ringan. Mendekati ujung, aransemen dikemas semakin ramai hingga chorus terakhir yang dipupuskan perlahan.

Berikutnya "Sendiri Sepi", lagu tersingkat Agterplaas, diisi penuh oleh vokal dan piano. Laju kembang lagu ini membuahkan vokal yang dipecah macam Queen, yang cukup manis ditangkap telinga. Lagu tersingkat ini berhimpit dengan trek berdurasi paling lama, "Pespona Persona" yang masuk dengan drum roll dan lead ala classic rock. Intro yang berwujud build-up pecah saat gitar meraung, yang disambut vokal ciri khas The Adams. Waspada dengan solo di tengah trek ini, juga gebukan drum sembrono dan runutan nada yang disajikan saat gitar disorot; bagian ini adalah yang paling intens. Kompleksnya solo gitar ini juga dijadikan penutup layaknya sedang melepas improvisasi jazz progresif yang sungguh berada diluar karakter mereka.

Karakter asli The Adams benar-benar muncul di lagu terakhir album ini. Melandaskan penutup album mereka dengan paduan vokal memang terpatri sebagai ciri khas mereka. Mendayu ringan dengan dorongan distorsi yang pas seakan membuat kita mengingat ulang "kerinduan" yang kerap dirasa selama 12 tahun menunggu Agterplaas.

Album ketiga The Adams ini tidak menyuguhkan perubahan signifikan dalam segi sound dibanding dua album pendahulunya. Distorsi masih menjadi taring untuk chord-chord yang membuat pendengar terpukau, lirik-lirik dengan diksi mantap disuguhkan disalurkan via vokal berlapis. Intinya, apa yang sering digandrungi oleh The Adams, tampak jelas dalam album ini. Agterplaas, yang berarti "taman belakang" dalam bahasa Afrika Selatan, merupakan sebuah album yang sangat segar untuk menyikapi penantian akan album baru mereka.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#the adams #album review #album baru 2019 #power pop #agterplaas

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /