Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Alexey Molchanov

Author : Admin Adventure

Article Date : 22/10/2021

Article Category : Extreme Action

Freediving merupakan suatu bentuk penyelaman bawah air yang mengandalkan penahanan napas sampai muncul lagi ke permukaan air. Olahraga yang terbilang ekstrem ini bahkan punya seorang ‘raja’ yang sukses memecahkan berbagai rekor dunia. Dengan hanya satu tarikan napas, Alexey Molchanov, freediver/penyelam bebas paling berani dalam sejarah, menyelam di kedalaman luar biasa selama lebih dari 4,5 menit, Superfriends!

Bukan hanya sekali, namun Alexey Molchanov bahkan udah memegang 24 rekor dunia dalam olahraga menyelam bebas ekstrem yang berkembang pesat. Pria berusia 34 tahun ini bahkan sampai mendapat julukan “The Machine” atau “Mesin”, raja kedalaman yang nggak terbantahkan, untuk kedalaman yang dia selami dalam satu tarikan napas.

Pada bulan Juli lalu, rekor dunia yang baru aja dia pecahkan emang menjadi salah satu yang paling menghebohkan. Alexey berhasil menyelam di kedalaman 430 kaki atau sekitar 131 meter (lebih dari panjang lapangan sepak bola) sambil menahan napas di bawah air selama lebih dari 4,5 menit tanpa tangki scuba.

60 Menit Merekam Rekor Dunia

Image source: cbsnews.com

Alexey adalah bagian dari banyaknya penyelam bebas yang berkumpul setiap tahun di Dean’s Blue Hole di Bahama untuk bersaing satu sama lain dalam “Vertical Blue Competition”. Seorang reporter pun merekam aksi menegangkan tersebut dan melaporkan kisah yang menakjubkan itu dalam program 60 Minutes dari CBS News, pada 26 September lalu.

Alexey bahkan hampir nggak terkalahkan dalam tiga dari empat disiplin menyelam bebas, bersaing melawan dirinya sendiri dan berusaha memecahkan rekornya sendiri. Dia tau dengan semua keterampilan yang dimiliki dan semua pengendalian pikiran yang dimiliki. Dia bisa masuk lebih dalam dan karena bisa, maka dia akan melakukannya.

Penyelam bebas asal Rusia ini juga senang menemukan batasan baru dan mendorongnya lebih jauh, karena dia yakin dia bisa. Dengan pengalamannya selama bertahun-tahun dan ribuan jam pelatihan dan menyelam, Alexey paham seberapa baik dia menggunakan oksigen, dan seberapa lambat dia bisa menggunakannya dan seberapa efisien teknik yang dia miliki.

Teknik yang Dibutuhkan Alexey Molchanov

Image source: cbsnews.com

Teknik sangatlah penting karena olahraga ini sangat berbahaya. Menundukkan tubuh manusia pada tekanan air pada kedalaman ini bisa menyebabkan kebingungan, hilangnya kesadaran, hingga cedera serius.

Penyelam bebas yang bersaing harus mengambil tanda di kedalaman untuk mengonfirmasi penurunan mereka dan kemudian membuktikan bahwa mereka waspada dalam waktu 20 detik setelah muncul ke permukaan agar penyelaman dihitung. Kompetisi dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah keamanan yang mencakup penyelam penyelamat di dalam air.

Alexey sendiri mempelajari tekniknya dari ibunya, mantan perenang Rusia, Natalia Molchanova, yang dianggap sebagai penyelam bebas terhebat sepanjang masa. Pada usia 53 tahun, ibunya bahkan memegang 42 rekor dunia dan sedang dalam perjalanan menuju kejayaan lebih lanjut ketika dia secara tragis hilang di lepas pantai Spanyol saat mengajar pelajaran menyelam bebas. Menjadi pukulan bagi Alexey, tapi olahraga membantunya mengatasinya.

Teknik-teknik yang telah dikuasai Alexey memberi siapapun cara untuk bernapas lebih baik, tapi teknik tersebut juga menjadi alat bagi individu untuk menatap tantangan terberat dalam hidup dan nggak berpaling darinya.

Menurut Alexey, menyelam bebas adalah hal terbaik buat dilakukan dan menjadi terapi terbaik saat berada di dalam air. Olahraga ini membantunya hidup melalui itu semua dalam damai.

Meneruskan Warisan Sang Ibu

Alexey bersama istrinya Elena, mantan perenang Olimpiade, akhirnya meneruskan warisan ibunya. Natalia Molchanova sendiri memulai beberapa sekolah selam bebas sebelum kematiannya yang mereka kembangkan, dan udah mensertifikasi ratusan instruktur di 20 negara.

Bagi Alexey, menyelam bebas bukan hanya tentang olahraga, tapi tentang kegembiraan dan perasaan yang dia dapatkan setiap kali dia pergi ke kedalaman itu. Menurutnya, menyelam bebas mirip seperti halnya terbang, merasakan kebebasan, merasakan nikmatnya sensasi terbang di dalam air dan nggak merasakan dorongan buat bernapas.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Wilderness #Hiking #Extreme

Source:https://www.cbsnews.com/news/60-minutes-free-diving-alexey-molchanov-2021-09-23/

0 Comments

Comment
Other Related Article
Sherpa

Lebih Dekat dengan Suku Sherpa, Porter . . . .

30 November 2021

Extreme Action

Taman Nasional

Cara Asyik Traveling ke Taman Nasional . . . .

28 November 2021

Extreme Action

Olahraga ekstrem

Gak Cuma Menantang Maut, Olahraga Ekstrem . . . .

25 November 2021

Extreme Action

aktivitas ekstrem

Terkenal Ekstrem, 5 Aktivitas Ini Justru . . . .

25 November 2021

Extreme Action

mendaki nekat

Masih Modal Nekat Naik Gunung? Nih . . . .

25 November 2021

Extreme Action

List Petualangan Seru

Ini List Petualangan Seru yang Bisa . . . .

23 November 2021

Extreme Action

Gunung Sindoro

Aturan dan Jalur Pendakian yang Wajib . . . .

23 November 2021

Extreme Action

Ranu Kumbolo

Etika yang Wajib Ditaati Saat Camping . . . .

17 November 2021

Extreme Action

trail running

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Trail Running

17 November 2021

Extreme Action

Aretes

Sering Jadi Hambatan Tersendiri, Ini Cara . . . .

16 November 2021

Extreme Action

1 /