Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Alat Musik Daerah Indonesia yang Mendunia

Author : Admin Music

Article Date : 24/07/2021

Article Category : Super Buzz

Keberadaan alat musik daerah menjadi sebuah napak tilas di tengah deburan arus perkembangan zaman yang ikut membawa perubahan pada dunia seni musik. Ya, di tengah perkembangan musik yang semakin canggih keberadaan alat musik daerah tidak pernah hilang dan masih banyak diminati oleh banyak orang.

Tidak sedikit masyarakat di seluruh belahan dunia, juga di Indonesia masih menggunakan alat musik daerah mereka. Tentu, jumlahnya tak perlu dibandingkan dengan pengguna alat musik modern di era globalisasi ini. Eksistensi alat musik daerah itu sendiri yang mesti dilihat sebagai bukti bahwa musik adalah sebuah kisah turun temurun dan beranak cucu.

Beberapa alat musik daerah Indonesia bahkan masih bisa eksis di kancah internasional. Sebagai negara yang menyandang status sebagai pemilik keragama daerah, suku, dan budaya, maka alat musik daerah yang tersebar di berbagai daerah Indonesia menjadi daya tarik tersendiri untuk Negeri Ibu Pertiwi.

Ada begitu banyak alat musik daerah yang bisa kalian temui dan semuanya memiliki keunikan masing-masing. Berikut ini ada 7 alat musik daerah yang bisa kalian ketahui lebih lanjut soal detailnya Superfriends.

Alat Musik Daerah: Gamelan

Alat musik daerah yang pertama adalah gamelan yang merupakan alat musik asal Jawa Tengah. Cara memainkan gamelan adalah dengan dipukul menggunakan alat pemukul. Kata gamelan berasal dari bahasa Jawa gamel yang memiliki arti memukul atau menabuh, diikuti dengan akhiran an yang menjadikannya kata benda.

Alat musik daerah ini tak berdiri sendiri, gamelan terdiri dari himpunan alat musik seperti kendang, bonang, burung, bonang, penerus, demung, saron, dan rebab. Orkes ini kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Madura, Bali dan Lombok yang mana jenis ukuran dan bentuknya pun beragam.

Alat Musik Daerah: Angklung

Alat musik daerah ini cukup populer di kancah internasional, terlebih di Indonesia. ternyata banyak warga asing juga tertarik dengan alat musik yang berasal dari Jawa Barat ini. Cara memainkan angklung adalah dengan menggerakan tangan kita sehingga rongga-rongga yang terdapat di alat musik daerah ini menimbulkan bunyi.

Angklung terbuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan dengan tangan. Setelah digoyangkan maka bunyinya akan keluar. Hal ini disebabkan oleh benturan badan pipa bambu. Bunyi yang bergetar menghasilkan susunan nada 2, 3 sampai dengan 4 nada dalam setiap ukuran baim besar maupun kecil. Alat musik daerah ini tak hanya ada di Jawa Barat, tetapi juga ada di Bali, angklung Banyuwangi, hingga angklung Gubrag.

Alat Musik Daerah: Kolintang

Tak cuma menjadi alat musik daerah, kolintang juga tercatat pernah memecahkan rekor dunia pada 2009 silam. Dilansir dari Liputan6.com, tercatat ada 3.011 orang memainkan alat musik daerah dari bambu ini bersama-sama 1.223 orang memainkan kolintang secara massal di Stadion Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara. Alat musik daerah ini berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. 

Alat Musik Daerah: Sasando

Konon alat musik daerah ini sudah digunakan oleh masyarakat Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur sejak abad ke-7. Sasando yang sekilas terlihat seperti gitar ini memiliki bagian utama yang berbentuk tabung panjang dan terbuat dari bambu.

Pada bagian tengah alat musik berdawai ini berbentuk melingkar dari atas ke bawah. Dawai-dawai pada sasando digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional masyarakat pulau Rote. Kini dengan sedikit modifikasi ada sasando elektrik. Meski modern alat musik ini tetap mempertahankan bentuknya yang klasik. 

Alat Musik Daerah: Serune Kale

Alat musik daerah satu ini telah lama berkembang dan dihayati oleh masyarakat Aceh. Alat musik daerah ini sangat populer di daerah Pidie, Aceh Utara, Aceh Besar dan Aceh Barat. Alat musik daerah ini kerap kali dimainkan bersamaan dengan Rapai dan Gendrang pada acara-acara hiburan, tari-tarian atau penyambutan tamu kehormatan.

Bahan dasar sarune kale berupa kayu, kuningan dan tembaga. Bentuk alat musiknya hampir menyerupai seruling bambu dengan warna dasar hitam yang berfungsi sebagai pemanis atau penghias musik tradisional Aceh.

Alat Musik Daerah: Tifa

Tifa merupakan salah satu alat musik daerah yang berasal dari Maluku dan Papua. Tifa umumnya dimainkan saat menggelar upacara adat, pertunjukan musik, maupun pementasan tari tradisional. Bahan dasar tifa adalah kayu yang dilubangi pada bagian tengahnya dan cara memainkannya adalah dengan memukul bagian ujung tifa untuk mendengarkan bagaimana bunyi yang dihasilkan.

Selain bentuknya yang unik, alat musik daerah ini menghasilkan suara yang unik sehingga banyak menarik perhatian turis untuk membawanya sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Maluku atau Papua.

Alat Musik Daerah: Kecapi

Alat musik daerah ini adalah alat musik khas Jawa Barat yang sudah dikenal oleh masyarakat luar negeri. Alat musik ini biasa dimainkan sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda dan Kacapi Suling. Kecapi dikategorikan sebagai alat musik kordofon karena dimainkan dengan cara dipetik senarnya.

 

Image source: Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#alat musik buatan indonesia

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /