Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Agung Hellfrog: 3 Pedal Buffer Terbaik untuk Gitar

Author : Admin Music

Article Date : 24/04/2022

Article Category : Tips & Gears

Pedal buffer bisa disebut tidak terlalu mencolok atau jarang sekali dibicarakan. Banyak gitaris bahkan belum mengenal buffer belum sadar kegunaannya. Namun, beda cerita ketika gitaris yang benar-benar menggunakan buffer dan merancangnya pada rig panggung, bisa jadi kunci untuk membuat karakter yang khas. 

Terdapat dua jenis buffer, yakni buffer arus dan tegangan. Fungsinya ialah untuk merespon sumber sinyal dari input dan mengubahnya dari satu sirkuit ke sirkuit lain untuk membuatnya lebih kuat, atau terkadang dianggap dapat mencegah perubahan sound. 

Contoh kasus yang sering terjadi ialah persoalan dalam sumber tegangan, banyaknya pedal dan rangkaian efek yang dipakai otomatis membutuhkan terlalu banyak arus, singkatnya pedal buffer akan menjaga jumlah arus untuk kebutuhan penggunaan efek tersebut. 

Jadi, pedal buffer dapat disebut rancangan untuk mengurangi penurunan kualitas tone gitar atau tepatnya hilangnya kejernihan high-end karena ketidakcocokan impedansi di jalur sinyal. Dalam konteks sinyal dan pedal gitar elektrik, buffering berkaitan dengan impedansi dan transfer sinyal yang tepat. 

Kabel-kabel, terutama kabel patch yang panjang dan tidak seimbang dan pedal dengan impedansi keluaran tinggi dapat menurunkan kualitas sinyal secara signifikan. Buffer turut membantu menjaga sinyal tetap baik. Singkatnya, pedal buffer membantu Superfriends mempertahankan tone gitar melalui pedalboard. Pedal ini memang tidak selalu diperlukan, tetapi akan membuat perbedaan besar saat dibutuhkan.

Posisi pedal buffer sering berada di bagian paling awal atau paling akhir dari pedalboard untuk memastikan sinyal gitar atau bass dengan benar menuju ampli atau pengeras suara. Pedal buffer juga dapat langsung digunakan sebelum atau sesudah pedal yang dianggap bermasalah dengan impedansi buruk. Oleh karena itu, kemungkinan lebih baik untuk memperbaiki, memodifikasi, atau mengganti pedal yang bermasalah daripada mengandalkan buffer. 

Artikel ini membahas 3 pedal buffer yang saya anggap terbaik untuk instrumen gitar, tujuannya tidak lain untuk membantu Superfriends dalam memutuskan mana yang sesuai kebutuhan. 

Empress buffer+

Pedal ini dirancang sebagai interface I/O lengkap untuk pedalboard dan dianggap paling baik dalam urusan sinyal gitar. Buffer+ semuanya analog dan secara desain cukup unik. Empress buffer+ memastikan jumlah muatan listrik terdistribusi dalam kabel patch dengan baik, serta memastikan tidak ada kehilangan kualitas atau perubahan tone pada sinyal audio. Dengan fitur ini saja membuatnya menjadi pedal buffer yang luar biasa.

Pedal ini pun menawarkan tuner out untuk menjaga tuner di luar rantai sinyal utama. Output amp Buffer+ dapat dimatikan sehingga penyetelan dapat dilakukan secara diam-diam. Selain jack tuner, Buffer+ juga memiliki loop send dan return yang memungkinkan kita untuk memasukkan loop efek ke dalam rangkaian buffer. Semua ini hadir dalam pedal kecil yang pas di semua pedalboard, menjadikan Empress Effects Buffer+ salah satu pedal buffer terbaik di dunia! 

TC Elektronik BonaFide

Kedua dalam daftar adalah TC Electronic Bonafide. Pedal ini juga salah satu buffer analog terbaik dan paling berkualitas di pasaran. Buffer Bonafide dari TC Electronic memiliki impedansi input 1 MΩ dan impedansi output 100 untuk menjaga kualitas sinyal dan menghilangkan degradasi dari kabel yang panjang.

TC dikenal dengan sirkuit bypass mereka yang sebenarnya. Buffer ini termasuk mode Power Failure yang secara otomatis akan beralih ke True Bypass jika listrik terputus. Hal ini memungkinkan pedal untuk terus melewati sinyal meskipun dicabut. Dengan rasio signal-to-noise lebih dari 112 dB, rating Total Harmonic Distortion 0,001%, buffer ringkas ini membuat kita tetap terdengar seperti yang seharusnya.

Buffer Set Level Fender

Fender Level Set Buffer termasuk buffer hebat lainnya, kali ini datang dari salah satu merek gitar paling legendaris yang pernah ada. Pedal ini merupakan jenis pedal buffer tunggal untuk menyeimbangkan output gitar yang tidak seimbang dengan mudah. Tinggal melakukan pengaturan pada pedal dan alat ini akan berfungsi dengan baik.

Pedal ini memiliki tiga kontrol knob yang mudah diatur, jadi mudah banget mengatur kebutuhan rig kita. Pedal juga memiliki tombol mute dan output tuner khusus. Mute pedal dan tune tanpa tuner di jalur sinyal. Jadi, apakah kita menggunakannya secara maksimal atau tidak, Fender Level Set Buffer bisa jadi salah satu yang terbaik bagi sobat.

Image courtesy of Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#pedal buffer #buffer #supergears #instrumen #Gitar #Agung Hellfrog

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Tips & Gears

Behringer ULtralink In-Ear Monitor Wireless System: Salah Satu Pilihan untuk Cara Manggung yang Kekinian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Headrush MX5: Inovasi dalam Dunia Perangkat Efek Gitar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Schecter Apocalypse V-1: Kekuatan dan Presisi dalam Gitar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Memahami Kinerja Unggul Behringer BC 100 Drum Microphone

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Midas M32C: Solusi Mixer Digital Profesional dalam Format Compact

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Ini Cara Memilih Gitar Elektrik untuk Pemula, Perhatikan!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Schecter Synyster Gates: Gitar yang Menggoda

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Mengenal Lebih Dekat Apple Logic Pro: Software Produksi Musik Profesional

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Fender Tone Master Pro: Legenda dengan Teknologi Modern

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Mendalami Keunikan Suara dengan Silktone Fuzz: Pengantar ke Dunia Distorsi Berkualitas Tinggi

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /